Periksa Lubang Udara agar Air tidak masuk Lampu Mobil

Penyebab utama embun dapat masuk ke dalam rumah lampu adalah terlalu terbukanya lubang sirkulasi udara pada lampu. Pada saat hujan lebat biasanya embun (bintik air) bisa terbentuk di dalam lampu, nah ini biasanya karena tutup lubang sirkulasi udara rusak/ terlepas sehingga tidak optimal dalam menghalangi masuknya uap air.
lubang, udara, lampu, mobil, headlamp, sirkulasi, angin, embun, hujan, air
Jika uap air/ embun yang masuk jumlahnya sedikit sebenarnya tidak masalah (masih normal), akan tetapi jika terlalu banyak maka akan menyebabkan mika lampu cepat menguning. Jika air terlalu banyak maka pecinta mobilku.org bisa membersihkannya dengan: Cara membersihkan air/ embun yang masuk ke lampu mobil
lubang, sirkulasi, uadara, headlamp, mobil, fungsi, agar, lampu, tidak, menguning, kemasukan, air, hujan

Yang terpenting lubang sirkulasi ini jangan sampai terlalu terbuka (ada tutup lepas), jangan juga terlalu tertutup (tersumbat oleh kotoran). Jika lubang udara pada lampu tertutup akan menyebabkan kerusakan pada mika lampu (mika cepat kuning dan cermin reflektor cepat rontok), jika terlalu terbuka memudahkan masuknya air dan embun pada headlamp.
Fungsi lubang sirkulasi udara pada lampu mobil
Mengapa ada lubang sirkulasi udara? atau lubang ventilasi pada headlamp/ lampu mobil padahal dengan adanya lubang berpotensi masuknya air hujan/ embun? benar memang menyebabkan masuknya embun, akan tetapi yang tak kalah penting fungsi lubang sirkulasi udara ini adalah untuk mengalirkan udara panas dari dalam lampu mobil keluar....
Jika lampu dinyalakan maka suhu dalam rumah lampu juka akan meningkat sehingga udaranya menjadi panas, nah jika udara panas tidak dibuang keluar akan menyebabkan kerusakan parah pada rumah lampu yakni reflektor akan cepat rusak (rontok) dan mika lampu juga akan cepat berwarna kekuningan (buram).
Periksa lubang sirkulasi lampu
Lubang sirkulasi udara headlamp biasanya ada dibalik (dibelakang) headlamp, nag untuk mengetahuinya pecinta otomotif bisa melepaskan lampu dari mobil atau pada beberapa mobil bisa dilihat tanpa membongkarnya.
Pada bagian belakang rumah lampu biasanya ada lubang yang memiliki tertutup (bisa dilepas), tutup ini seperti tutup bensin prinsipnya yakni tutup yang bisa mengalirkan udara tapi menghalangi kotoran atau air masuk ke dalam.
Pada beberapa lampu yang tidak menggunakan tutup tetapi menggantinya dengan slang sepanjang 10-20 cm yang menghadap kebawah (fungsinya sama saja dengan tutup).
Periksa tutup tersebut apakah sudah lepas atau sudah rusak atau malah lubang pada tutup buntu? buntu biasanya karena kotoran atau debu yang bercampur air menutup ruang sirkulasi pada tutup lubang udara.
lubang, udara, lampu, mobil, slang
Setelah diperiksa maka pecinta otomotif bisa menentukan apakah perlu menggantinya ataukah hanya membersihkannya dan memasang kembali, jika menggantinya ya bisa pergi ke tempat yang jualan onderdil mobil, jika membersihkannya cukup gunakan sikat sama kain lap dan air+detergen sudah cukup.
Kesimpulan
Lubang sirkulasi udara pada lampu mobil sangat penting untuk menyirkulasikan udara panas saat lampu dinyalakan, olehkarena itu jangan sampai tertutup karena akan menyebabkan kerusakan rumah lampu dan reflektor.
penyebab, cara, mengatasi, lampu, headlamp, menguning, kotor, mika, rusak, kemasukan air, membersihkan
Lubang sirkulasi udara memiliki tutup, jika tutup ini rusak akan menyebabkan masuknya embun/ air hujan dengan cepat tentunya mengganggu penampilan mobil kan :-)
baca juga: Cara mengatasi mika lampu menguning
www.mobilku.org

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini

--------------------------------------------------------------------------------------------------
Silahkan bertanya jika memiliki kesulitan... Pendapat pembaca sangat dibutuhkan bagi pembaca lain untuk menjawab solusi :)
--------------------------------------------------------------------------------------------------
Sebagai tempat diskusi .......(no link / no spam)

-------------------------------------------------------------------------------------------
Kami berusaha memberikan data seakurat mungkin, kami juga sadar bahwa situs ini jauh dari sempurna, kami juga manusia yang bisa salah. Dukungan kritik dan saran untuk membantu sangat kami butuhkan :) terima kasih...
-------------------------------------------------------------------------------------------

kunjungi kembali situs ini jika waktu anda senggang... :-)