Penyebab Mobil Diesel keluar Asap Hitam dan Asap Putih

Mobil Diesel seringkali mengeluarkan asap hitam yang cukup pekat, meskipun pada bus/ truk dengan mesin standar Euro 3 ke atas asapnya sudah jauh berkurang. Nah lantas apa yang menjadi penyebab keluarnya asap hitam pada mobil berbahanbakar solar ini? ternyata karena truk dan bus menggunakan mesin Diesel.
Penyebab asap hitam
Menurut Kepala Penjualan Isuzu Astra Motor, asap hitam yang keluar disebabkan oleh beberapa faktor antara lain:
1. Kualitas solar yang jelek, di Indonesia kandungan sulfur pada bio solar bersubsidi masih diatas 3500 Part per million, makin tinggi kandungan sulfur atau belerang maka makin jelek kualitas solar. Sedangkan jika memilih dexlite maka pecinta otomotif akan mendapatkan kandungan sulfur atau belerang dibawah 1200 Ppm... Nah jauh bukan? salah satu solusi jika keluar asap hitam adalah dengan mengganti ke BBM yang lebih baik misalnya Dexlite
2. Pembakaran tidak sepresisi mesin bensin: mesin diesel menggunakan tekanan tinggi untuk membakar campuran BBM dan udara... Diesel tidak menggunakan busi dimana campuran antara solar dengan udara dan pemberian tekanan udara yang pas beserta suhu ideal menjadi cukup sulit, apalagi untuk mobil yang kurang perawatan/ service maka akan jauh lebih sulit presisi dan keluar asap hitam makin pekat
3. Komponen mengalami kerusakan/ aus, keluarnya asap hitam cukup tebal (tidak seperti biasanya) juga dapat menjadi pertanda adanya komponen yang mengalami kerusakan, terutama yang terkait erat dengan pembakaran.
4. Filter udara kotor, jika salah satu komponen mengalami keausa atau gagal fungsi maka menyebabkan akibat yang cukup fatal, misalnya pada filter udara yang kotor akan menghambat pasokan udara ke ruang bakar dan akibatnya pembakaran terganggu (keluar asap hitam). Udara yang masuk kotor juga bisa menyebabkan asap hitam (maka selalu cek filter udara kalian ya guys).
5. Kandungan karbon yang terlalu banyak di ruang bakar
6. BBM terlalu penuh
7. Injector aus atau kotor
8. Injector BBM kotor atau bisa juga rusak
9. Kompresi mesin terlalu rendah, biasanya karena kebocoran kompresi
Sebagai tambahan, kami berikan 10 opini masyarakat tentang mesin diesel

Jika yang keluar Asap putih
Jika mesin diesel mengeluarkan asap putih, ini disebabkan oleh:
1. Adanya oli yang masuk ke ruang bakar
2. Kompresi mesin terlalu rendah
3. Adanya air yang masuk ke ruang bakar
4. Gasket aus atau rusak
5. Deposit yang menempel di ring piston: tandanya jika asap putih keluar hanya saat mesin diesel dingin, setelah panas hilang asap putihnya.

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini