Syarat dan Cara Perpanjangan STNK 1 Tahunan

Perpanjangan STNK 1 tahunan atau lebih tepatnya disebut pengesahan atau membayar Pajak tahunan kendaraan bermotor saat ini ternyata sangat mudah dilakukan, hal ini sesuai pengalaman kemarin admin mobilku.org melakukan perpanjangan 1 tahunan ini untuk mobil Suzuki Katana.
Waahh ternyata pajaknya naik vroh, tahun kemarin hanya kena 700 ribuan sekarang kena 1 jutaan :-) nah nanti pecinta otomotif yang akan melakukan perpanjangan hendaknya membawa uang lebih untuk jaga-jaga jika ada kenaikan....sepertinya kenaikannya di administrasi dan biaya lain-lainnya.
Syarat perpanjangan STNK 1 tahunan/ pengesahan
Nah langsung saja ke persyaratan yang diperlukan, ternyata cukup simple...pecinta otomotif hanya butuh membawa:
1. STNK asli
2. KTP asli
Cara perpanjangan pajak kendaraan 1 tahunan
Caranya juga sangat mudah sekarang, pecinta otomotif tinggal datang ke samsat daerah masing-masing lalu bilang saja ke bagian informasi atau tanya penjaga cara perpanjangan 1 tahunan. Nanti pecinta mobilku.org akan diminta menunjukkan STNK dan KTP asli, kemudian akan diarahkan ke loket pengesahan langsung (loket pendaftaran pengesahan). Pengesahan ini adalah istilah perpanjangan STNK 1 tahunan
Nah setelah menuju ke loket pendaftaran pengesahan, pecinta mobilku.org silahkan daftar dengan menyerahkan KTP asli dan STNK asli, kemudian STNK akan ditahan untuk dientry sedangkan KTP dikembalikan. Pecinta otomotift dipersilahkan menunggu di loket pembayaran yang letaknya bersebelahan dengan loket pendaftaran... jadi sangat simple bukan :-)
Setelah menunggu kira-kira 10 menit nanti pecinta otomotif akan dipanggil di loket pembayaran (kasir) untuk mendapatkan STNK + tanda bukti pembayaran pajak 1 tahunan (biasa disebut notice), tentunya pecinta otomotif untuk mengambil STNK dan notice ini menunjukkan KTP asli dan membayar sejumlah uang yang besarannya tertera di notice tadi. Notice ini sebenarnya adalah pajak 1 tahunan itu :-)
Secara umum perpanjangan di samsat hanya butuh waktu 15 menit maksimal untuk keadaan normal karena sekarang semua sudah terpadu dan terkomputerisasi yang tergabung dalam jaringan internet samsat. Berbeda dengan jaman dahulu untuk perpanjangan 1 tahunan saja ribetnya minta ampun, formulir yang diisi banyak sekali jaman dulu dan butuh waktu satu hari penuh
Sekarang syaratnya hanya menunjukkan KTP dan STNK saja tanpa mengisi formulir-formulir yang ribet, prosesnya pun tidak lama hanya butuh 15 menit saja, kalau admin kemarin hanya butuh waktu 10 menit saja
Cara perpanjangan di samsat keliling
Sekarang sudah banyak samsat keliling yang biasanya ada di tempat-tempat umum misalnya terminal atau pasar besar atau tempat wisata atau fasilitas umum lainnya, biasanya samsat keliling tersebut menggunakan mobil untuk keliling dan berhenti di suatu tempat yang biasanya dia berhenti.
Syarat melakukan perpanjangan stnk di samsat keliling ini sama persis dengan di samsat yaitu hanya menunjukkan KTP dan STNK asli kemudian akan dicetak noticenya dan pecinta otomotif melakukan pembayaran sesuai notice di tempat itu juga.
Nah sekarang pecinta otomotif tahu kan betapa mudahnya cara memperpanjang pajak kendaraan bermotor 1 tahunan dan syaratnya :-)

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini