Bawa Bagasi Barang Atap Mobil

barang bawaa
www.mobilku.org - Membawa barang bawaan cukup banyak dengan mobil kecil sering menjadi masalah terutama jika mobil tidak memiliki bagasi/ ruang kabin cukup luas sehingga memerlukan ruang barang tambahan, salah satu cara yang bisa digunakan adalah memanfaatkan atap mobil (di atas mobil) sebagai tempat barang, ada 3 macam tipe tempat membawa barang bawaan pada atap mobil antara lain:
* Roof Rail : Rel yang ditempatkan di atap mobil
* Roof Rack : Rak yang ditempatkan di atap mobil
* Roof Box : Kotak (tertutup) yang ditempatkan diatas atap mobil.
Roof Rail
Roof rail
Roof rail adalah ornamen eksterior yang diletakkan di atas atap mobil, bentuknya menyerupai rel yang ditempatkan pada sebelah kanan dan kiri di atas atap mobil memanjang sejajar dengan bodi mobil. Fungsi roof rail sendiri adalah sebagai pegangan barang (tambatan barang jika diikat dengan tali) atau dudukan dari roof box atau roof rack, selain itu fungsi kedua adalah sebagai hiasan atau modifikasi agar mobil tampak lebih sporty.
Roof rail avanza
Roof rail ini banyak dipasang pada mobil-mobil onroad seperti MPV dan City Car seperti Avanza, Freed, Yaris, Jazz, Swift, Ertiga dan lain sebagainya
Roof Rack
roof rack
Berbeda dengan roof rail maka roof rack adalah rack yang ditempatkan di atas atap mobil untuk mengangkut barang, jika roof rail berbentuk memanjang dan sejajar dengan bodi mobil maka roof rack memiliki bentuk yang variatif. Bisa berbentuk kombinasi antara melintang dan membujur pada atap, selain itu tidak sedikit pula roof rack yang didesain memiliki sisi (seperti bak mobil pick up).
Fungsi utama Roof rack adalah membawa barang yang banyak, mungkin pecinta otomotif sering melihat mobil jip yang digunakan untuk adventure dan diatasnya diletakkan perlengkapan adventure seperti tenda, makanan, alat masak dan sebagainya atau bahkan sepeda juga bisa dibawa menggunakan roof rack ini :-)
Bahan untuk membuat roof rack ini secara umum ada dua yakni dari besi dan alumunium, keduanya memiliki keunggulan dan kekurangan yang mana:
* Roof rack dari besi memiliki kelebihan dari segi kekuatan dan sanggup membawa beban barang yang banyak, akan tetapi kelemahan dari roof rack besi ini adalah roof rack cukup berat sehingga harus dipikirkan apakah atap mobil sanggup dipasang roof rack apa lagi jika ditambah beban barang, bisa-bisa atap penyok :-)
* Roof rack alumunium relatif lebih ringan akan tetapi kurang kuat dalam mengangkut barang bawaan sehingga tidak direkomendasikan menggunakan rack alumunimum jika beban barang yang dibawa cukup berat.
roof rack petualang
Jika rekan-rekan pecinta otomotif membawa barang dengan menggunakan roof rack ini dan kebetulan memakai mobil city car maka batas maksimum beban adalah 70 kilogram, menggunakan MPV bisa sampai 100 Kg sedangkan jika menggunakan SUV bisa sampai 150 Kg tergantung kekuatan atap. Selain mempertimbangkan beban barang, pertimbangkan pula aerodinamis atau keseimbangan mobil, sebagai
contoh suzuki carry yang dimensinya tinggi jika dipasang roof rack yang tinggi pula akan berpengaruh saat mobil menikung atau melaju dengan kecepatan tinggi (mobil bisa oleng).
Roof rack biasa dipasang pada mobil-mobil petualang atau jelajah (Off road atau SUV) meskipun memang ada roof rack untuk mobil-mobil kecil yang disesuaikan bahan maupun desainnya, desain roof rack ini bervariasi tergantung dari si pembuat desain dan bisa dikerjakan secara hand made.
Roof Box
roof box
Roof box adalah semacam bagasi mobil yang ditempatkan di atas atap kabin, biasanya penempatannya menggunakan dudukan roof rail akan tetapi ada juga roof box yang bisa dikaikan langsung pada atap mobil tanpa roof rail, roof box ini berbeda dari roof rail dan roof rack karena roof box bisa ditutup (tertutup). Kelebihan menggunakan roof box adalah barang bisa lebih terlindung dari goncangan, angin, hujan dan panas sementara kekurangan dari roof box adalah daya muat barang yang relatif kecil. Roof box banyak dipakai pada mobil-mobil city car dan MPV karena kepraktisannya yang hanya tinggal buka lalu masukkan barang lalu kembali tutup roof box, sedangkan sangat jarang mobil adventure menggunakan roof box ini karena kemampuannya yang kurang dalam hal menampung barang yang mana rata-rata roof box mampu mengangkut beban sampai 50 kilogram.
roof box avanza

2 komentar:

  1. Owh itu toh gunanya roof rail. Tapi sepertinya bakal lebih baik kalau dipasang roof box supaya barang bawaan tidak "merusak" atap mobil

    BalasHapus
  2. Tanya Gan.... Dimana beli roof box buat mobilio

    BalasHapus