Bus akan jadi Angkot di Kota Bogor

Transportasi umum di Bogor yang selama ini didominasi oleh angkot jenis microbus (minibus) kini akan digantikan oleh Bus, hal ini diungkapkan oleh Wali Kota Bogor Bima Arya. Tahun depan transportasi angkot bakal digantikan oleh bus, artinya angkot tidak akan dijumpai lagi di Kota Bogor dalam beberapa tahun kedepan.
angkot, kota, bogor, sejuta, mikrolet, diganti, bus, terminal, rute, jalur, trayek
Angkot berupa microbus, akan digantikan oleh Bus
Ada beberapa keuntungan menerapkan kebijakan mengganti model transportasi dalam kota dengan bus:
1. Lalu lintas dalam kota bogor menjadi lebih tertata
2. Kapasitas angkut penumpang juga lebih besar
3. Daerah pinggiran kota/ pedesaan jadi ada jalur angkutan umum baru
Kota bogor menjadi lebih tertata
sejuta, angkot, kota, bogor, macet, semrawut, padat, lalu lintas
Kemacetan di jalanan kota bogor
Upaya mengganti moda transportasi ini adalah agar jalanan menjadi lebih tertib/ tidak semrawut, Bima Arya berharap dengan memakai mobil berkapasitas penumpang besar akan mengurangi jumlah kendaraan di jalan.
Meskipun sudah dipastikan akan menggunakan Bus akan tetapi sampai saat ini masih belum dipastikan bus jenis apa yang dipakai apakah berkapasitas besar, sedang. atau kecil.
Menurut Pemkot Bogor tahun 2018 akan ada 160 an bus yang siap beroperasi di kota bogor untuk menggantikan mikrolet/ angkot, penggantian ini dilakukan secara bertahap dari pusat kota bogor ke daerah pinggiran, sehingga dalam beberapa tahun kedepan moda transportasi dalam kota akan menggunakan bus semua.
Selama ini bahkan kota Bogor terkenal dengan julukan Kota Sejuta Angkot yang sangat membuat macet jalanan di bogor, harapannya kedepan bogor akan lebih rapi dengan tidak terlalu banyak kendaraan yang menyebabkan kemacetan dan kesemrawutan.
alasan, angkot, diganti, bus, kota, bogor, macet, semrawut, tidak teratur, tertata
Alasan pemerintah kota mengganti dengan bus berukuran sedang
Rute baru di pedesaan
Menurut Dishub bogor, Rakhmawati, nantinya akan ada 800 angkot di perkotaan yang akan digantikan dengan 162 bus yang akan beroperasi di pusat kota bogor. Sementara sebanyak 800 angkot nantinya akan akan digeser ke daerah pinggiran kota bogor untuk melayani trayek baru/ jalur baru.
Upaya ini juga menguntungkan karena sebanyak 800 angkot akan bisa melayani daerah-daerah pedesaan yang selama ini tidak ada angkot/ trayek yang melewatinya, sehingga diharapkan tahun depan daerah pedesaan akan terjangkau angkutan umum.
Sebagai catatan, saat ini di kota bogor terdapat 3412 angkot yang beroperasi.
Rute angkot tambahan kota bogor maret 2017, akan bertambah lagi tahun 2018 di pedesaan
Kota lain juga serupa
Tak hanya kota bogor saja yang berencana menggantikan moda transportasinya, dengar-dengar Walikota Bekasi juga berencana menjadikan armada Bus sebagai angkutan dalam kota. Alasan perubahannya juga hampir sama yakni ingin memakai model transportasi yang lebih besar dengan kapasitas yang lebih besar pula.
Bus yang dipakai bukanlah bus yang jelek akan tetapi dengan kenyamanan tinggi, memakai standar Euro 3 dan menggunakan AC agar penumpang nyaman naik bus ini.

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini