Situs Otomotif, mobil, mesin, eksterior, interior, akselerasi, kapasitas, spesifikasi, kecepatan, tenaga, konsumsi BBM, cc, modifikasi, terbaru, bekas, harga, fitur, dimensi, panjang, irit, kekurangan, kelebihan, bensin, solar, ban, suspensi, offroad, city car, hatchback, SUV, MPV, minibus, pick up, jip, sedan, 4x4, crossover, toyota, honda, suzuki, daihatsu, mitsubishi, bmw, chevrolet, mazda, isuzu, kia, nissan, ford, kijang, carry, avanza, jazz, freed, escudo, yariz, brio, panther, pajero

Suzuki Ignis: Spesifikasi Mesin, Eksterior, Interior dan Harga 139 jutaan

Suzuki Ignis adalah mobil Crossover atau mini SUV yang hadir tahun 2017, mobil yang masuk dalam kategori SUV kompak/ Light SUV/ Crossover ini memiliki dimensi yang mungil dengan panjang 3700 mm, lebar 1660 mm, tinggi 1585 mm, ground clearance 18 cm (nah cukup mungil bukan).
Mobil yang disegmentasikan untuk kalangan muda yang mobile di perkotaan hingga pedesaan ini dibekali dengan mesin yang bisa dibilang cukup tangguh dikelasnya, memakai mesin 1200 cc dengan 4 silindernya Suzuki Ignis mampu mengeluarkan tenaga sampai 91 Hp dengan torsi maksimal mencapai 118 Nm.
Tenaga yang cukup besar untuk ukuran mobil kecil dan ringan ini. Jangan khawatir dah, admin mobilku.org saja yang memakai mobil dengan tenaga dan torsi separuh dari Ignis saja sudah enak dipakai kemana-mana.
Sistem penggerak Suzuki Ignis di Indonesia memakai penggerak 4x2 akan tetapi nantinya juga disediakan mobil yang berpenggerak 4 roda atau AWD untuk optionalnya, nah menarik bro yang 4WD ini. Bisa jelajah kemana-mana, lebih kuat menanjak dan tidak selip di tanjakan licin (jika dibandingkan 2WD).
Lantas berapa harga yang dipatok Suzuki Indonesia untuk Suzuki Ignis? kabar terbaru dari Suzuki bahwa Ignis akan dijual dengan harga 150 jutaan (varian terendah), nah harga yang sangat terjangkau untuk ukuran mobil SUV ringan.
Selain kemampuannya melewati jalanan ekstrim yang lebih baik dari jenis mobil non SUV, suzuki Ignis ternyata cukup irit. Tercatat konsumsi bahan bakarnya mencapai 1:20 (1 liter untuk 20 km), nah cukup irit bukan? maklum mobil kecil yang ringan sehingga mesin tidak terlalu dibebani bobot mobil alhasil tenaganya besar dan konsumsi BBMnya irit.
Jika dilihat dari eksteriornya mobil ini memang dirancang untuk melewati jalanan sedikit rusak, akan tetapi juga mempertahankan kenyamanan berkendara (tidak terlalu mengorbankan suspensi). Kapasitas angkut mobil ini juga lumayan besar dibandingkan mobil lain dengan dimensi yang sama,,,lihat saja bagian belakang seperti disediakan ruangan yang lega untuk kursi baris ke duanya.
Dibalik jok baris kedua juga terdapat ruang bagasi disertai bracket, mobil petualang ringan seperti ini bakal sering lompat-lompat saat lewat jalan ekstrim...oleh karena itu untuk menghindari barang kocar-kacir disediakan bracket barang.
Mobil ini masuk dalam kategori Low end artinya fitur-fitur canggih juga belum disematkan pada mobil ini, akan tetapi fitur standar seperti power window, power steering, dll juga pastinya disematkan. mengingat sekarang banyak SUV yang menggunakan teknologi canggih semisal teknologi HAC (hill start assist), lampu proyektor, internet dan lain-lain tidak dibenamkan.
Untuk interiornya www.mobilku.org melihat juga standart misalnya untuk jok hanya dibalut kain, sedangkan untuk mobil kelas atas iasanya dibalut dengan kulit. dashboard juga terlihat sederhana minimalis (minim fitur).
Uniknya pada dashboard sebelah kiri ada pegangan untuk penumpang, fitur pegangan ini memang khas mobil SUV dari Suzuki, fitur ini juga ada pada Suzuki Jimny dan Suzuki Escudo....pegangan ini terasa efektif saat melewati jalan berlubang/ rusak dimana penumpang depan lebih seimbang (tidak terombang-ambing), selain itu pegangan ini menambah macho interiornya.
Untuk lampu depan Suzuki Ignis sudah dilengkapi dengan lampu siang atau DRL, sedangkan velg mobil ini juga sudah memakai alumunium (alloy), pada varian tertinggi juga dibenamkan fitur entertaiment berupa Audio Video dengan monitor layar sentuh.
Kemungkinan besar mobil ini akan bertarung dengan SUV kelas low seperti Terios, Rush, Renault Kwid, dll. Bahkan tak menutup kemungkinan mobil yang diimport utuh dari India ini bakal bersaing dengan Suzuki Jimny baru yang bakal keluar 2017 ini.
Melihat harganya yang sangat murah kemungkinan besar peminat mobil SUV ringan ini bisa booming

Update Januari 2017: harga Suzuki Ignis menurut sales dealer Suzuki antara 140 juta sampai 180 juta tergantung varian, sementara ada 4 varian ignis yang akan dijual. saat pecinta otomotif membaca artikel ini Suzuki Ignis sudah bisa di Inden di dealer-dealer Suzuki dengan booking fee antara 5-10 juta
Update Maret 2017
Harga Suzuki Ignis varian terendah 139,5 juta rupiah sedangkan varian termahalnya 169,5 juta rupiah on the road DKI Jakarta, sedangkan harga di luar Jakarta akan sedikit lebih mahal karena ada biaya kirim (ke dealer). Misalnya untuk Kota Malang atau Kota lain di Jawa Timur selisihnya bisa 6 jutaan.