Toyota Etios Liva Hatchback Indonesia

www.mobilku.org - Toyota Etios Liva hatchback 2013 merupakan salah satu mobil yang ditunggu keluar di Indonesia tahun ini, sumber resmi toyota menyatakan bahwa Etios Liva akan mulai dipasarkan tahun ini meskipun untuk awalnya mobil ini akan langsung didatangkan dari India, hal ini dilakukan sebelum Pabrik Toyota di Indonesia
benar-benar jadi. Spesifikasi Etios Liva tidak akan jauh berbeda dari negara asalnya India karena mobil diambil langsung dari india, informasi yang kami terima akan ada perubahan di beberapa ornamen kecil pada mobil yang disesuaikan dengan konsumen indonesia.
Etios Liva Hatchback dan Sedan
Toyota Etios Liva adalah salah satu varian dari Etios (mobil murah india), mobil Toyota Etios ini memiliki 2 jenis yakni Etios liva Sedan dan Etios Liva Hatchback (City Car), baik etios liva hatchback maupun sedan menggunakan mesin yang berbeda satu sama lain, untuk Etios Sedan memakai mesin dengan kapasitas silinder 1500 cc dan untuk Etios Liva Hatchback menggunakan mesin dengan kapasitas silinder 1200 cc. Mobil ini diproyeksikan menjadi mobil murah indonesia yang berada pada segmen antara di atas Toyota Agya dan dibawah Toyota Yaris, Toyota Etios Liva akan menantang langsung hatchback dari Honda yakni Brio. Sebagai awalan Toyota hanya akan memasarkan Etios Liva Hatchback sedangkan Etios Liva Sedan akan akan dipasarkan setelah Etios Liva Hatchback
Eksterior
Eksterior Etios Liva Hatchback terlihat kompak (mungil), dimensi panjang Etios Liva hatchback ini adalah 3775 mm, dengan lebar 1695 mm dan tinggi 1510 mm. hal yang menarik pada mobil ini adalah memiliki ground clearance 17 cm berbeda dengan rata-rata hatchback indonesia yang memiliki ground clearance dibawah 15 cm, ground clearance setinggi ini dipastikan Etios Liva akan cukup mudah melewati medan-medan yang tidak dapat dijangkau hatchback lain. Toyota Etios Liva Hatchback memiliki jarak sumbu roda 2460 mm dengan radius putar 4800 mm, Etios Liva Hatchback memiliki berat yang cukup ringan yakni 900 kilogram.
Penampilan Etios Liva sangat sporty, kesan sporty ini terlihat dari warna ornamen mobil yang sewarna dengan body mobil, misalnya grill depan, bumper, spion dan gagang pintu. eksterior mobil ini terlihat polos tanpa stiker dan warna lain akan tetapi lekukan body sisi samping mobil benar-benar membuat mobil ini tampil baik, kesan sporty dan tidak neko-neko terlihat dari desain yang minimalis akan tetapi seolah siap dipacu kemana saja.
Bagian depan mobil pecinta otomotif akan melihat desain bumper yang seolah menyatu dengan body, desain headlamp etios liva yang mungil dengan bentuk seperti kacang menyiratkan desain mobil yang casual, melihat ke bawah head lamp akan terlihat foglamp yang secara fungsi akan memberikan aman ketika melewati medan dengan kabut tebal saat perjalanan terutama saat melintasi pegunungan atau hutan. melihat ke bawah lagi pecinta otomotif akan disajikan velg alloy yang menambah keren mobil ini.

Interior
Toyota Etios Liva Hatchback memiliki interior terbilang berbeda dari yang lain, cenderung berani seperti meletakkan tachnometer di tengah-tengah dashboard mobil (hal ini berbeda dengan hatchback toyota lain misalnya yaris dan agya).  Ornamen-ornamen Interior Etios liva seperti membulat menampilkan interior berbentuk bulatan-bulatan misalnya desain AC, AC control, tuas persneling dan hand door bagian dalam juga membulat. Desain bulatan ini seolah mengatakan Etios Liva is user friendly, penumpang akan dengan mudah mengoperasikan fitur-fitur dalam interior mobil ini (AC, Audio, gigi, pintu, dll)
Di bawah ini fitur interior Etios Liva Hatchback:
* AC, tanpa climate control
* Power window
* Sistem Audio
* Remote Control untuk mengatur AC, Audio dan Central Door Lock.
Kombinasi warna interior Etios liva cukup menarik (berani): kursi mobil berwarna merah hitam, warna merah ini terdapat pula pada lingkar kemudi dan pintu sebelah dalam. Yang unik lagi dari mobil ini adalah lubang AC banyak, tercatat memiliki 8 penyembur udara dingin pada mobil yang kesemuanya ada di bagian depan mobil. Pada lingkar kemudi terdapat switch audio yang memudahkan pengemudi dalam pengoperasian audio dengan tanpa menyentuh dashboard.
Spesifikasi Mesin dan Performa
Toyota Etios Liva Hatchback menggunakan mesin dengan model 3NR-FE, 4 silinder 16 valve dan memakai teknologi DOHC, memiliki kapasitas silinder mesin 1197 cc (1200 cc). Toyota Etios Liva Hatchback menggunakan sistem pasokan bahan bakar Injeksi EFI, bahan bakar yang digunakan adalah premium/ pertamax. Konsumsi BBM Etios Liva lumayan irit berkisar pada angka 1:15 penggunaan dalam kota dan 1:18 luar kota. Daya maksimum etios liva adalah 80 Hp pada 5600 Rpm, sebagai perbandingan Honda brio memiliki daya maksimum 100 Hp, torsi Etios Liva adalah 104 Nm pada putaran mesin 3100 Rpm.
Memakai sistem transmisi manual 5 percepatan, Toyota etios liva hatchback mencatatkan akselerasi sebesar 14 detik (akselerasi Honda Jazz adalah 10 detik dengan tenaga 120 Hp). Untuk kecepatan maksimum Etios Liva hatchback cukup lumayan yakni di atas 150 Km/jam
Safety
Fitur safety etios liva di india berbeda-beda antar varian, tercatat ada 6 varian Etios Liva dengan safety yang berbeda, kami masih belum mengetahui jenis yang akan di import langsung dari negara asalnya tersebut, perkiraan kami untuk sistem safety Etios Liva Indonesia tidak perlu berharap yang muluk-muluk, meskipun demikian teknologi rangka body yang dikembangkan toyota pada tiap produk barunya untuk mampu meredam benturan telah disematkan pada Etios Liva Hatchback ini, sabuk pengaman, power window, central door lock, sealt belt.
Harga
Harga Toyota Etios Liva Hatchback diperkirakan berada diantara harga Toyota Agya dan Toyota Yaris, perkiraan harga mobil ini adalah 130 juta sampai 160 juta.
Pesaing mobil ini nantinya adalah: Honda Brio, Suzuki Swift, Splash, Mitsubishi Mirage yang kesemuanya berada pada rentang harga 150 jutaan.

info mobil terbaru dan Tips Otomotif di www.mobilku.org

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini