Pentingnya Anti Karat di Mobil

Anti karat mobil aftermarket banyak dipakai oleh pemilik mobil bekas sebagai alternatif melindungi mobil dari karat, kebanyakan karat menyerang bagian kolong mobil saat usia mobil sudah diatas 10 tahun. Bagian lain dari mobil yang rawan karat adalah pada ujung engsel pintu, pintu bagian bawah, bagian body, spakbor dan atap mobil.
Penyemprotan anti karat pada kolong mobil bekas
Sebagaimana diketahui bahwa antikarat bawaan mobil (dari pabrikan) bisa bertahan hingga 10 tahun, sehingga untuk mobil-mobil lawas diatas 10 tahun diperlukan penyemprotan anti karat lagi, terlebih teknologi anti karat jaman dulu tidak semaju sekarang.
Anti karat untuk mobil baru !
Untuk mobil baru apakah diperlukan menambah anti karat after market? menurut pabrikan otomotif seperti Toyota atau Honda atau Suzuki bahwa untuk mobil baru tidak diperlukan anti karat tambahan, karena saat perakitan mobil di pabrik sudah dilakukan pemberian anti karat dengan sangat baik yakni dengan pencelupan body dan rangka mobil secara menyeluruh pada cairan anti karat, pencelupan dilakukan selama 3 menit dengan dialiri arus DC sebesar 1500 ampere sehingga prosesnya mirip seperti disepuh dengan anti karat, ujar Nandi Julyanto selaku Direktur Production Enginering Toyota di Karawang.
Sehingga untuk mobil baru tidak disarankan untuk diberikan antikarat dari luar (aftermarket).
Sementara dari Head Dealer Toyota Auto 2000 menyatakan bahwa Auto2000 menawarkan jasa tambahan anti karat dengan biaya 1 juta untuk bagian body mobil dan 2-3 juta untuk kolong mobil, hal ini sifatnya optional bagi pemilik yang ingin menambah anti karat saja.
Beberapa tipe yang direkomendasikan Auto2000 Denpasar untuk dilakukan penambahan anti karat adalah Agya, Calya dan Avanza. Sementara untuk mobil kelas yang lebih tinggi seperti Yaris, Innova, dll lebih baik tidak usah diberi antikarat lagi karena material yang dipakai dan lapisan antikaratnya sudah sangat baik.
Penambahan anti karat pada mobil LCGC oleh dealer resmi
Biaya memasang anti karat aftermarket
Nah jika pecinta otomotif memiliki mobil bekas dengan usia diatas 10 tahun ada baiknya melakukan pelapisan anti karat, lantas berapa biaya atau tarif memasang anti karat pada mobil? biayanya bervariasi mulai dari 2,5 juta sampai 3 juta tergantung dari besar kecilnya mobil.
Secara umum mobil kecil kurang dari 4 meter tarifnya 2,5 jutaan, sedangkan mobil dengan panjang lebih dari 4,6 meter biayanya sekitar 3 juta, hal ini tidak berlaku bagi bus dan truck.
Kesimpulan
1. Untuk mobil baru tidak usah memakai anti karat
2. Mobil dengan usia diatas 10 tahun bisa diberi lapisan anti karat
3. Pada mobil LCGC menambah anti karat menjadi optional yang bisa dipertimbangkan

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini