Situs Otomotif, mobil, mesin, eksterior, interior, akselerasi, kapasitas, spesifikasi, kecepatan, tenaga, konsumsi BBM, cc, modifikasi, terbaru, bekas, harga, fitur, dimensi, panjang, irit, kekurangan, kelebihan, bensin, solar, ban, suspensi, offroad, city car, hatchback, SUV, MPV, minibus, pick up, jip, sedan, 4x4, crossover, toyota, honda, suzuki, daihatsu, mitsubishi, bmw, chevrolet, mazda, isuzu, kia, nissan, ford, kijang, carry, avanza, jazz, freed, escudo, yariz, brio, panther, pajero

Cara memilih Asuransi Mobil Terbaik

Asuransi adalah salah satu cara untuk memindahkan resiko kita (pengguna jasa asuransi) pada pihak lain (perusahaan asuransi), jika asuransi mobil maka yang dipindahkan adalah resiko-resiko pada mobil kita misalnya kecelakaan atau kehilangan.
kecelakaan, asuransi, mobil, klaim, resiko
Seberapa penting? bagi anda yang tidak ingin repot saat terjadi kecelakaan atau menginginkan ras tenang dalam berkendara maka Asuransi mobil sangat berarti... Asuransi mobil tak hanya menanggung kecelakaan pada mobil kita saja, akan tetapi juga menanggung biaya kerusakan pada mobil lain yang kita tabrak, jadi kita bisa tenang dalam berkendara (memberikan rasa aman).
Nah bagaimana cara atau kiat-kiat memilih asuransi mobil yang paling baik/ agar dapat yang terbaik? berikut adalah beberapa pertimbangan yang bisa dijadikan patokan:
1. Jaringan bengkel dan hasil kerja
asuransi mobil, perbaikan, klaim, kecelakaan, di jalan, diderek
Pilihlah perusahaan asuransi mobil yang memiliki jaringan bengkel banyak, satu perusahaan asuransi biasanya memiliki jaringan bengkel sampai ratusan bengkel yang tersebar di beberapa wilayah. Selain jaringan bengkel yang luas dan banyak, juga pilihlah asuransi yang memberikan hasil pengerjaan terbaik yang disertai garansi.
2. Jaminan Sparepart Asli
Banyak perusahaan asuransi mobil yang memakai sparepart tidak orisinil dalam menangani kerusakan penggantian sparepart, pilihlah perusahaan asuransi yang mau menjamin pemakaian sparepart yang original/ sparepart asli serta bergaransi. Jaminan ini biasanya tertuang dalam perjanjian, tanyakan saat mau mendaftar jadi member apakah perusahaan memiliki jaminan memakai part yang asli dan bergaransi
3. Layanan perlindungan 24 jam
Pastikan bahwa perusahaan asuransi mobil melindungi anda selama 24 jam, kita tidak tahu kapan kecelakaan akan terjadi... selain itu perlindungan 24 jam (siang dan malam) akan membuat kita merasa aman dalam berkendara
4. Area perlindungan seluruh Indonesia
Pilih perusahaan asuransi yang memiliki area covering se Indonesia, karena tidak sedikit perusahaan asuransi yang memberikan batasan pada area-area tertentu saja misalnya dalam kota atau se jabotabek atau se jawa barat/ propinsi lain.
Nah dengan area layanan seindonesia kita dapat dengan tenang berpergian kemana saja tanpa khawatir, misal ingin pergi ke bali atau ke tempat yang jauh yang mana justru disaat itulah asuransi sangat kita perlukan. Kita tidak mengenal medan otomatis potensi kecelakaan makin besar, sehingga peran asuransi juga makin dibutuhkan saat berada di luar kota
5. Sertifikasi Perusahaan/ Kualitas Perusahaan
Pecinta otomotif tidak boleh sembarangan dalam berasuransi/ memilih perusahaan asuransi, pilihlah perusahaan yang sudah punya reputasi bagus. Perusahaan asuransi mobil yang bagus biasanya sudah mendapat predikat: Indonesian Customer Satisfaction Award, Best Genaral Insurance, Indonesian Best Brand Award.
Sertifikasi-sertifikasi tersebut adalah bukti dari kualitas perusahaan asuransi terkait tanggung jawab dan klaim dari pelanggannya, termasuk kemudahan dan kualitas perbaikan mobil. Paling tidak perusahaan asuransi yang dipilih harus memiliki salah satu sertifikasi diatas meskipun tidak ketiga-tiganya.
6. Kemudahan Klaim/ Tanyakan bagaimana prosedur klaim kecelakaan sebelum mendaftar.
Selain memilih perusahaan asuransi mobil yang bonafit, pilih juga perusahaan yang mudah dalam proses klaim. Biasanya saat proses klaim asuransi pihak perusahaan akan meminta beberapa dokumen misalnya SIM, STNK, BPKB, Surat Keterangan Kepolisian, dll.
Nah kadang ada yang meminta terlalu banyak dengan prosedur yang juga berbelit, sebelum mendaftar pada perusahaan asuransi tanyakanlah tentang prosedur klaim dengan rinci. Pecinta otomotif bisa membandingkan antara perusahaan asuransi dalam hal ini.
7. Pembayaran yang murah dan fleksibel
Pilih perusahaan asuransi mobil yang paling murah dengan mempertimbangkan layanan yang diberikan, artinya saat mempertimbangkan harga juga sekaligus dilihat kualitas layanan, area perlindungan, waktu perlindungan, bengkel rekanan, sertifikasi perusahaan dll. Jangan asal murah tapi covering hanya di kota saja, sparepart yang dipakai tidak original... wah malah tambah susah kita.
8. Informasikan mobil dengan akurat
Saat mendaftar menjadi member perusahaan asuransi/ pengajuan asuransi, pecinta otomotif akan diberikan form atau aplikasi untuk diisi dengan benar. Isilah dengan sebenar-benarnya misalnya pemilik kendaraan, jenis kendaraan, peruntukan kendaraan, dll.
asuransi, mobil, kecelakaan, keselamatan, klaim, harga, biaya, prosedur, pengajuan, persyaratan
Kesalahan sedikit bisa menyebabkan perbedaan/ ketidak sesuaikan antara saat pengajuan klaim/ proses klaim dengan aplikasi saat mendaftar, nah ini bisa jadi masalah.
Beberapa perusahaan asuransi mobil juga membedakan peruntukan kendaraan/ jenis penggunaannya antara peruntukan komersial dan pribadi, karena kendaraan yang dipakai komersial memiliki resiko lebih besar dibanding pemakaian pribadi, sehingga perhitungan harga dan tenornya juga berbeda.
Contoh kasus: admin www.mobilku.org mengajukan asuransi dan mengisi form jenis penggunaan mobil adalah peruntukan pribadi, kemudian ternyata mobil tersebut disewakan. Suatu saat terjadi kecelakaan pada mobil tersebut dan admin mobilku.org membawa ke perusahaan asuransi untuk mengajukan klaim.
asuransi, cara klaim, dokumen, persyaratan
Perusahaan asuransi akan mengecek dengan detail mobil tersebut sehingga menemukan fakta bahwa kendaraan tersebut telah disewakan, mendapati fakta tersebut perusahaan asuransi bisa menolak klaim tersebut dengan alasan tidak sesuai dengan peruntukannya. Meskipun saat kecelakaan yang mengemudikan adalah admin mobilku.org
ok, semoga pecinta otomotif bisa memilih asuransi mobil terbaik untuk keselamatan