Cicilan Suzuki Ignis Mulai 1,5 jutaan, Uang Muka Ringan 15 %

Suzuki Ignis baru keluar 17 April 2017 akan tetapi pihak dealer Suzuki langsung memberikan beberapa promo seperti angsuran bulanan sangat ringan, DP murah dan juga tenor cicilan sampai 7 tahun. Program promo Suzuki Ignis ini bertujuan agar mobil Mini SUV ini bisa langsung diserap pasar dengan berbagai strata mulai kelas atas sampai masyarakat kelas bawah, mobil yang memang murah untuk kategori mobil SUV ini dijual dengan harga paling murah 139,5 juta dan paling mahal hanya 169,5 juta rupiah... versi termahalnya saja masih murah :-)
Oh iya,,, pihak Suzuki memberikan keringanan pembelian dengan berbagai opsi antara lain:
1. Bunga hanya 3,26 %
2. Cicilan hanya 1,5 juta rupiah/ bulan
3. Uang muka ringan, mulai 15 % dari harga mobil
4. Tenor cicilan bisa mencapai 7 tahun
Suzuki Ignis tersedia dalam 3 varian yakni Ignis GL MT sebagai varian termurah dengan harga 139,5 juta rupiah, Suzuki Ignis GX MT merupakan varian menengah yang dijual dengan harga 159 juta rupiah, dan yang terakhir sebagai varian Ignis tertinggi adalah tipe GX AMT yang dijual seharga 169,5 juta rupiah.
Suzuki Ignis memakai mesin bensin berkapasitas 1200 cc, memakai silinder berjumlah 4 dan 16 katup dan berteknologi VVT, Suzuki Ignis mampu mengeluarkan tenaga maksimum 84 Bhp (tenaga murni mesin) atau 82 Hp (tenaga mobil) yang diperoleh pada putaran mesin 6000 Rpm, sedangkan torsinya juga bisa dibilang sangat cukup yakni 113 Nm pada putaran mesin 4200 Rpm.
Bisa dibilang tenaga mesinnya tidak sebesar Agya 1200 cc yang mencapai 86 Hp atau Hoda Brio Satya yang mencapai 88 Hp meskipun sama-sama memakai mesin 1200 cc, akan tetapi yang membedakan tetap desain dan konsepnya.
Meskipun tenaga lebih kecil akan tetapi kemampuan mobil SUV masih jauh lebih mumpuni untuk melintasi jalanan ekstrim dibanding mobil dengan mesin yang jauh lebih besar tetapi bukan SUV.
Mengapa demikian? karena SUV seperti Ignis adalah didesain secara khusus untuk melewati jalanan ekstrim misalnya tanjakan, jalan berbatu-batu, jalanan berlubang, licin, berpasir dan lain sebagainya. Ambil contoh Ground Clearance setingg 18 cm sudah terbilang sangat tangguh untuk ukuran mobil kecil dengan panjang 3700 mm ini, beda dengan ground clearance setinggi 18 cm jika diaplikasikan pada mobil sepanjang 5 meter (itu akan sangat buruk).
Meskipun tenaga mesinnya 82 Hp sedangkan Agya 1200 cc bertenaga 86 Hp akan tetapi jika final gear berbeda? tentunya untuk tanjakan masih lebih kuat yang 82 Hp. Biasanya mobil SUV didesain tangguh dalam tanjakan dan rasio final gear serta rasio gear transmisi besar, istilah final gear ini seperti gear pada motor; jika gear belakang motor besar maka dia akan lebih ringan menanjak (motor-motor trail memiliki gear belakang yang besar).
Inilah contoh kecil bagaimana konsep mobil (jenis mobil, desain, mesin) berpengaruh pada gaya mobil, peruntukan mobil, habitat mobil, kemampuan/ performa mobil. Suzuki Ignis ini mobil berdimensi kecil yang nyaman diperkotaan dengan jalan sempit dan hemat bahan bakar, sekaligus memiliki kemampuan yang mumpuni untuk diajak berpetualang ke daerah pedesaan atau pinggiran kota sampai kelas offroad ringan.
Nah meskipun mobil ini memiliki varian termurah 139,5 juta rupiah akan tetapi menurut www.mobilku.org jika pecinta otomotif berniat membelinya maka belilah tipe kelas menengahnya saja yakni tipe GX MT, mengapa?
Karena tipe terendah Suzuki Ignis bisa dibilang minim sekali fitur, sedangkan untuk varian menengahnya sudah memiliki fitur yang cukup dan hanya berbeda sedikit dengan varian paling tingginya. Bisa dibilang perbedaan utama antara varian menengah dengan varian tertinggi adalah pada sistem transmisi dimana untuk versi menengan (GX MT) memakai transmisi manual, sedangkan untuk GX AMT memakai transmisi Automatic Manual Transmission.
