Pertama Beli Mobil, Lebih baik Manual atau Matic?

Saat kita ingin membeli mobil pastinya mempertimbangkan banyak hal mulai: harga mobil, jenis mobil, tipe mobil, tenaga mobil, kapasitas penumpang, teknologi yang dipunyai, konsumsi bahan bakar mobil, jenis BBM, fitur interior dan safety, desain eksterior, warna, kemudahan perawatan, harga jual kembali dan lain sebagainya.
Nah tetapi ada pertanyaan yang sering muncul untuk yang belum pernah memakai mobil (baru akan membeli mobil), lebih baik mana membeli mobil matic dulu atau mobil manual dulu? sementara kita masih belum tahu menahu tentang perbedaannya, kemudahan perawatannya, kelebihannya masing-masing sampai bahkan mungkin jika dikendarai enak mana?
Dilansir dari situs Daihatsu Indonesia, ada beberapa kelebihan mobil matic dibanding mobil manual seperti:
1. Mobil matic lebih mudah dikendarai
Pengemudi tidak perlu banyak memikirkan gigi, karena sebagian besar dikendalikan oleh komputer seperti mengoper ke gigi 1 sampai 5 pada mobil manual. Sistem otomatis akan menjalankannya dengan sangat baik disesuaikan dengan kecepatan mobil.
2. Lebih mudah belajar mobil matic
Nah ini tentunya bagi yang belum bisa mengemudikan mobil, memilih mobil matic akan lebih memudahkan kita untuk belajar mengemudi karena tuas transmisinya mudah dioperasionalkan dan tidak membingungkan, terlebih masih memikirkan bagaimana menyelaraskan pedal kopling dan memindah posisi gigi.
Istilahnya kalau motor, belajar motor kopling lebih sulit daripada motor matic yang tinggal tancap gas aja, tidak bingung memikirkan pindah gigi
3. Mobil matic lebih enak dikendarai saat macet
Saat di jalanan macet kita tidak perlu menginjak pedal kopling untuk memindah gigi, karena kita cukup memikirkan pedal gas dan rem saja...Ini akan menghemat tenaga kita terutama pada kaki tidak mudah lelah.
Makanya kebanyakan mobil matic dipakai di daerah perkotaan seperti Jakarta, surabaya dan kota-kota besar yang macet
Tetapi mobil manual juga memiliki kelebihan dibandingkan mobil bertransmisi matic, antara lain:
1. Harga beli mobil manual lebih murah
Harga beli mobil transmisi manual seharusnya lebih murah daripada mobil matic untuk tipe dan varian yang sama, sehingga kita bisa menghemat uang kita dan dialokasikan untuk keperluan lain atau perawatan rutin nantinya
2. Perawatan mobil manual lebih mudah dan murah
Kelebihan lain adalah soal perawatan, dimana kebanyakan teknisi lebih memahami sistem transmisi manual dibandingkan transmisi matic yang rumit, sehingga jika kita ada masalah transmisi (rusak di kota kecil) maka mobil manual lebih mudah diperbaiki karena banyak bengkel yang bisa mengatasi.
Selain itu mobil manual lebih murah dalam hal perawatan dan suku cadang, misalnya jika terjadi kerusakan pada sistem transmisi maka biaya perbaikan dan harga komponen transmisi manual lebih murah dibanding mobil matic.
3. Akselerasi pada mobil manual umumnya lebih bagus (untuk pengemudi yang lihai), karena pengemudi bisa menentukan posisi gigi untuk mencapai kecepatan tertentu.
4. Mobil manual lebih handal di tanjakan
Ini karena masih terkait dengan pengemudi bisa menentukan memakai gigi berapa dengan mempertimbangkan seberapa tinggi dan panjang tanjakan, berbeda dengan mobil matic yang mana kita harus lebih lihai mencari momentum untuk menanjak.
5. Engine brake yang lebih bagus
Mobil manual memiliki rem mesin yang lebih efektif saat menghadapi turunan, meskipun mobil matic juga memiliki engine break tetapi tidak seefektif mobil manual. Jika mobil matic unggul di jalanan macet maka mobil manual unggul di jalanan tanjakan dan turunan.
6. Konsumsi BBM lebih irit
Hal ini karena kita bisa berkendara dengan menyesuaikan speed dengan posisi gigi dan RPM mesin...jika kita memakai gigi tinggi maka akan lebih menghemat BBM, berbeda dengan mobil matic yang relatif lebih sulit untuk berkendara menghemat BBM.
Nah itu tadi adalah kelebihan dan kekurangan mobil matic vs mobil manual, sekarang tergantung kita memilih yang mana?
- Apakah kita banyak memakai mobil di pedesaan yang kontur jalannya naik turun? tentunya lebih recomended membeli mobil manual, tetapi jika mobilnya akan banyak dipakai di perkotaan yang melewati macet maka lebih enak membeli mobil manual
- Jika pembaca mobilku.org belum bisa mengendarai mobil, maka membeli mobil matic juga lebih mudah dipelajari, sehingga memudahkan kita untuk lebih cepat belajar mengemudi
- Selera, tetapi lagi-lagi kita kembali ke selera karena ada cewek yang suka mobil manual, ada juga cewek lebih suka mobil offroad dan sebaliknya...semua kembali ke selera sepanjang kita sudah mengetahui plus minus mobil matic dan manual.
Artikel yang berhubungan:
1. Tips mudah merawat mobil matic
2. Cara menyetir mobil matic

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini