Tips saat Mesin mati di Rel Kereta

Pernahkan pembaca mobilku.org mendengar mesin mobil tiba-tiba mati saat melintasi rel kereta api? ya hal ini bukanlah barang baru, tapi masih banyak yang beranggapan bahwa ini karena perlintasan tersebut ada penunggunya (jin/ setan) perlintasan angker? apakah benar demikian?
mobil, mati, mogok, rel, kereta, perlintasan, jalan, didorong, tips, cara, menghindari
Ternyata ada penjelasan logis mengapa beberapa kendaraan terutama mobil lawas bisa mati saat melintasi rel kereta api!
Kereta api memiliki medan magnet pada setiap rodanya (disebut boogle) yang merupakan dinamo besar untuk memutar roda, nah besarnya medan magnet tersebut akan menyalur melalui roda kereta ke rel kereta bahkan sampai radius 1 km kedepan. Pada beberapa mobil tua yang beberapa partnya sudah aus biasanya akan terpengaruh oleh magnet ini, medan magnet ini akan mematikan dinamo dan koil mobil....dalam kondisi ini mobil tidak akan bisa di starter lagi.
Matinya mesin mobil di perlintasan akibat magnet pada rel termasuk jarang, bahkan yang paling sering terjadi adalah mobil mati akibat berjalan tertalu pelan dan RPM terlalu rendah... untuk mobil-mobil jadul kita harus mempertahankan RPM di angka 1000 ke atas, jika dibawah 1000 berpotensi mesin mati,,,jadi kita harus menginjak gas dan bermain kopling.
Sementara pada mobil baru yang masih layak pakai, mesin akan tetap hidup meskipun berjalan pelan dengan gigi 1, apa lagi mobil matic yang transmisinya dikendalikan komputer (otomatis).
Apa yang harus dilakukan saat mesin mati di perlintasan rel kereta?
Yang pertama dilakukan adalah mengeluarkan seluruh anggota keluarga (seluruh penumpang) terlebih dahulu, segera buka semua kunci mobil dan secepatnya keluar.
Yang kedua lihatlah apakah situasi ada kereta atau tidak, jika ada kereta lebih baik mencari tempat yang lebih jauh/ lebih aman untuk berlindung seandainya kereta menabrak mobil. Jika kondisi tidak ada kereta yang datang dari jauh cobalah dorong mobil dengan meminta bantuan orang-orang sekitar agar mobil keluar dari rel.
Cara darurat menghidupkan mesin mobil
Tips ini bisa dilakukan jika kondisi benar-benar aman, tidak ada kereta dan kondisi lagi sendirian tidak ada bantuan:
1. Masukkan tuas transmisi gigi ke 1, lalu starter mobil tanpa menginjak rem... jika koil masih aktif kemungkinan mobil akan terhentak kedepan dan keluar dari rel
2. Jika mesin masih mati/ tidak bisa hidup, cobalah menghidupkan klakson sampai beberapa kali.... Manfaat menghidupkan klakson ini diharapkan akan memberikan efek kejut pada komponen listrik yang beku/ dingin.
Bunyi klakson ini juga diharapkan mengundang cukup orang untuk segera membantu kita mendorong mobil keluar dari lintasan rel kereta api.
motor, tergelincir, rel, terjatuh, ditabrak kereta
hati-hati pengguna motor sering terpeleset rel yang licin
Cara melintasi rel kereta api agar tidak mogok
Nah saat melintasi rel kereta api jangan terlalu pelan, sisakan momentum mobil masih bisa melewati rel meskipun mesin mati, kecepatan 10-20 adalah kecepatan yang ideal... andaikata mesin mati di kecepatan tersebut segera injak pedal kopling agar mobil masih bisa meluncur tanpa dorongan mesin...masih ada daya dorong dari laju mobil di kecepatan 10-20 km/jam.
Jika melintasi rel yang tidak ada palang pintunya lihatlah dulu ke kanan dan kiri, pastikan tidak ada kereta yang lewat.... jika tertutup pohon/ dahan cobalah mendekat dengan sangat pelan tapi jangan melintas dulu, jika sudah dipastikan tidak ada kereta baru pecinta otomotif melintas dengan kecepatan yang cukup
Banyak kasus juga pengemudi melamun dan asal melintas, akibatnya disambar kereta padahal dia tidak tahu kalau ada kereta didekatnya :-(
akibatnya jika melamun, disambar kereta tidak tahu
Jika palang pintu pertintasan bergerak turun
Jika palang pintu perlintasan sudah bergerak kebawah maka jangan memaksakan menerobosnya, hal ini pernah dilihat admin mobilku.org dimana mobil menerobos palang pintu sementara kondisi lalu lintas sedang macet (hal ini sama saja bunuh diri). Pertimbangkan resiko jika menerobos palang pintu lalu terjebak macet tidak bisa keluar dari palang pintu selanjutnya (penuh mobil), jika palang pintu sudah bergerak turun, ini artinya kereta sudah mendekat dengan jarak sekitar 1-3 km.
salam safety, keluarga menunggu dirumah

1 komentar:

  1. Apakah hal ini juga berlaku untuk semua jenis Mesin Diesel dari yang sudah jadul vs Mesin Diesel Supercharger Commonrail?

    BalasHapus