Fitur Suzuki Ignis
Oh iya meskipun harga mobil ini sangat murah tetapi memiliki fitur yang sangat mewah (ukuran harga 150 jutaan), kita akan bedah Suzuki Ignis GX AMT:
Start Stop engine
Fitur ini memungkinkan pengemudi hanya memencet tombol on untuk menghidupkan mobil, jadi tidak perlu kontak untuk menghidupkan mesin mobil ini. apakah aman?
Sangat aman karena Suzuki Ignis juga dijejali fitur lain yakni keyless entery yang mana pintu hanya bisa dibuka oleh kunci asli, dan pemilik mobil tidak perlu memencet tombol atau apapun... cukup mendekat ke mobil maka mobil bisa terbuka
Immobilizer, Alarm dan Keyles Entery
sudah dijelaskan diatas tentang keyless entery yakni gelombang remote untuk membuka mobil. Sedangkan fitur immobilizer bekerja bersama keyless entery sebagai fitur keamanan mobil, Immobilizer adalah sistem keamanan dengan mamakai kunci kontak asli yang unik, kunci asli tersebut mikrochip yang memancarkan gelombang tertentu untuk memerintahkan menghidupkan mesin mobil (satu kunci untuk satu mobil). Jika tidak memakai kunci asli maka mesin tidak bisa hidup.
Nah kunci ini tidak bisa dipalsukan di pinggir jalan :-) merubahnya harus ke bengkel resmi dan dirubah 1 set pemancar dan penerima :-) jadi keamanannya sudah dengan gelombang broo...
Alarm: pecinta otomotif sudah tahu tentang alaram kan :-)
Headlamp LED Projector
Headlamp Suzuki Ignis sudah memakai teknologi lampu depan LED dengan proyektor, kelebihan lampu LED ini sangat jarang rusak/ putus (bisa tahan bertahun-tahun) karena tidak memakai bohlamp alias memakai perangkat elektronik.
Teknologi lampu LED Projector ini sampai saat ini terbilang sangat mahal, lampu LED ini seperti lampu senter pada HP (nyala flash HP) yang tidak pernah putus kan? dan tahan bertahun-tahun. Jadi dengan headlamp Proyector ini pengemudi tidak usah takut lampu depan akan putus di jalan, kekurangannya jika terjadi kerusakan membelinya juga mahal :-)
Lampu LED ini hanya terdapat di bagian muka saja (headlamp dan DRL), sedangkan lampu lain misalnya Foglamp, lampu sein dan lampu rem masih memakai bohlamp.. tidak apa-apa karena yang terpenting adalah lampu depan, paling utama digunakan untuk menembus kabut/ hujan dan kondisi malam hari
Audio dengan monitor layar sentuh tersedia untuk optional
AC auto Climate Control
Suzuki Ignis meskipun mobil murah tetapi tidak murahan, terbukti dengan fitur-fiturnya seperti mobil kelas 300 jutaan ke atas. Ya satu lagi fitur luar biasanya adalah AC auto Climate Control.
Climate control atau biasa disebut AC digital adalah membuat suhu kabin pada derajat (suhu tertentu) misal kita setel di angka 20 derajat maka suhu mobil akan dibuat persis 20 derajat, berbeda dengan AC manual yang mana suhu kabin berapa kita masih kira-kira (tidak bisa tepat)
Sedangkan auto climate adalah AC yang akan secara otomatis aktif saat kita memasuki mobil dengan settingan tertentu. Wah canggih kan
Dual Tone Interior
Warna kabin Suzuki Ignis dominan dua warna (dual tone) yakni antara hitam dan beige (crem), dual tone ini mulai dari dashboard, trim sampai jok. warna dual tone ini memberi kesan mobil lebih mewah dan ruangan lebih lapang. Selain itu juga mengesankan mobil lebih cerah/ bersih dengan kombinasi warna ini.
Audio Steering Switch Control
Fitur panel kendali audio yang ditempatkan pada bagian stir ini memudahkan driver untuk menyetel lagu, memilih lagu, mematikan audio, menghidupkan audio, dll
Transmisi AGS atau ATM
Automatic manual transmission Suzuki Ignis ini sama dengan milik Karimun Wagon R AGS, hanya beda nama antara AMT dan AGS tapi artinya sama, AGS adalah Auto Gear Shift. Lantas sistem transmisi apa ini sebenarnya? AMT atau AGS adalah sistem transmisi manual yang sudah dimodifikasi sehingga terasa mengemudikan mobil matic.
Fitur lain Suzuki Ignis
Sebenarnya masih banyak fitur lain dari mobil murah yang tidak murahan ini, karena admin juga sudah lelah mengetik karena terlalu panjang dan sudah keluar jauh dari topik tentang promosi suzuki Ignis...
Oh iya, sebelum beli test drive dulu ya? jangan sampai nanti merasa menyesal membeli mobil... toh di dealer nantinya tersedia untuk test drive, gratis

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini