Mercedes Benz G Class Review

www.mobilku.org - Mercedes Benz G Class adalah mobil tipe SUV atau jaman dulu dikenal dengan sebutan mobil JIP yang dikeluarkan oleh pabrikan mobil mewah eropa Mercedes, kode G pada Mercedes memang merujuk pada mobil petualang dengan kemampuan melibas track-track
off road atau medan berat. Uniknya mobil-mobil G Class dari awal dikeluarkan tahun 70 an sampai tahun 2013 ini tetap konsisten mempertahankan bentuk jip klasik dengan ciri khas sudut-sudut yang tampak kaku namun gagah, mobil jenis ini juga diberi nama cross country vehicle oleh pabrikan mobil ini.
Mobil dengan perawakan yang terkesan kuno ini memiliki banyak peminat karena justru kesan kuno menguatkan karakter mobil ini sebagai mobil klasik tangguh, pecinta otomotif juga jangan salah meskipun mobil ini terlihat kuno tapi harganya tidak kuno, untuk varian G Class tahun 2013 harga baru mobil ini mencapai Rp. 3 milyar :-) lumayan berat bukan, yah kalau berat bisa mencari yang second kira-kira untuk harga bekas G Class tahun 1994 masih 400 jutaan, atau jika ingin lebih murah harga pasaran mobil ini masih 200 juta untuk tahun 1989.
Selanjutnya kita akan coba membahas salah satu varian mobil G Class G300 CDI yang dikeluarkan tahun 2010 (bukan yang baru akan tetapi tidak terlalu tua), dari eksterior mobil ini tampak menyeramkan dengan warna hijau tua khas militer dan gaya mobil klasik, dibekali dengan lubang pernafasan saat mobil ini berenang pada lintasan berair, lampu-lampu mobil yang juga dilengkapi kawat (rangka) untuk melindungi lampu saat menerobos hutan.
Pada desain eksterior mobil ini memiliki sudut-sudut yang cukup tegas (kaku), material body mobil ini juga sangat berkualitas sehingga body mobil ini berbeda dari mobil-mobil lain bahkan land cruiser (offroad toyota) yang membuat mobil ini juga tidak mudah rusak atau penyok saat ditekan (benar-benar kokoh seperti mobil klasik), bayangkan saat test mobil ini pada bagian kap mesin diinjak oleh instruktur test mercedes (tapi tidak penyok).
Dimensi Mercedes Benz G300 CDI ini adalah panjang 4643 mm, lebar 1960 mm, tinggi 2020 mm, wheelbase 2820 mm dan jarak terendah mobil 21,3 cm. Exterior bagian depan mobil ini dilengkapi dengan besi pelindung mulai headlamp, lampu sein, grill, pada bumper dilengkapi lubang untuk mengaitkan tali saat membutuhkan seretan dari mobil lain, mobil ini juga dilengkapi foglam (berbentuk kotak) yang diletakkan di bawah headlamp (berbentuk bundar) di atas bumper. Mobil G Class 300 CDI ini memiliki Ground Clearance yang cukup tinggi yakni 213 mm cukup tinggi untuk melibas medan berair, berbatu, berlumpur, berpasir, semak-semak dan lain sebagainya.
Pada bagian roda digunakan velg alloy (klasik) untuk mendukung kestabilan mobil, sedangkan untuk roda yang dipakai adalah roda yang bisa digunakan untuk jalan offroad akan tetapi juga nyaman digunakan untuk jalan aspal (onroad), pada bagian spion mobil ini menggunakan spion klasik (kotak dan tanpa pengaturan elektrik), secara umum kesan kotak masih menonjol pada mobil G Class ini.
Pada bagian interior G300 CDI ini juga tak kalah ganas dan jangan membayangkan kelembutan di dalamnya karena semua ornamen tanpa bungkusan lembut sama sekali, pada dashboard mobil ini juga tidak dilapisi kain/ karpet yang biasa dipakai pada mobil-mobil jaman sekarang (membuat terkesan kuat). Pada bagian pintu juga terdengar bunyi "braaakk" saat menutup pintu (jadi jangan kaget), akan tetapi central door lock sudah dibenamkan pada mobil ini sehingga cukup aman meskipun membawa anak-anak.
Sensasi mengendarai mobil klasik juga terasa pada saat mobil dijalankan, suara mesin yang cukup membuat gaduh penumpang berbeda dengan mobil jaman sekarang yang senyap (waaah benar-benar sensasi mengendara hebat). Mercedes Benz G300 CDI ini memiliki kapasitas tangki bahan bakar 96 liter yang bisa dipergunakan untuk menempuh perjalanan sampai 700 kilometer yah kira-kira jawa barat sampai jawa timur masih nyampe :-)
Jika pecinta otomotif ingin membuka/ tutup kaca mobil pasti cukup lelah karena mobil ini masih menggunakan cara manual yakni diputar dengan tangan, dengan dibekasi 4 kursi pada kabin yang dapat disetel dengan manual pula. Pada bagian dashboard pengemudi mobil ini cukup komplit fitur-fiturnya dan cukup mudah dijangkau tangan misalnya sistem audio, sistem pendingun udara (AC).
Mesin
Pada bagian jantung pacu mobil ini dibekali dengan mesin berkapasitas 3000 cc (2987cc), mengggunakan teknologi turbo diesel V6. Tenaga mobil ini cukup besar yakni mencapai 184 dk dan torsi 400 Nm pada 2600 Rpm, mercedes G300 CDI dibekali dengan transmisi otomoatis 5 kecepatan dengan penggerak 4x4 atau 4 wd. Mobil ini memakai bahan bakar solar (mesin diesel) dengan konsumsi bahan bakar sekitar 1: 7,5 lumayan irit untuk mesin sebesar ini, mobil ini memiliki kecepatan maksimum 160 km/jam
Mercedes Benz G Class Terbaru
Pada gerai (dealer) mercedes indonesia pecinta otomotif juga bisa mendapatkan varrian terbaru mobil tipe G Class, masih ada 3 varian yang ada pada dealer-dealer mercedes indonesia yakni (berikut tipe dan pembahasan singkat):
* Mercedes Benz G 320 CDI
Mesin G 320 CDI memiliki tenaga yang besar dan lebih ekonomis, yakni memiliki tenaga 224 hp, memiliki kecepatan sampai 177 km / jam, torsi maksimum mobil G320 CDI adalah 540 Nm pada 1600 rpm sampai 2400 rpm. Memakai transmisi 7G-TRONIC automatic. Konsumsi BBM G 320 CDI: pada lintasan gabungan adalah 11 liter /100 km
* Mercedes Benz G 500
Memakai mesin 5-liter V8 dengan tenaga maksimum 218 kw puncak (296 hp), memiliki torsi maksimum 456 Nm pada 2800 sampai 4000 rpm, mobil ini memakai 3 katup per silinder. G 500 memakai sistem transmisi 7G-TRONIC otomatis. Konsumsi bahan bakar mobil ini dengan track kombinasi 15,5 Liter per 100 Kilometer.
Mercedes Benz G 55 AMG
G 55 AMG memakai mesin V8 supercharged sanggup mengeluarkan tenaga maksimum 368 kw (500 hp) dengan torsi maksimum 700 Nm. Konsumsi BBM G 55 AMG adalah 15,9 Liter /100 Kilometer
Transmisi G-Class
G 320 CDI dan G 500 memakai transmisi otomatis 7G-TRONIC, yang membuat perpindahan gigi hampir tak terasa. Transmisi AMG 55 G, cukup unik yakni perubahan gigi halus memakai transmisi 5-speed Touchshif.
Suspensi G-Class
G-Class memiliki sistem kombinasi peredam kejut canggih, coil springs dan lokasi poros as roda yang kaku diposisikan dengan tepat. Mobil G-Class ini dapat menguasai segala jenis medan, tidak seperti suspensi independen konvensional yang banyak pada mobil-mobil kebanyakan. G-Class memiliki penguasaan gradien mencapai 80%, mobil ini tetap stabil di lereng transversal 54% dan mampu melewati air sedalam 50 cm.

2 komentar:

  1. Thx dah dibuatin,, gk ada kekurangan & kelebihannya nih?

    BalasHapus
  2. nanti bos farhan yg ngisi aj deh sehabis test drive.. :-)

    BalasHapus