Belajar Nyetir Mobil Matic Tips Mengemudi

www.mobilku.org - Setaleh pada artikel sebelumnya kita membahas tentang bagaimana cara belajar mobil transmisi manual kali ini kita akan melanjutkan dengan belajar nyetir mobil matic, jika pecinta otomotif sudah pernah belajar mengendarai mobil dengan transmisi manual tidak akan mengalami
kesulitan karena tinggal menyesuaikan atau beradaptasi, mobil matic ini memiliki perbedaan pada sistem transmisi saja dengan mobil manual. Paling tidak pecinta otomotif harus mengetahui fungsi-fungsi dasar gigi atau persneling pada mobil matic.
Pada mobil dengan transmisi matic, terdapat 4 macam posisi tuas kopling antara lain:
N - D - D2 - L - P - R
Keterangan
N : Merupakan gigi netral, pada posisi ini mobil tidak maju maupun mundur meskipun pedal gas di injak
D : Merupakan posisi gigi yang digunakan untuk maju pada jalan yang cenderung mendatar
D2 : Tuas kopling yang digunakan untuk jalan tanjakan atau turunan
L : Digunakan untuk medan yang sangat berat (tanjakan atau turunan curam)
P : Digunakan untuk parkir (bisa juga saat macet)
R : Digunakan untuk mundur
Berikut adalah cara belajar nyetir (mengemudi) mobil matic:
1. Pecinta otomotif bisa menginjak rem terlebih dahulu untuk menyalakan mobil, pastikan tuas transmisi biasanya sebelum dinyalakan berada pada P (parkir)
2. Setelah mesin menyala pecinta otomotif bisa memindahkan posisi gigi ke D jika ingin maju dan ke R jika ingin mundur
3. Jika tuas sudah berpindah misalnya ke D, lepaskan rem secara perlahan dan setelah rem lepas injak pedal gas
4. Pecinta otomotif juga bisa memindahkan posisi tuas transmisi ke D2 saat akan melewati tanjakan yang cukup panjang, jika pecinta otomotif berjalan pada medan yang sangat berat (pada mobil manual gigi1), pecinta otomotif bisa memakai tuas transmisi L
Tuas transmisi P digunakan untuk parkir sehingga jika mobil menggunakan mode ini maka tidak bisa tergelincir maju maupun mundur, untuk memindahkan gigi ke posisi lain dari P perlu menekan tombol pin pengunci (di tuas) atau menginjak rem dengan dalam. Misalnya pengemudi ingin memindahkan dari posisi P ke posisi N sebelum berjalan maka pengemudi harus menginjak pedal rem dengan dalam atau menekan pengunci pada tuas (tergantung mobil)
5. Jika pengemudi ingin memundurkn mobil maka bisa menggunakan persneling R (tuas transmisi R) dengan cara memberhentikan mobil terlebih dahulu menggunakan rem, lalu memindahkan tuas transmisi ke posisi R (mundur) yang mana jika mobil tidak benar-benar berhenti maka pengemudi tidak akan bisa memindahkan ke posisi R ini, setelah itu pengemudi bisa menekan pedal gas untuk mundur
6. Posisi N digunakan pada saat berhenti sejenak seperti di lampu merah (akan tetapi gunakan rem).
Mengemudi mobil matic memang lebih mudah dari pada mobil manual karena konsentrasi kita hanya pada Gas, Rem dan lingkar kemudi. Jarang pengendara mobil matic merubah posisi tuas transmisi jika tidak benar-benar diperlukan seperti mundur atau parkir. Mengenai bagaimana secara umum belajar nyetir mobil seperti mengambil haluan, mengemudi di tanjakan, tips mengemudi di jalan raya dan lain-lain Pecinta otomotif bisa melihat pada artikel sebelumnya yakni cara belajar mobil manual lengkap

Tips Otomotif

8 comments:

  1. Bagus, kreatif, Bila anda berminat ikut PT Marksview Indonesia Kursus Mengemudi Mobil di jalan raya, TOL, parkir gedung , jalan buntu dsb dengan sistim praktek langsung dan tanpa dibantu rem cadangan(anda akan belajar tanpa dibantu double rem sehingga kemampuan taksir dan feeling akan lebih baik karena pada akhirnya anda harus menyetir sendiri)

    Salam Susanto, MBA Ph 70608598

    ReplyDelete
  2. nah kalodlm posisi tanjakan misalnya parkit di moll yg tinggi dan dlm keadaan macet..gimana ya klo pake mobil matic? trus apa ada hand rem juga spt mobil manual?

    ReplyDelete
  3. nah kalodlm posisi tanjakan misalnya parkit di moll yg tinggi dan dlm keadaan macet..gimana ya klo pake mobil matic? trus apa ada hand rem juga spt mobil manual?

    ReplyDelete
  4. nah kalodlm posisi tanjakan misalnya parkit di moll yg tinggi dan dlm keadaan macet..gimana ya klo pake mobil matic? trus apa ada hand rem juga spt mobil manual?

    ReplyDelete
  5. saya brumur 15 th. saya tdk bisa brsepeda motor.
    skarang saya mulai trtarik untuk bljar mobil. kira" saya bisa gk ya??
    dan lebih mudah menggunakan mobil matic/manual??
    thx

    ReplyDelete
  6. Terima kasih mas infonya bermanfaat sekali.. karena selama ini saya pakai mobil matic (mobil kantor) cuma D - R - sama P hehehehehe

    ReplyDelete

Jangan ragu bertanya jika memiliki kesulitan,

Pendapat pembaca akan sangat dibutuhkan bagi pembaca lain, untuk menjawab solusi :-)

Kami berusaha memberikan data seakurat mungkin, kami juga sadar bahwa situs ini jauh dari sempurna, kritik dan saran untuk membantu sangat kami butuhkan... terima kasih :-)


Kunjungi kembali www.mobilKu.Org jika waktu anda senggang... :-)

Artikel boleh di copy siapapun dengan menyebutkan sumber artikel dari www.mobilku.org