Cara Menempatkan Barang di Bagasi

mobilku.org - Seperti bisa jika akhir pekan mobilku mengulas tips-tips otomotif (tips berkendara untuk libur akhir pekan), tips kali ini adalah tentang cara menempatkan barang di bagasi mobil yang baik. Jika pecinta otomotif akan melakukan perjalanan jauh dengan membawa beberapa barang tentunya akan berpikir bagaimana barang itu kita tempatkan di mobil dengan mudah dan praktis tanpa mengganggu penumpang dalam mobil serta tidak mengganggu perjalanan nantinya.
Berikut adalah tahapan dalam mengatur barang di bagasi mobil:
1. Menentukan tujuan perjalanan dan rute yang dilalui, karena ke 2 hal tersebut akan sangat berpengaruh pada barang apa saja yang diperlukan di perjalanan, misalnya tujuannya adalah mudik dengan rute yang cukup panjang dan jalan kurang baik + membawa oleh-oleh, maka yang harus dibawa adalah oleh-oleh dan kebutuhan dalam perjalanan panjang seperti minuman, pakaian, peralatan mandi, dan lain-lain.
Saat pecinta otomotif menentukan tujuan dan rute perjalanan sinkronkan dengan kapasitas mobil yang akan digunakan, misalnya mobil masih mampu mengangkut beban berapa kilogram, volume bagasi mobil, penggunaan ruang tambahan pada mobil
2. Setelah barang sudah terdata maka kategorikan (pilah) barang dengan 2 kategori yang pertama barang yang tidak digunakan selama perjalanan (seperti: oleh-oleh, baju-baju, dll) dan yang kedua barang yang kemungkinan dipakai/ dicari/ dibutuhkan dalam perjalanan seperti air minum, tisue, camilan, HP, jaket, kaca mata, tas kecil, tablet, dan lain-lain. Pisahkan pula barang yang berat dan barang yang ringan
3. Prinsip penempatan barang di bagasi adalah: tempatkan barang yang tidak dibutuhkan selama perjalanan di bagian bawah (barang kategori pertama), sedangkan barang kategori kedua (dibutuhkan di perjalanan) ditempatkan pada bagian atas tumpukan barang. Pertimbangkan pula barang yang berat diletakkan di bawah barang yang lebih ringan (berat di bagian bawah, ringan di bagian atas), dalam menata barang tatalah barang yang berat dahulu secara menyamping dan rapat lalu diatasnya ditumpuk barang yang lebih ringan secara rapat.
4. Jika memungkinkan gunakan tempat khusus (misalnya ada salah satu kursi yang menganggur bisa dilipat) untuk menempatkan barang-barang yang sering dibutuhkan dalam perjalanan seperti air minum, HP, tablet, obat, dan lain-lain. Letakkan barang kategori kedua pada tempat yang mudah dijangkau
5. Tidak boleh menumpuk barang sampai melebihi sandaran kursi belakang karena akan terjadi bahaya (kejatuhan barang) saat mobil di rem mendadak, kemudian menempatkan barang sampai melampaui tinggi sandaran kursi belakang dapat mengganggu penglihatan pengemudi mobil jika ingin melihat arah belakang.
6. Penggunaan cargo net akan lebih baik untuk mencegah barang berserakan selama perjalanan
7. Menggunakan tas-tas sebenarnya sangat baik dilakukan (barang dimasukkan tas-tas) sebelum di tempatkan dalam bagasi (kelemahannya pecinta otomotif harus memiliki tas-tas yang banyak), kelebihannya barang menjadi lebih terjaga dan tidak mudah berserakan.

* Jangan melampaui beban maksimal mobil karena bisa berpotensi ban pecah dan kehilangan reflek rem

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini