Bahaya Mencuci Motor saat Mesin Panas

Mencuci motor dalam keadaan mesin panas ternyata sangat berbahaya, karena bisa menimbulkan kerusakan yang fatal seperti komponen mesin retak, bengkok hingga pecah. Kerusakan logam yang panas langsung disiram air dingin ini biasa disebut thermal shock, mesin yang panas memuai lalu secara cepat terkena air dingin dia akan menyusut dengan cepat dan tidak sempurna.
Pecinta otomotif tentunya pernah melakukan perjalanan jauh hingga puluhan kilometer misalnya diatas 50 km sampai mesin sangat panas, karena motor kotor biasanya kita berpikir untuk mencucikan motor di tempat cucian motor.
Admin mobilku.org sendiri pernah mengalami hal ini, sebelum saya mencucikan motor saya sedikit khawatir bagaimana kondisi mesin panas disemprot air dingin? saya mencoba bertanya ke tukang cuci motornya, pak apa gak apa2 motor sehabis perjalanan jauh di cuci? lantas jawaban tukang cuci motor gak apa-apa... pikirku mungkin tukan cuci motor ini lebih pengalaman... akhirnya dicucilah motor saya Honda Supra, untungnya gak apa-apa karena saya sedikit mendinginkan motor saya sebelum tukang cucinya datang.
Nah dari pengalaman saya kalau kita bicara ke tukang cuci pasti dijawab gak apa-apa di cuci karena mungkin dia kurang paham dan juga kerjaannya mencuci. Tapi seharusnya kita sebagai pemilik motor lebih paham dengan motor dan jarak yang telah kita tempuh sehingga tidak begitu saja percaya apa yang dibilang tukang cuci motor.
Pengalaman komponen mesin bengkok ini dialami salah satu rekan media elektronik dimana dia mencuci sepeda motor vega persis setelah melakukan perjalanan jauh, setelah motor dicuci motor tidak bisa dihidupkan dan terdengar bunyi logam beradu... lalu setelah dibongkar ternyata klep nya bengkok.
Nah solusi sebelum mencuci hendaknya dinginkan mesin terlebih dahulu, diamkan sekitar 20 sampai 30 menit maka motor sudah bisa dicuci.
Lantas bagaimana dengan mobil? pada mobil, tidak seberbahaya motor..meskipun relatif aman karena mesin mobil tertutup dengan kap mesin...meskipun begitu sebaiknya didinginkan juga paling tidak 15 menit sebelum dicuci

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini