Cara Belajar Mobil Tips Mengemudi

www.mobilku.org - Belajar nyetir mobil memang gampang-gampang susah apa lagi bagi orang yang belum pernah mengendarai motor pasti akan sangat sulit hehehe, tetapi jarang ya orang yang tidak pernah mengendarai motor sekarang :-). Oke untuk pertama kali kita akan luruskan mitos penting tentang
cara belajar mengemudi atau nyetir mobil yang benar:
Mitos
Mitos pertama bahwa menyetir mobil lebih mudah dari menyetir motor karena memiliki roda 4 tidak mungkin jatuh? hal ini adalah mitos yang salah karena mobil memiliki body yang lebih besar dari motor dan dalam pengendaliannya juga lebih kompleks misalnya setir, gas, kopling, rem tangan, lampu, wiper, dan lain-lain. Pengendalian mobil lebih sulit dari motor terutama untuk haluan saat menyalip mobil lain atau memposisikan mobil pada sisi jalan saat kecepatan tertentu (ini membutuhkan filling yang tepat)
Kedua bahwa untuk tahapan belajar mengemudi mobil lebih baik menggunakan mobil transmisi manual dulu dengan harapan akan lebih mudah saat belajar menyetir mobil matic kemudian. Hal ini juga perlu diluruskan, sebaiknya jika penggemar otomotif ingin mengajari orang yang belum pernah mengendarai mobil gunakanlah mobil matic dulu. karena mobil matic lebih mudah untuk dikendarai, belajarlah dari yang mudah dulu baru ke yang lebih sulit (ini akan meringankan beban otak saat harus belajar mobil), sebagai ibarat belajar nyetir pada mobil biasa dulu sebelum belajar nyetir mobil off road (bisa nyemplung sungai kalau tiba-tiba belajar offroad). Oke kita akan masuk pada praktek mengemudi:
Permulaan
* Kenali fungsi-fungsi utama dalam menggerakkan mobil, hal ini bisa berbeda pada tiap-tiap mobil akan tetapi sebagian besar memiliki kesamaan seperti letak gas, rem tangan, kopling, sabuk pengaman, klakson, pedal dan lain-lain. Selain pecinta otomotif tahu letak alat-alat pengendali tersebut, pecinta otomotif juga harus tahu cara mengoperasikan pedal, gas, rem, kopling dan lain-lain tadi bagaimana cara menggunakannya. Intinya kenali alat-alat penggerak dalam mobil anda.
* Sebelum belajar pastikan mobil dalam kondisi yang prima misalnya pada gas, rem, ban, klakson dan lain-lain. Hal ini nantinya akan mendukung keselamatan anda saat belajar misalnya dari rem blong, ban meletus atau yang lain
* Belajarlah di tempat yang sepi dulu dan cari yang datar, sangat direkomandikan di lapangan, jika sudah merasa bisa baru ke jalan yang sepi, jika sudah mahir baru ke jalan raya (ini hukumnya wajib)
* Belajar mengendalikan mobil dalam track lurus, belajarlah cara mengendalikan mobil lurus dahulu (jangan sampai nyerong/ belok), jika sudah mahir lurus belajarlah cara berbelok mulai yang mudah sampai rumit, jika sudah terbiasa berbelok dengan nyaman Belajarlah mengendarai mobil pada tanjakan atau turunan (hal ini penting) saat pecinta otomotif tidak menguasai medan tanjakan maka akan sangat berbahaya jika turun ke jalan aspal.
* Saat mobil sudah di jalan jangan mudah panik, selalu konsentrasi pada kondisi jalan (jangan terpecah)
* Sebelum mengendarai mobil pastikan kondisi fisik dan psikis anda dalam keadaan baik: tidak lelah, tidak mengantuk, tidak sakit, tidak nervous dan lain-lain.
Menyetir Mobil Manual
A. Bagian-bagian mobil yang harus dikenali:
* Pedal Kopling : terletak di bawah pedal kaki paling kiri
* Pedal Rem : terletak pada pedal tengah
* Pedal Gas: terletak pada pedal paling kanan
* Rem Tangan (Parking Brake) : terletak di sebelah kiri kursi pengemudi, terletak diantara kursi pengemudi dan penumpang depan
* Gigi atau persneling: terletak di depan rem tangan
* Gigi netral: adalah tuas transmisi berada di tengah-tengah (mobil tidak akan berjalan meskipun pedal gas di injak)
* Gigi satu: dari posisi netral dorong tuas persneling ke posisi gigi paling kiri lalu dorong ke depan
* Gigi dua: dari posisi netral dorong tuas transmisi ke kiri lalu tarik ke belakang, jika dari posisi gigi satu tarik ke belakang
* Gigi tiga: dari posisi gigi netral dorong ke atas
* Gigi empat: dari gigi netral tarik ke bawah (posisinya berlawanan dengan gigi 3)
* Gigi lima: dari posisi netral dorong kanan kemudian dorong lagi ke depan
* Gigi enam / mundur (R) : dari netral dorong ke kanan kemudian tarik ke belakang
Posisi kaki kiri selalu berada di kopling, sedangkan kaki kanan berada di gas dan rem, jika ingin memindahkan gigi injak pedal kopling kemudian tarik tuas persneling ke tengah, tahan 1 detik di posisi normal kemudian arahkan gigi ke posisi yang diinginkan.
B. Cara mengemudi mobil manual :
* Posisikan tubuh pada tempat duduk senyaman mungkin
* Aktifkan rem tangan
* Posisi tangan kanan berada pada lingkar kemudi jam 3 dan tangan kiri pada posisi jam 9
* Nyalakan mesin dengan memutar kunci kontak searah jarum jam (ke kanan) lalu tahan sebentar 1-2 detik
* Tekan pedal kopling menggunakan kaki kiri (tekan yang dalam)
* Masukkan ke gigi satu
* Kaki kanan siap-siap di pedal gas
* Lepaskan atau realeasekan rem tangan
* Lepaskan pedal kopling pelan-pelan, setelah 3/4 tekan pedal gas dengan pelan dan rasakan tarikan mesin yang pelan, usahakan jiwa anda menyatu dengan mobil :-)
* Konsentrasi pada kondisi jalan, pandangan ke jalan tidak melihat kaki atau tangan
* Jalankan mobil :)
sekian untuk cara belajar mobil manual, artikel selanjutnya Belajar Mobil Matic