Trooper mobil off road keluaran chevrolet


Chevrolet Trooper merupakan mobil dengan jenis sport utility vehicle (SUV) yang pertama kali di Indonesia, mobil ini diproduksi oleh pabrikan chevrolet mulai tahun 1981 sampai 2005. Chevrolet Trooper memiliki 3 generasi mobil yakni generasi I antara tahun 1981 sampai 1991, generasi II tahun 1992 sampai 1997 dan generasi III yang dikeluarkan tahun 1998 sampai 2005. Chevrolet Trooper yang beredar di indonesia secara luas adalah generasi satu dan dua, sedangkan generasi 3 chevrolet sudah digantikan oleh blazer. 

Chevrolet trooper generasi pertama merupakan mobil yang sudah cukup tua akan tetapi mobil ini masih memiliki banyak penggemar dengan komunitas-komunitas mobil trooper salah satu yang terbesar adalah KTI (komunitas trooper indonesia). Chevrolet Trooper saat ini banyak digunakan untuk medan-medan luar kota atau offroad. Eksterior mobil trooper sangat berkualitas dengan bahan material pembentuk rangka dan sasis dibuat dari material berkualitas tinggi, inilah yang menyebabkan mobil ini sampai sekarang terlihat masih seperti mobil keluaran tahun 2000 an. Trooper jarang kita jumpai digunakan untuk aktifitas sehari-hari, karena sebagian tipe trooper telah masuk kategori mobil antik atau langka, sedangkan trooper keluaran tahun 2000 an tidak banyak yang dijual di Indonesia, Kondisi ini tentunya membawa keuntungan tersendiri bagi penggemar mobil trooper saat membawanya berplesiran.
Mesin chevrolet Trooper generasi pertama menggunakan mesin dengan bahan bakar diesel ber kapasitas silinder mesin 2000 cc untuk varian tertua sedangkan varian termuda trooper generasi menggunakan mesin tipe C233 dengan kapasitas silinder 2300 cc. Transmisi Chevrolet Trooper tahun 1981 sampai 1991 masih menggunakan transmisi manual 5 kecepatan dengan penggerak roda 4x4 atau 4WD.
Chevrolet Trooper Generasi dua dipasarkan tahun 1992 sampai 1997, bahan bakar mobil generasi II trooper ini memiliki 2 pilihan yakni menggunakan bensin atau solar. Pada tahun ini teknologi mobil Chevrolet Trooper telah diperbarui dengan membenamkan berbagai fitur pada interior chevrolet trooper seperti power window, power steering, optional Air Conditioning dan lain-lain. Mesin Chevrolet Trooper tahun 1992 sampai 1997 menggunakan tipe mesin V6 yang lebih bertenaga, sistem penggerak mobil juga tersedia dalam 2 pilihan yakni 4x2 atau 4x4.
Trooper generasi ke 3 dikeluarkan tahun 1998 sampai 2005, mobil ini sudah jarang dijual di Indonesia karena harga mobil ini relatif mahal. Di Indonesia pengganti Trooper sejak tahun 1997 adalah opel blazer, opel blazer dijual dengan harga yang lebih murah daripada trooper, hal ini yang menjadi penyebab orang lebih memilih Blazer daripada trooper generasi 3. Trooper generasi 3 ini tidak berbeda jauh dengan generasi 2 hanya desain eksterior mobil yang dirubah lebih bulat serta berbagai perubahan minor pada desain interior mobil seperti penambahan fitur cinometer yang berfungsi mengukur derajat kemiringan mobil.
Chevrolet trooper generasi pertama mampu berjalan baik pada medan yang punya sedikit rintangan. dengan tampilan jadul seperti kijang jaman dulu tentu tak banyak yang menyangka kalau chevrolet trooper memiliki sistem penggerak 4WD. Untuk keunikannya inilah banyak sekali penggemarnya karena mampu menerjang medan medan off road, 4WD sendiri merupakan sistem penggerak yang menyalurkan tenaga pada empat roda mobil, dalam kondisi normal mobil ini berjalan dengan sistem 2WD namun pengendara tidak usah khawatir karena sistem bersifat otomatis, jadi sistem penggerak akan berubah menjadi 4WD secara otomatis.
Mobil tipe offroad ini sering dijumpai di perkotaan karena juga bisa berjalan dengan sistem penggerak 2WD, biasanya yang punya hanya mengganti jenis ban yang di pakai agar sesuai dengan medan yang dihadapi. Kelemahan chevrolet trooper generasi pertama adalah sangat sulit menemui sparepart/ aksesoris standart pada chevrolet trooper ini, hal ini di karenakan pamakai mobil sudah melakukan modifikasi.
Kabin mobil asli pabrikan ini tidak terlalu lebar, dan hanya 3 baris kursi bagi penumpang. Biasanya baris paling belakang atau kursi baris ketiga digunakan sebagai tempat barang atau bagasi.

Sedangkan desain bagian luarnya terutama bagian atas (atap) biasanya dimodifikasi sebagai tempat untuk meletakkan barang-barang keperluan untuk penjelajahan misalnya. Bodi chevrolet trooper kebanyakan masih bernilai original tidak terlalu banyak dempul yang melekat pada body full cat kaleng. 
Pemilik Chevrolet trooper harus bergabung dengan komunitas-komunitas troper yang sudah tersebar di seluruh daerah, karena dengan komunitas banyak informasi mengenai trooper bisa didapat, komunitas Trooper biasanya juga memiliki jangingan sparepart mobil sehingga akan lebih murah merawat mobil ini
Harga chevrolet trooper bekas sekarang berkisar 36 juta sampai dengan 120 juta untuk tahun 1981 sampai 1997, berikut ini rata-rata harga chevrolet trooper pada situs otomotif jual beli mobil bekas:
Chevrolet Trooper 1981 = Rp. 36 Juta
Chevrolet Trooper 1985 = Rp. 47 Juta
Chevrolet Trooper 1990 = Rp. 70 Juta
Chevrolet Trooper 1994 = Rp. 90 Juta
Chevrolet Trooper 1997 = Rp. 120 Juta

Di bawah ini adalah mobil-mobil jelajah terbaru kelas menengah sebagai perbandingan:
1. MitsubishiPajero Sport Dakar 4x4
Kami sertakan juga beberapa MPV kelas bawah sebagai perbandingan:
1. Toyota Avanza Veloz (lihatulasan)
2. Nissan Evalia (lihatulasan)
3. Nissan Grand Livina Highway Star (lihatulasan)
4. APV (lihatulasan)
5. Granmax Minibus (lihatulasan)
6. Suzuki Ertiga (lihatulasan)

Informasi mobil City Car, MPV, Mobil Niaga dan lain-lain www.mobilku.org

Share Artikel ini Facebook Twitter

hobi

1 comment:

  1. mohon perkumlenjelasan sekretariat perkumpulan troper di bandung ada dimana ? saya ingin iformasi lebih lanjut. terimakasih infonya

    ReplyDelete

Jangan ragu bertanya jika memiliki kesulitan,

Pendapat pembaca akan sangat dibutuhkan bagi pembaca lain, untuk menjawab solusi :-)

Kami berusaha memberikan data seakurat mungkin, kami juga sadar bahwa situs ini jauh dari sempurna, kritik dan saran untuk membantu sangat kami butuhkan... terima kasih :-)


Kunjungi kembali www.mobilKu.Org jika waktu anda senggang... :-)

Artikel boleh di copy siapapun dengan menyebutkan sumber artikel dari www.mobilku.org