Harga dan Fakta Mobil Murah

Harga Mobil Murah Hemat bahan bakar
www.mobilku.org - Mobil murah atau dikenal dengan mobil LCGC (Low Cost Green Car) mulai menunjukkan kejelasan saat aturan produksi telah disahkan oleh Menpen bulan ini, beberapa fakta tentang mobil LCGC yang harus diketahui antara lain:
1. Harga mobil LCGC
Bahwa harga mobil murah maksimum adalah Rp. 95.000.000 off the road, harga ini kemungkinan bisa menjadi lebih tinggi karena ditambah dengan biaya
balik nama, biaya pajak kendaraan bermotor, biaya pajak daerah. Harga 95 juta rupiah ini nantinya juga bisa berubah lagi jika ada perubahan kondisi ekonomi seperti perubahan kurs rupiah, inflasi dan biaya bahan baku.
2. Jenis Bahan Bakar Mobil Murah
Bahan bakar mobil murah LCGC ini harus menggunakan pertamax, sesuai aturan bahwa bahan bakar mobil murah (bensin) diwajibkan memakai BBM dengan nilai oktan 92 (ini adalah pertamax). Untuk mobil LCGC mesin diesel (bahan bakar solar) juga diatur harus memakai solar dengan nilai cetane 51 (Bio Solar), harus diketahui bahwa nilai cetane solar biasa adalah 48 sedangkan nilai cetane bio solar adalah 51, nilai cetane terbaik ada pada Solar Dex (nilai cetane 53).
Premium dan Pertamax
Perbandingan Harga BBM tahun lalu
Dari aturan tersebut meskipun mobil LCGC ini dijual murah akan tetapi harus menggunakan bahan bakar non subsidi yang lebih mahal, sebagai perbandingan saat tulisan ini dimuat harga pertamax adalah Rp. 9.350 dan harga premium (bensin) adalah 6500. Melihat kondisi ini tentunya akan mempengaruhi konsumen apakah membeli mobil LCGC dengan harga BBM yang lebih mahal ataukah memilih membeli mobil Non LCGC akan tetapi bisa memakai BBM yang lebih murah (tergantung konsumen)
3. Konsumsi BBM
Hal yang wajib dipenuhi oleh produsen mobil bahwa konsumsi bahan bakar mobil ini baik diesel maupun bensin tidak boleh lebih boros dari 1:20 (1 liter untuk 20 kilometer), artinya nantinya semua produk mobil LCGC dipastikan cukup irit minimum 1:20
harga BBM saat ini
Harga BBM kapan ya :-)
4. Kapasitas Silinder Mesin
Kapasitas silinder mesin mobil murah ini maksimum 1200 cc untuk mesin bensin dan 1500 cc untuk mesin diesel, jadi jika pecinta otomotif menginginkan mobil dengan performa atau tenaga yang lebih baik mungkin harus benar-benar mencoba dahulu mobil ini pada showroom (test drive) apakah tarikan mobil ini memenuhi syarat atau tidak, karena biasanya semakin besar ukuran silinder (ruang bakar) mesin juga berpengaruh terhadap besarnya tenaga mobil selain juga pengaruh teknologi mesin yang digunakan
5. Review Mobil LCGC
Sekilas tentang beberapa mobil murah yang kira-kira akan keluar. Mobil murah yang sudah hampir setahun diisukan adalah Toyota Agya dan Daihatsu Ayla, sebelumnya mobil ini akan dijual dengan rentang harga 80 juta rupiah, akan tetapi dengan adanya aturan yang baru diterbitkan kemungkinan harga mobil ini juga akan direvisi (kita akan mengetahui kepastian harganya setelah nanti diumumkan pihak ATPM).
Harga Daihatsu Ayla
Gambar Daihatsu Ayla
Kita akan bahas tentang spesifikasi teknis mobil ini bahwa Daihatsu Ayla dan Toyota Agya adalah mobil murah tipe city car, memiliki kapasitas silinder 1000 cc dengan tenaga maksimum 65 Ps, memiliki akselerasi 14,7 detik dan memiliki konsumsi bahan bakar 22 Km tiap 1 liter BBM. (baca review Agya Alya Disini).
Saran dari beberapa penggemar otomotif bahwa jika membeli mobil belilah yang cukup bagus agar bisa digunakan untuk perjalanan jauh dan medan tanjakan, mobil yang cukup baik paling tidak memiliki daya di atas 95 Hp. Pertimbangkan pula fitur-fitur yang dimiliki mobil misalnya
fitur interior mobil lcgc yang baik
* Entertaiment (audio video)
* Safety (rem, airbags, seatbelt, dll),
* Kenyamanan mobil (suspensi, jok, AC, Peredam, dll)
* Tenaga Mobil
* Konsumsi BBM
* Purna Jual
* Jaringan Service
* Harga Beli
Jangan terburu indent, coba dulu baru memutuskan ya :-)

9 komentar:

  1. penipuan kelas kakap.
    boleh beli mobil murah tapi BBM harus yang mahal.
    kasihan rakyat kalangan menengah ke bawah.

    BalasHapus
  2. ngak setuju sama LCGC, pasti semuanya pake peremium. harsunya LCGC itu khusus bagi industri mobil nasional asli made in indonesia. klw LCGC sekarang, orng indonesia sama aja digoblokin ama mobil2 jepang. bukannya mendukung industri anak bangsa.
    sadarkah kita, klw LCGC hanya menjadikan bangsa kita sbg bangsa yg konsumtif bukan produktif.

    BalasHapus
  3. TOYOTA, DAIHATSU, dll... semuanya bukan mobil nasional knp dikasih keringanan LCGC? Mau jadi negara konsumtif atau produktif sih negara kita ini????
    pemerintah skrng cuma mikirnya yg penting dape duit aja...

    BalasHapus
  4. Mobil ramah lingkungan, ga pakai AC dan premium disubsidi (dikasihani) penyumbang pemanasan global. Mobilnya orang berkelas dan berintegritas :)

    BalasHapus
  5. Kl sehari2 pakai ayla,, tapi buat ke luar kota pakai alphard vellfire.. ( biar gak ketahuan kalau saya korupsi di kantor ) hehehehe

    BalasHapus
  6. saya belikan kakak, adik , ortu dan keponakan saya daihatsu ayla habis murah sih..hihhiihi

    BalasHapus
  7. Saya
    Beli agya dan ayla kan uang saya banyak.. Biar senang cina cina itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. maksud lo apa sih tong? komen ga mutu ga jelas pulak...

      hari gini rasis???? kasihan amat idup loe , move on aja ga bisa wkwkwkwk

      Hapus