Panther Grand Touring GTR Varian Teratas Isuzu Panther

Isuzu Panther merupakan mobil MPV (mobil keluarga) yang memiliki kapasitas penumpang 8 hingga 9 orang penumpang dewasa, mobil ini pertama kali keluar tahun 1991 sampai tahun 2012 ini masih diproduksi dan menjadi pilihan istimewa untuk mobil tipe MPV. Berbekal mesin diesel yang memiliki keistimewaan pada kemampuan membawa beban berat dengan track yang panjang adalah keunggulan mobil panther ini. Berbagai isu menyebutkan bahwa isuzu panther akan digantikan dengan MU7 tahun 2012 tidak terbukti,
Isuzu panther tetap dominan pada mobil MPV ber daya jelajah tinggi dengan mengeluarkan varian Panther Touring yang lebih agresif dan menjadi penakluk medan-medan berat ataupun track panjang.
Isuzu Panther sendiri terbagi dalam 4 generasi dimana generasi pertama keluar tahun 1991 menggunakan  mesin 2300 cc dengan pasokan bahan bakar karburator dengan kode produksi TBR 52, generasi ke dua keluar pada tahun 1996 dengan kode produksi TBR 54 menggunakan mesin 2500 cc dengan sistem pasokan bahan bakar diesel direct injection. Generasi ke 3 isuzu Panther keluar tahun 2000 dengan kode produksi TBR 541 bermesin 2500 cc direct injection, pada generasi ke 3 ini varian panther touring telah keluar, ditujukan untuk perjalanan adventure maka ground clearance mobil dibuat lebih tinggi yakni 18 cm agar mampu melewati medan banjir.
Generasi ke 4 isuzu panther muncul pada tahun 2009 pada generasi ini lebih dikenal dengan generasi facelift, menggunakan teknologi terbaru yang berbeda mulai dari sistem transmisi isuzu panther yang sudah menggunakan automatic transmission / transmisi matic / otomatis, pengurangan emisi gas buang, peningkatan performa mesin, penghematan konsumsi bahan bakar dan perbaikan pada desain eksterior mobil / konsep mobil adventure, pada tahun 2009 ini juga diperkenalkan isuzu panther facelift grand touring (GTR), Panther GTR menjadi pesaing kijang innova dalam memperebutkan pasar MPV kelas menengah dimana innova sendiri merupakan varian termewah dari toyota kijang.
Isuzu Panther Grand Touring (GTR) merupakan varian teratas dari isuzu panther yang pernah diproduksi, banyak orang salah sangka banhwa Panther Touring adalah varian terbaik Isuzu Panther padahal varian isuzu panther teratas ada pada panther grand touring dengan menyematkan keunggulan fitur yang tidak dimiliki oleh panther touring antara lain roof rail, leather seat combination, side body mould list, chrome outside mirror with turn lamp dan black chrome finnish aloy wheel. Sampai tahun 2012 ini beberapa jenis isuzu panther tersedia pada dealer Isuzu antara lain Panther Smart H,  Panther Smart FF-H, Panther LV-H, Panther LV FF-H, Panther Adventure-H, Panther LS FF-H, Panther Touring-H dan Panther Grand Touring-H.
Spesifikasi Eksterior dan Mesin Mobil Panther Grand Touring GTR.
Mobil ini memiliki dimensi Panjang x Lebar x Tinggi (mm)  = 4692 x 1771 x 1873, dengan jarak poros roda 2680 mm, memiliki berat kosong 2170 kg menggunakan mesin 4JA1-L dengan kapasitas silinder mesin 2500 cc, menggunakan bahan bakar diesel dengan sistem pasokan bahan bakar menggunakan sistem injeksi / tidak memakai karburator. Isuzu Panther GTR ini memiliki tenaga maksimum 80 Ps pada 3600 rpm dengan torsi maksimum 19,5 kgm pada 1800 rpm. Penjelasan spesifikasi:
Kita bisa melihat bahwa torsi yang besar mobil ini akan cukup menyenangkan bagi pengemudi untuk melewati tanjakan dengan beban 9 orang, torsi maksimum menggambarkan kemampuan mobil membawa beban yang berat, semakin besar torsi maka kemampuan melewati tanjakan / jalan off road semakin bagus. Kita juga bisa melihat daya maksimum Panther GTR adalah 80 Ps sudah tergolong baik untuk mobil MPV bermesin diesel meskipun jika dibandingkan dengan mobil bermesin bensin daya 80 PS tergolong kecil, daya maksimum mobil berbanding lurus dengan akselerasi mobil dimana semakin besar daya maka akselerasi / tarikan awal mobil semakin bagus. Ciri mobil diesel adalah memiliki torsi putaran bawah yang besar, inilah sebab mengapa mesin mobil jenis truck atau bus menggunakan mesin diesel karena mesin diesel meskipun tidak memiliki akselerasi yang cepat akan tetapi sangat handal dalam membawa beban, dapat dipastikan jika mobil jenis bus atau truck menggunakan mesin bensin tidak akan mampu membawa beban yang begitu besar apa lagi saat membawa beban berat melewati tanjakan. Baca ulasan mengenai mesin diesel pada artikel sebelumnya di sini.
Mobil Panther Grand Touring memiliki julukan mobil badak yang irit, dalam hal ini adalah mobil dengan kekuatan yang besar akan tetapi memiliki konsumsi bahan bakar yang irit. Konsumsi bahan bakar Isuzu Panther Grand touring ini adalah 1 Liter :14 Km cukup irit, ini lebih irit dari kijang yang rata-rata memiliki konsumsi bahan bakar 1 Lt : 8-12 km. Panther Grand Touring juga sangat irit bila dibandingkan mobil bermesin diesel lainnya sebut saja Strada / Pajero / Hilux dimana konsumsi bahan bakar mobil-mobil tersebut tidak lebih dari 1:12 bahkan ada yang mencapai 1:7. Sistem Transmisi Isuzu Panther Grand touring MSG5K yakni transmisi automatic 5 kecepatan dengan 1 transmisi mundur. Panther GTR memiliki kapasitas tangki bahan bakar 55 liter, jadi perkiraan mobil ini sanggup menempuh jarak 770 km untuk full tank capacity.
Fitur Isuzu Panther Grand Touring telah dilengkapi dengan fitur-fitur mobil modern, berikut fiturnya:
* AC telah menggunakan Double Blower
* Velg menggunakan alloy
* LCD layar sentuh untuk mengendalikan sisitem audio (radio, cd, mp3, dvd)
* Power Steering yang memudahkan pengemudi mengendalikan mobil yang berat
* Power window pada seluruh pintu, menjadi fitur safety standart
* Lampu kabut / Fog lamp (lampu terang untuk menembus kabut)
* Leather Steering Wheel
* Roof Rail pada bagian atas untuk membawa barang saat perjalanan alam
* dan beberapa fitur yang sudah saya sebutkan diatas.
Harga Isuzu Panther Bekas masih memiliki pasaran yang tinggi, berikut harga pasaran isuzu panther :
* Isuzu Panther 2.5 1991 : Rp. 45.000.000
* Isuzu Panther 2.5 1992 : Rp. 47.000.000
* Isuzu Panther 2.5 1993 : Rp. 50.000.000
* Isuzu Panther 2.5 1994 : Rp. 55.000.000
* Isuzu Panther 2.5 1995 : Rp. 60.000.000
* Isuzu Panther Grand Deluxe 1995 : Rp. 65.000.000
* Isuzu Panther Hi Grade 1995 : Rp. 70.000.000
* Isuzu Panther Grand Sporty 1997 : Rp. 75.000.000
* Isuzu Panther Grand Royal / New Royal 1998 : Rp. 85.000.000
* Isuzu Panther Hi Grade 1997 : Rp. 90.000.000
* Isuzu Panther New Royal 2000 : Rp. 95.000.000

Di bawah ini adalah beberapa mesin diesel :
Beberapa MPV kelas bawah sebagai perbandingan antara lain:
1. Toyota Avanza Veloz (lihatulasan)
2. Nissan Evalia (lihatulasan)
3. Nissan Grand Livina Highway Star (lihatulasan)
4. APV (lihatulasan)
5. Granmax Minibus (lihatulasan)
6. Suzuki Ertiga (lihatulasan)


Share Artikel ini Facebook Twitter

Isuzu

46 comments:

  1. Isuzu panther bisa offroad gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Panther di buat bkn buat offroad tp mobil keluarga MPV bos....soalnya panther gda yg pake double gardan/4X4.

      Delete
    2. saya pernah coba pake g touring 2011 didaerah muaragembong, yah lumayanlah, bantingan enak, napak terus ditanah (gak terbang)

      Delete
  2. kalo medan offroad yang ringan2 aja bisa gan,,mobil ini tangguh kok gan

    ReplyDelete
  3. sebelumnya mohon maaf gan. mau koreksi sedikit...isuzu panther keluaran awal bermesin 2300cc.bukan memakai karburator tapi masih indirect injection.

    #http://id.wikipedia.org/wiki/Isuzu_Panther

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya tuh... panther diesel kok karburator taun kapan?

      Delete
    2. benul. pake istilah PPL sama Golden. setau saya gak ada diesel yang pake karbu, wkwwkwkwk....

      Delete
    3. yap, benul setau saya gak ada diesel yang pake karbu, :-P

      pabther keluaran pertama ya 2300cc, biasa disebut panther golden dan PPL

      Delete
  4. makasih gan masukannya,,kami terus berusaha untuk memberikan informasi seakurat mungkin, akan tetapi tim penulis kadang bisa salah...karena kami adalah manusia juga, sebaik apapun situs pasti memiliki kesalahan seperti situs ini,,,,mohon maaf jika ada beberapa hal yang mungkin ada sedikit kesalahan, terimakasih sudah membantu dalam menyempurnakan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Slamt siang mobilku....saya punya panther grand touring 2004 metic.tarikanny kurang bagus.kenpa ya .Tks

      Delete
  5. mantap.. cuma harga 2nd panther tipe grand royale thn 1996 kok ga ada yah? ane pk mobil tipe tsb.. memang bandel.. cuma kelemahan panther thn 2000 ke bawah pasti selalu di kaki2nya. laher roda depan terutama. kt montir gara2 lubang bautnya cuma 4 menanggung berat mesin, yg mana hal itu sdh diperbaiki di panther kapsul (5 lubang), liat ajah harga panther thn yg sama misal 1997 khusus hi sporty harganya lbh jatuh dibandung tipe lain, gara2 laher roda depan yg sering rusak (ban dan velg hi sporty memiliki ukuran yg lbh besar dibanding tipe lainnya)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua tergantung pemakaian bro... saya pake Hi Sporty tahun 1997 sudah 3 tahun lebih buat tugas luar kota medan bengkalis dengan jarak tempuh lebih kurang 1500 Km PP.. dan selama ini belum pernah kaki kaki bermasalah.... perjalanan PP tersebut saya jalani seminggu 2 kali sekarang telah berjalan tahun ke empat, blom pernah ganti kaki kaki, rute jalan termasuk rute off road di daerah bengkalis, tapi di awal tahun 2014 jalan sudah diaspal ..... semua mobil tergantung perawatan bro... salam Phanter............

      Delete
  6. Mau tanya Gan, apakah panther yang baru kursi belakang penguatnya masih menggunakan pengikat tali seperti LS tahu 2007? Kalau masih, itulah salah satu kelemahan panther yang kurang radikal dalam berinovasi.

    ReplyDelete
  7. pengalaman saya memegang hi-sporty terutama untuk mengatasi problem dikaki depan, biasanya saya saat mengganti bearing tersebut, saya mencarinya di toko khusus bearing dan selalu meminta kelas bearing yang heavy duty, biasanya toko - toko sperti itu mau membantu, dan juga cara mengemudi, sebisa mungkin jika saat manuver sulit (belok diparkiran dsb) jangan memutar penuh/ menekuk setir saat kendaraan diam. lakukan gerakan mengayun seperti truk - truk besar yg belum berpower steering, walaupun sedikit repot karena kaki juga berperan memainkan pedal kopling. trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju, ane pemakai katana juga seringkali menggunakan trik seperti itu maklum stir engga power steering tapi power extreme, rencananya kalo sang ratu rumh tangga setuju ane pakei panther sebagai kendaraan keluarga...doain yah moga2 dapet yang harganya pas dikantong...

      Delete
    2. Setuju gan .. ane 3 tahun pake Hi Sporty blom pernah ganti bearing.... karena sewaktu beli tuh phanter semua bearing langsung ane ganti pake bearing merk SKF kalo koyo,ntn dan lainnya kwalitas kalah jauh......

      Delete
  8. Ulasan yang lumayan lengkap dan cukup memuaskan. Mobil2 yg d ulas juga banyak. Senang rasanya nemu situs seperti ini.
    thx

    ReplyDelete
  9. pengalaman menggunakan panter kapsul Ls 2004. posisi duduk sangat pas, dan pengendalian cepat menyatu dngan body.

    ReplyDelete
  10. ane udah pegang panther hampir 10 th dan blm ada kpikiran mau ganti dgn merk yg lain,memang utk segi safety mobil panther msh sangat kurang klo bisa dipasang air bag dpn, rem ABS trs jg sabuk pengaman cuma ada di penumpang dpn saja baris ke 2dan ke 3 tanpa sabuk pengaman tp biar bagaimanapun jg panther tetap nyaman dan tangguh.

    ReplyDelete
  11. satu lagi kekurangan isuzu panther.. dashboard yg monoton terlalu sederhana kelihatanya..

    ReplyDelete
  12. thank infonya,iini sngt membantu sekali

    ReplyDelete
  13. dari situs ini memberi gambaran kepada saya bahwa isuzu pernah ngeluarin gasolin engin/ mesin bensin

    ReplyDelete
  14. dari keterangan di atas memberi saya gambaran bahwa isuzu pernah mengeluarkan gasolin engin/ mesin bensin

    ReplyDelete
  15. Agan pengelola situs>>> makasih banget infonya... sangat bermanfaat untuk saya yang awam ttg mesin.... Mohon info lanjutan.... dimana bisa dapat info comparative ttg mesin diesel direct injection model Panther dengan mesin diesel commonrail model innova n spin>>>>>.... Sekali lagi salut n makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo komparatife nyari-nyari sendiri mas,,,dibandingkan antar mobil..
      untuk mesin diesel commonrail biasanya ada pada mobil-mobil diesel baru yang harganya cukup mahal, karena common rail sendiri termasuk teknologi baru dalam mesin diesel dan harganya juga lebih mahal daripada diesel yang tidak memakai commonrail

      Delete
  16. Ane pake panther thn 95 tp gak tau varian apa.body pendek macam escudo bs tlg di bantu jawab?

    ReplyDelete
  17. Saya mau beli mesim phanter yg 2500 cc.berapa harganya yg baru

    ReplyDelete
  18. Saya mau tanya apa bisa kita beli mesim nya saja tanpa gear perseniling berapa harganya,mesim panter 2500 cc

    ReplyDelete
  19. Replies
    1. belum pernah denger beli mesinnya saja,,, :-) mungkin bawah saya ada yang pernah :-)

      Delete
  20. Gan, ane baru beli isuzu panther grand touring 2013. Tryta stir nya kog berat bgt yah. Gasnya jg berat. Smua itu sy bandingkan dgn pather LS yg sdh sy punya sebelumnya. Solarnya jg lebih boros gan. Gmna tuh? Mohon info. Tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. mesin baru ya masih berat bos, biasanya setelah setel servis pertama 5000 km ntar akan menjadi lkebih ringan karena setelan dikembalikan ke standartnya semua

      Delete
  21. Gan mau. Tanya apakah panther 2014 keluar yg matic? mohon infonya. Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Panther matic sudah keluar kalau gak salah panther facelift ,,, sudah bbrp tahun lalu http://www.mobilku.org/2011/11/panther-matic-baru-transmisi-automatic.html

      Delete
  22. saya pengguna Panter Grand Royal 2007, sampai saat ini masih saya pakai karena mobil ini TANGGUH, tp saya mau tanya gan....knapa isuzu tidak mengeluarkan model baru, mungkin dengan sebutan "All New Isuzu Panther" seperti merek mobil lainya seperti kijang innova

    ReplyDelete
  23. saya pengguna Panter Grand Royal 2007, sampai saat ini masih saya pakai karena mobil ini TANGGUH, tp saya mau tanya gan....knapa isuzu tidak mengeluarkan model baru, mungkin dengan sebutan "All New Isuzu Panther" seperti merek mobil lainya seperti kijang innova

    ReplyDelete
  24. saya pengguna Panter Grand Royal 2007, sampai saat ini masih saya pakai karena mobil ini TANGGUH, tp saya mau tanya gan....knapa isuzu tidak mengeluarkan model baru, mungkin dengan sebutan "All New Isuzu Panther" seperti merek mobil lainya seperti kijang innova

    ReplyDelete
  25. Mau tanya, kalo velg eks pajero sport bisa dipake di panther touring gak yach bos ???
    Makasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. velg standar pajero tu ring 17,mungkin bisa.

      Delete
  26. Mau nanya, kalo velg eks pajero sport bisa gak dipake di panther touring ???

    Makasih sebelumnya

    ReplyDelete
  27. Maaf sebelumnya permisi agan ,saya Noval dri Astra Isuzu fatmawati mau kasih info klo varian baru yg sudah lama jadi buah bibir untuk penggemar Isuzu mungkin sudah tidak asing terdengar di telinga yg sekaligus mengobati rasa rindu akan varian baru di kelas SUV high sekelas pajero,fortuner ,,,Isuzu MU-X 2500cc commonrail launcing di IIMS pd agustus dan september-oktober unit sdh bisa ontheroad untuk pempesan 300 unit pertama, untuk booking nya mnima 10jt ,jangan smpai ktinggalan booking skrg hub 0812 1072 2002, 0858 8099 0591 ,dan untuk info pricelist panther terbaru,D-MAX. 4x4,elf,bison,mikrobus ready stock,GiGa 4x2,6x4 bisa hubungi no d atas.trimakasih

    ReplyDelete
  28. serius nih...akan di launching bln agustus ini di indonesia??? brp cc? harga???

    ReplyDelete
    Replies
    1. apanya yg di launching bulan agustus mas? panther gtr? udah lama keluar

      Delete
  29. misi gan.... mau nanya ane mau beli mobil 2nd budget ane sekarang 120 juta. dengan budget segitu bisa dapet panther tipe apa yach???.... dan yang pasti cocok sama ane, umur ane 23 tahun sekarang
    mohon pencerahan agan2
    thanks sebelumnya.........

    ReplyDelete

Jangan ragu bertanya jika memiliki kesulitan,

Pendapat pembaca akan sangat dibutuhkan bagi pembaca lain, untuk menjawab solusi :-)

Kami berusaha memberikan data seakurat mungkin, kami juga sadar bahwa situs ini jauh dari sempurna, kritik dan saran untuk membantu sangat kami butuhkan... terima kasih :-)


Kunjungi kembali www.mobilKu.Org jika waktu anda senggang... :-)

Artikel boleh di copy siapapun dengan menyebutkan sumber artikel dari www.mobilku.org