Penyebab AC mobil tidak Dingin

AC mobil sangat penting untuk pemakaian di negara tropis yang relatif panas seperti Indonesia, terlebih jika melakukan perjalanan di kota besar yang panas apalagi kondisi jalan macet maka AC mobil layaknya penolong agar penumpang bisa bertahan bahkan nyaman di dalam mobil.
Pentingnya AC atau pendingin di mobil
Saat terjebak macet di Jakarta suhu di luar mobil bisa mencapai 40 derajat sedangkan di dalam kabin mobil bisa lebih panas jika jendela tidak dibuka, saat jendela dibuka suhunya pun akan mendekati 40 derajat. Tahukah apa yang terjadi jika suhu dalam kabin mobil naik signifikan? akan terjadi gagal organ, yang paling sering adalah gagal jantung... itulah mengapa sering terjadi anak yang meninggal dalam mobil karena ditinggal orangtuanya berbelanja di mall dengan kondisi mobil tertutup dan ada di terik matahari (saat seperti ini suhu dalam kabin akan jauh lebih tinggi dari di luar kabin karena tertutup, menyebabkan gagal organ pada manusia).
Suhu Ideal dalam mobil
Idealnya suhu di dalam mobil berkisar antara 17 sampai 22 derajat celsius karena pada suhu tersebut orang berada dalam kondisi yang paling baik untuk bekerja, beraktifitas, berkonsentrasi dan perasan senang timbul.
Diatas suhu 22 aktifitas manusia tidak ideal, dibawah suhu 17 derajat juga terlalu dingin sehingga tidak maksimal, jika di luar negeri menganut suhu ideal adalah antara 15-20 derajat maka berbeda dengan orang Indonesia yang terbiasa dengan suhu panas maka idealnya antara 17 -22 derajat.
Nah jika AC mobil sudah dilengkapi pengatur suhu digital enak kita tinggal set saja, akan tetapi jika AC masih manual ya kita bisa kira-kira aja suhu yang paling enak buat kita (tidak terlalu panas dan juga tidak sampai menggigil).
Penyebab AC Mobil tidak dingin
Karena mobil selalu dipakai seingin berjalannya waktu maka akan terjadi keausan-keausan pada komponen mobil tidak terkecuali bagian AC, penyebab AC mobil tidak dingin ini cukup banyak mulai freon habis, sekering AC putus, kondensor kotor/ rusak, kipas AC lemah/ mati, thermostat rusak, dan lain sebagainya. Nah berikut ini www.mobilku.org mengulas penyebab AC mobil tidak dinging diurutkan dari mulai yang paling sering terjadi:
1. Freon habis
Freon ini adalah gas yang berfungsi untuk mendinginkan udara panas dari kabin mobil. Freon bisa habis karena ada kebocoran pada sistem AC, yang sering bocor antara lain: seal o ring pada sambungan pipa AC, seal shaft kompresor, relief valve kompresor. Kebocoran sistem AC ini bisa besar bisa sangat kecil, jika kebocoran sangat kecil freon baru bocor keluar pada tekanan tinggi yakni 120 Psi sehingga untuk kebocoran yang sangat kecil freon tidak habis melainkan hanya berkurang.
Secara teknis jika tidak ada kebocoran maka freon tidak akan berkurang/ habis, kebocoran sering terjadi karena pemakaian (waktu/ usia pakai) yang membuat komponen Aus dari karet getas dan dari logam berkarat.
2. Sekering AC putus
Nah ini yang pernah dialami admin mobilku.org; udara dari kisi-kisi AC keluar tapi tidak dingin, setelah di cek ke bengkel AC freon masih penuh, kipas-kipas (blower) normal semua eh ternyata sekering AC putus. Solusinya gati sekering AC nyala lagi deh
3. Kondensor dan radiator kotor
Kotornya kondensor dan radiator ini bisa disebabkan oleh debu yang menempel pada permukaan konsor, kondensor ini berfungsi menkonversi gas freon menjadi cairan (mendinginkan). Jika permukaan terselimuti oleh debu maka udara yang ditiup oleh kipas/ blower tidak terhalang kotoran ini. Solusinya bersihkan bagian kondensor dan radiator
4. Kipas atau extra fan lemah/ mati
Nah kipas ini letaknya di bagian depan didepan kondensor/ radiator (ada kondensor yang terpisah dengan radiator ada pula mobil yang menggabung antara radiator dan kondensor). Kipas ini jika putarannya lemah membuat pembuangan panas kondensor tidak berjalan baik, akibatnya AC berkurang dinginnya.
5. Magnetic Cluth terbakar/ mati
Magnetic cluth ini adalah salah satu komponen electrical AC yang menghubungkan kompresor AC dengan center piece, jika magnetic clutch ini mati/ terbakar menyebabkan kondensor tidak berputar meskipun panel AC dihidupkan.
6. Filter dan Evaporator Kotor atau tersumbat
Kotornya filter udara dan evaporator ini menyebabkan aliran udara terhambat, solusinya bersihkan evaporator dan filter atau bisa juga dilakukan penggantian filter AC
Kondensor AC kotor
7. Kebocoran kondensor dan kompresor
Kebocoran kompresor bisa terlihat dari adanya basahan oli dan debu yang menempel pada permukaan kompresor, sedangkan pada kondensor kebocoran terjadi karena benturan yang terjadi/ gesekan dengan komponen lain
8. Oli kompresor terlalu penuh/ berlebihan
Jika oli kompresor ini berlebihan menyebabkan freon mengisi seluruh sistem AC dan menyebabkan tekanan yang berlebihan, maka sistem AC akan memutus aliran listrik ke AC sehingga tidak terjadi sesuatu yang lebih membahayakan. Saat mengisi mengganti/ oli jangan terlalu banyak sampai berlebihan
9. Saluran pembuangan air kondensasi tersumbat
meskipun sepele tapi jika ini terjadi maka rumah evaporator akan penuh dengan air yang menyebabkan air akan menetes/ merembes ke dashboard mobil dan ke karpet mobil. Adanya ketidakberesan dalam sistem AC sedikit saja pasti akan mempengaruhi performa AC.
Kerusakan AC mobil lain
Selain ac mobil tidak dingin sebenarnya banyak yang dikeluhkan pecinta otomotif misalnya AC mobil bau saat dihidupkan, AC mobil keluar asap, dan lain sebagainya.
untuk pemasalahan lain mengenai AC sudah kami bahas pada artikel sebelumnya, sedangkan untuk merawat AC mobil pecinta otomotif bisa membaca di:
Cara merawat AC mobil agar tidak bau dan tetap sejuk serta nyaman

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini