Hindari Tidur sesaat ketika Mengemudi

Apakah pecinta otomotif pernah mengalami tidur sesaat ketika mengemudi? tidur sekian detik atau bahkan sepersekian detik! nah ini sebenarnya berbahaya dan seharusnya dihindari, ketika kita kehilangan kendali sesaat saja bisa berakibat fatal saat berkendara.
Kalau admin sering dulu mengalami tidur sesaat ini saat naik motor, didepan ada pick up masih jauh lalu tertidur sesaat dan tiba-tiba saat sadar sudah hampir menabrak bak pick up
Microsleep
Microsleep adalah nama lain tidur sesaat dalam hitungan sepersekian detik sampai hitungan detik, semua input dari indera penglihatan (mata) dan pendenganran (telinga) tidak bisa diproses oleh otak dan microsleep ini bisa terjadi saat mata masih terbuka. Ibarat komputer otak sudah shut down.
Pada kecepatan 50 Km/ jam seseorang yang mengalami microsleep selama 2 detik akan kehilangan kendali kendaraan sepanjang 28 meter, angka 28 meter ini cukup untuk membuat mobil menyerong menabrak tiang listrik atau masuk ke jurang.
Itu baru kecepatan 50 km/ jam, bagaimana jika pada kecepatan 80 km/jam? sedangkan kehilangan kendali 10 meter saja sudah cukup membuat kita celaka, apalagi diatas 25 meter.
Sering orang yang mengalami hal ini merasa hebat, wah saya hebat bisa berkendara sambil tidur :-D, tidak perlu khawatir saya bisa mengendalikan mobil. Padahal ini bisa terjadi pada semua orang, artinya dia tidak hebat...padahal kondisi tidur sekejap inilah yang menyebabkan kecelakaan.
Mengatasi tidur sesaat ketika berkendara
Jangan beranggapan bahwa mempercepat laju mobil bisa meningkatkan adrenalin dan mencegah tidur sesaat ini! karena itu salah sama sekali malah akan memperlama microsleep jika mobil dipacu kendang. Lebih baik pelankan mobil misalnya kecepatan 30 km/jam itu lebih baik daripada mempercepat mobil.
Lalu apa yang mesti dilakukan untuk mengatasi microsleep ini? penyebab microsleep adalah mengantuk (kurang tidur) dan kelelahan (kurang istirahat). Sedangkan cara mengatasinya sangat mudah yakni dengan cara hentikan mobil. Hentikan mobil lalu turun dari mobil untuk menghirup udara segar dan meregangkan otot bisa mengurangi terjadinya microsleep
Yang paling tepat adalah:
1. Hentikan mobil
2. Cari tempat yang aman
3. Tidur sejenak
Tidur tidak perlu lama sampai 1 jam, cukup 10 menit sampai 15 menit kita sudah bugar kembali, tubuh sudah pintar untuk melakukan tidur berkualitas dalam keadaan terdesak. Bahkan banyak orang yang tidur cukup 5 menit! tapi kalau admin mobilku.org menyarankan diatas 10 menit.
Lakukan hal ini (poin 1-3) ketika pecinta otomotif merasa mulai terjadi microsleep ini, atau bisa juga diulang 2 jam sekali. Artinya tiap 2 jam pecinta otomotif meminggirkan mobil dan tidur 10 menit, akan tetapi admin mobilku.org lebih berpatokan ke yang pertama yakni saat merasa terjadi microsleep, alasannya sering 1 jam sekali saya harus tidur singkat (tidak sampai 2 jam).
Tidak ada satu obat untuk menghentikan mengantuk, obatnya hanya satu yakni tidur
Semoga bermanfaat

2 komentar:

  1. bener, gak ngaruh minum kopi/ suplemen. malah memperparah. lebih baik, berhenti , tidur.

    BalasHapus