esemka banjir pesanan

Beberapa hari ini mobil buatan anak SMK di solo menjadi berita yang tak kunjung henti, semenjak ditinjau presiden SBY dan digunakan sebagai mobil dinas walikota dan wakil walikota solo pesanan terhadap mobil buatan lokal ini sangat banyak, dari pagi hingga malam pesanan mengalir baik melalui telepon maupun datang langsung ke solo sekaligus melihat kualitas mobil ESEMKA ini.
Mobil ESEMKA adalah mobil berkapasitas mesin 1500 cc dengan komposisi komponen lokal 20 % dan
impor 80%, saat ini secara teknis mobil tersebut sudah jadi dan diproduksi meskipun dalam jumlah yang masih terbatas. mobil ESEMKA diproduksi oleh anak-anak SMK yang ada di kota solo dengan dukungan industri otomotif lokal untuk membuat komponen yang memang benar-benar tidak bisa dibuat tanpa bantuan peralatan industri otomotif. Proyek pengembangan mobil ESEMKA sebenarnya sudah 2 tahun ini berjalan dengan anggota seluruh SMK yang ada di solo dan dalam beberapa bulan terakhir ini beberapa jenis mobil sudah jadi, sementara urusan administrasi belum sempat diselesaikan seperti uji layak jalan, uji emisi, sertifikat euro 4, dan lain-lain.
saat ini banyak pejabat telah memesan mobil ESEMKA ini mulai gubernur jawa tengah, walikota surakarta-solo-malang, beberapa anggota DPR, mantan presiden megawati dan Presiden Susilo bambang yudhoyono juga telah memesan mobil ini sebagai kendaraan dalam istana. Meskipun bukan mobil mewah tetapi mobil ESEMKA adalah prestasi yang membanggakan anak-anak SMK sekaligus mengangkat kecintaan negara kata walikota solo.
Sebenarnya mobil ESEMKA pertama kali dibuat oleh anak-anak SMK di Kota Malang, yakni SMK 1 Singosari Malang (SMK dengan nama besar dan kualitas terbaik), lalu mobil ini dilombakan di China akan tetapi kurang mendapat prioritas dari pemerintah sehingga kurang terdengar, setelah itu ada kerja sama dari beberapa SMK di jawa tengah untuk mengembangkan mobil ini sebagai mobil nasional dengan maksimal 20% komponen lokal (syarat mobil nasional), selang 2 tahun..mobil ini telah jadi dan menunggu kebijakan pemerintah untuk memudahkan ijin jalan dan produksi secara masal agar industri otomotif terutama pada SMK menjadi lebih berkembang.
:) semoga mobil ESEMKA ini menjadi cikal bakal kebangkitan anak-anak SMK di Indonesia,,,amiiin

6 komentar:

  1. Balasan
    1. kasih info dong gmn caranya pesan esemka, biar pembaca tahu dan ikut mesan

      Hapus
  2. ahaydee :) SMK pasti ISO...TERUSKAN !!

    BalasHapus
    Balasan
    1. kasih info dong gmn caranya pesan esemka, biar pembaca tahu dan ikut mesan

      Hapus
  3. ayoo,,,smk harus bisa,,,kalian adalah modal terbaik bangsa...mental anak2 smk sangat baik, semoga sukses bwt semua yng sekolah smk

    BalasHapus