Cara Memanaskan Mobil dalam 1 Menit

Memanaskan mobil sangat diperlukan untuk mempersiapkan mesin ke kondisi optimum terutama dipagi hari sebelum melakukan perjalanan, memanaskan mobil ini berlaku untuk mobil lama dan juga mobil baru.
Perbedan memanaskan mobil keluaran baru tidak butuh waktu lama untuk memanaskan mesinnya hanya sekitar 1 sampai 2 menit saja, sedangkan mobil lama keluaran tahun 90 an ke bawah biasanya memanaskan mobil 5 sampai 10 menit.
Akibat tidak memanaskan mobil
Apa yang terjadi jika tidak dipanaskan? sebenarnya tidak apa-apa, akan tetapi mobil tidak enak dipakai: mobil bisa brebet, kadang-kadang juga bisa mati di jalan setelah dia berjalan beberapa putuh meter.
Ibaratnya semua mesin perlu dipersiapkan sebelum dijalankan: mesin mobil, mesin motor, mesin perahu, bahkan mesin traktor, bahkan manusia juga perlu pemanasan sebelum dia bekerja.
Manfaat memanaskan mobil
Pada intinya memanaskan mobil memiliki 2 tujuan yakni:
1. Memanaskan mesin agar mencapai suhu optimum mesin,
mesin mobil/ motor akan bekerja pada suhu optimal sekitar 80 derajat celsius, nah jika di pagi hari kondisi suhu udara sangat dingin maka suhu mesin juga berkisar di angka 20 derajat sehingga tidak dalam kondisi ideal untuk dijalankan.
Nah perlu dipanaskan terlebih dahulu agar mesin sedikit lebih hangat meskipun tidak terlalu panas mencapai 80 derajat celsius, nanti suhu 80 derajat akan tercapai sambil berjalan kira-kira 2-3 kilometer... jadi tenang saja
2. Mensirkulasikan oli dengan sempurna
Saat mesin diam semalaman maka oli akan mengendap di bagian bawah mesin saja, dengan menghidupkan mesin maka oli akan dipompa ke seluruh komponen dalam mesin. Tujuan memanaskan mobil salah satunya adalah memeratakan oli mesin melumasi seluruh komponen dan juga mengkondisikan oli mencapai suhu optimal untuk melumasi komponen.
3. Mendapatkan percampuran udara dan bensin yang pas
Biasanya di awal mesin dihidupkan percampuran antara behan bakar dengan udara belum ideal sehingga kadang-kadang mobil keluar asap (kebanyakan bensin), kadang-kadang mobil juga brebet karena kebanyakan udara.
Nah tujuan memanaskan mobil ini salah satunya adalah mendapatkan percampuran yang ideal antara bahan bakar dan udara, sehingga bila asap sudah hilang dan brebet juga sudah hilang maka pecinta otomotif sebenarnya sudah mendapatkan percampuran udara dan BBM yang tepat pada ruang bakar.
4. Agar mesin tidak brebet/ stabil/ langsam
Nah ini yang paling penting, memanaskan mobil dirasa cukup jika mesin sudah stationer saat pedal gas dilepas sementara posisi gigi netral (mobil sudah tidak brebet/ langsam).
Nah jika tujuan ini sudah tercapai (mobil sudah stationer) maka mesin mobil sebenarnya sudah siap diajak jalan, bisa dimasukkan gigi satu dan lepas pedal kopling pelan-pelan: sambil berjalan mobil akan mencapai suhu optimumnya, biasnaya setelah menempuh jarak 2-3 kilometer mobil sudah siap digeber melaju cepat.
Jika mobil belum langsam penyebab utamanya adalah hal-hal diatas: percampuran BBM dan udara yang kurang tepat, suhu mesin belum mencapai suhu ideal, kekentalan dan sirkulasi oli belum pas.
Lama memanaskan mobil
Berapa lama memanaskan mobil? untuk mobil-mobil tahun 2000 an keatas (yang lebih muda) waktu ideal memanaskan mesin mobil adalah 1-2 menit saja sudah cukup.
Sementara untuk mobil dibawah tahun 2000 an misalnya tahun 80 an atau 90 an biasanya pemilik mobil memanaskan antara 5 sampai 10 menit.
mengapa berbeda? karena teknologi pembuatan mesin mobil sebelum tahun 2000 an masih jadul, sehingga butuh usaha yang lebih untuk menyaipkan kondisi mesin dalam keadaan optimal. Berbeda dengan mobil-mobil barumaju maka tidak membutuhkan waktu yang lama untuk mencapai kondisi mesin yang ideal.
Bagaimana kondisi mesin yang sudah siap dijalankan? jika mesin sudah langsam/ stationer/ sudah tidak brebet.
Jika terlalu lama memanaskan mobil?
memanaskan mobil terlalu lama kurang baik karena pemborosan:
- Pemborosan waktu: seharusnya kita sudah berangkat kerja, tapi kalau memanaskan terlalu lama bisa habis waktu kita
- Pemborosan BBM: memanaskan mobil lebih dari 10 menit juga berakibat pemborosan BBM, seharusnya BBM untuk memanaskan mesin 10 menit bisa untuk menempuh jarak 2-3 km
- Polusi udara: jelas saat memanaskan mobil akan mengotori udara di garasi kita terlebih jika garasi ada di depan rumah, bisa kotor udara di rumah kita
Cara memanaskan mobil?
Nah ini pertanyaan inti yang sering ungkapkan, berikut adalah caranya:
1. Sebisa mungkin tempatkan di tempat yang terbuka dan datar, terbuka disini agar udara kotor dari knalpot segera tertiup angin, sementara tempat yang datar agar mobil tidak menggelinding ke bawah. Jika tidak bisa di tempat terbuka maka di garasi juga tidak apa-apa, jika tidak ada tempat datar maka ganjal ban mobil
2. Masukkan gigi ke netral
3. Nyalakan mesin mobil dengan memutar kontak sampai mesin menyala
4. Saat mulai menyala dia akan brebet, maka injaklah pedal gas agar mesin mobil tetap hidup (tidak mati lagi)
5. pecinta otomotif bisa menginjak pedal gas dengan cara seperti di pompa dengan halus (seperti saat menjalankan mobil). Tujuan mengegas-ngegas ini adalah mempercepat mesin stationer dan agar aki terisi, karena aki akan terisi jika di gas dengan RPM 3500 ke atas. Tetapi yang perlu diperhatikan saat mengegas-ngegas adalah jangan sampai RPM mobil menyentuh angka 6000 Rpm, karena bisa berbahaya untuk mesin. baca: Bahaya memanaskan mobil, jangan sampai 6000 Rpm
6. Pakai pedoman durasi memanaskan 1-2 menit untuk mobil baru, dan 5-10 menit untuk mobil jadul. Jika mobil sudah langsam kurang dari waktu tersebut maka tidak perlu ditambah waktunya, misalnya: mobil Jimny keluaran tahun 1990 dipanaskan dalam waktu 3 menit kok sudah stationer, maka tidak perlu sampai 10 menit karena malah akan menjadi pemborosan.
7. Jika mesin sudah dirasa stabil dan tidak brebet (siap dijalankan) maka jalankan mobil dengan pelan lebih dulu: masukkan transmisi ke gigi 1 lalu injak gas pelan-pelan sambil lepaskan kopling. Pecinta otomotif bisa menjalankan mobil dengan kecepatan rendah 30-40 km/ jam, dan memakai gigi 1-3 selama beberapa kilometer pertama (2 km) agar mesin benar-benar ideal. Setelah itu mobil bisa digeber diatas 60 Km/ jam

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini