kekurangan daihatsu ayla kelebihan harga dan spesifikasi

kelebihan daihatsu ayla
Daihatsu bersama toyota kembali mengeluarkan mobil kembar yakni daihatsu ayla dan toyota agya, keduanya diperkenalkan kemaren dalam internasional motor show indonesia 2012 di jakarta. Mengusung konsep mobil irit mereka keluar dalam tipe city car kembar, launching daihatsu ayla langsung mendapat respon luar biasa dari penggemar otomotif indonesia karena keluarnya mobil city car 75 juta ini tidak diduga sama sekali. City car termurah dengan harga 75 juta on the road ini mengusung mesin 1000cc 3 silinder dengan daya maksimum 65 hp pada putaran mesin 6000 rpm dengan torsi maksimum 8,7 Kgm pada 3600 Rpm, Daihatsu Ayla memiliki akselerasi 15 detik untuk mencapai kecepatan 100 km/jam dan konsumsi
bahan bakar 1:22 ini menjadi mobil teririt dalam ajang pameran otomotif indonesia 2012 ini.
eksterior ayla
Daihatsu Ayla sebagai city car modern memang telah mengadopsi teknologi terkini, dibuktikan dengan telah dibenamkannya transmisi automatic, power steering, power window, sistem pasokan bahan bakar EFI, velg alloy yang menjadikan mobil ini terkesan bukan mobil dibawah 100 juta. Desain eksterior agresif benar-benar membuat konsumen terkecoh sehingga menebak mobil ini sekelas dengan Honda Brio, Toyota Yaris dan Honda Jazz, siapa yang menyangka jika mobil ayla dijual hanya dengan harga 75 juta rupiah untuk versi terendahnya (Ayla D) dan 100 juta untuk versi tertinggi (Ayla X). Kini kesuksesan xenia avanza sebagai mobil MPV kembar sejuta umat akan disusul pula oleh kesuksesan Ayla-Agya sebagai city car kembar.
spesifikasi daihatsu ayla
Dimensi Eksterior mobil ayla ini tidak cukup panjang (relatif kecil) hanya memiliki panjang 3,58 m dengan radius putar 4,4 m, meskipun kecil akan tetapi mobil ayla ini memiliki kapasitas penumpang maksimal 5 orang meskipun daya muat penumpang optimal daihatsu ayla adalah 4 orang. Daihatsu ayla tersedia dalam 3 varian yakni Daihatsu Ayla D, daihatsu Ayla M dan Daihatsu Ayla X dengan varian terendah diduduki oleh Ayla tipe D, varian medium ditempati oleh Ayla tipe M dan versi termewah dimiliki oleh Ayla tipe X. Ke 3 varian ayla ini memiliki mesin yang sama yakni menggunakan mesin 1 KR-DE menggunakan 3 silinder dengan kapasitas silinder 1000 cc, sementara perbedaan antar tipe ayla lebih pada adanya fitur yang dibawa antara lain fitur airbag, audio, velg, transmisi, AC, power window dan power steering.
interior daihatsu aylaFitur Ayla X terlengkap dibandingkan varian D dan M, yang mana fitur Ayla X antara lain disertai fitur airbags, power window, AC, velg alloy, sistem kemudi power steering, sistem audio support usb, transmisi Automatic/ otomatis. Fitur ini tidak dimiliki oleh Ayla D dimana Ayla D tidak memiliki fitur Velg alloy, power window dan airbags. Sementara Ayla D hanya tersedia dalam transmisi manual 5 kecepatan, Ayla tipe D bahkan tidak memiliki sistem Audio, tidak memiliki AC, tidak menggunakan velg alloy, tidak memiliki airbags, dan sistem kemudi tidak memakai power steering atau bisa dibilang mobil ini adalah mobil masih kosong :), akan tetapi untuk perjalanan juga sudah bisa :)
Spesifikasi Daihatsu Ayla adalah:
* Tipe Mesin = 1 KR-DE, 3 silinder
* Kapasitas mesin (cc) = 1000
* Daya maksimum = 65 ps pada putaran mesin 6000 rpm
* Torsi maksimum = 8,7 kgm pada 3600 rpm
* Berat kosong mobil (kg) = 745
* Panjang x Lebar x Tinggi (mm) = 3580 x 1600 x 1530
* Daya muat penumpang = 5 (maks), 4 (optimal)
daihatsu ayla eksterior
* Sistem transmisi = manual 5 kecepatan dan automatic 5 kecepatan
* Akselerasi = 14,7 detik mencapai kecepatan 100 km/ jam
* Velg = alloy/ racing (tipe X), dan kaleng (tipe D dan M)
* Sistem Audio = radio FM/ AM, CD, MP3 (support USB dan head unit)
* Rem = cakram berventilasi (depan), tromol (belakang)
* Konsumsi bahan bakar = 1 Liter Bensin untuk 22 Kilometer
* Sistem pasokan bahan bakar = EFI / fuel injection
mesin ayla 1000cc

Kelebihan Daihatsu Ayla adalah:
* Harga murah
* Irit bahan bakar, terutama jika dipakai pada kecepatan rendah dibawah 50 km/ jam
* Spare part banyak tersedia di dealer-dealer daihatsu yang ada pada tiap kota
* Mesin mobil di depan (aman bagi pengemudi, dapat mengurangi resiko benturan)
bagasi ayla

Kelemahan / kekurangan Dahatsu Ayla antara lain:
* Tenaga atau daya maksimum yang kecil hanya 65 ps, ini berbeda dengan honda jazz yang memiliki tenaga 120 ps (hampir separo honda jazz), masalah tenaga dipastikan sangat minim
* Akselerasi lambat (tarikan kurang kencang), untuk mencapai kecepatan 100 km/jam dibutuhkan waktu hampir 15 detik, akselerasi hampir 15 detik ini tergolong kurang untuk mobil city car.
* Mobil terlalu ringan, hal ini akan terasa saat mobil dikebut pada jalan bebas hambatan. Saat berpapasan dengan mobil besar seperti bus dimungkinkan mobil ini juga tidak sestabil city car lain (limbung). Pada kecepatan tinggi juga harus melihat apakah jalan benar-baner rata atau sedikit bergelombang karena sedikit saja jalan bergelombang akan sangat mempengaruhi (limbung)pada mobil dengan kecepatan tinggi apa lagi tidak didukung dengan kaki-kaki yang bagus dan berat yang memadai.
* Fitur-fitur Daihatsu Ayla memang tidak selengkap city car kebanyakan, seperti AC tidak terdapat pada varian terndah, Airbags optional, fitur audio juga seadanya
* Mobil ini juga perlu dipertanyakan kemampuannya dalam menempuh perjalanan luar kota atau digunakan pada tanjakan seperti ke puncak.
Harga Daihatsu Ayla dapat dilihat pada artikel sebelumnya
fitur daihatsu ayla

Update bulan September 2013, Daihatsu Ayla dan Toyota Agya telah keluar. Khusus untuk daihatsu Ayla ada 4 varian yang dikeluarkan yakni varian D, varian D+, varian M dan Ayla tipe X yang mana untuk versi Ayla termurah adalah pada tipe D yang dijual 76 Juta Rupiah dan termahal adalah tipe X yakni 106 juta rupiah. Berikut harga daihatsu Ayla Update bulan September 2013:
* Daihatsu Ayla tipe D : Harga Rp. 76 Juta Rupiah
* Daihatsu Ayla tipe D+ : Harga Rp. 85,4 Juta Rupiah
* Ayla tipe M MT : Harga 90,4 juta
* Ayla tipe M AT atau Matic : harga 99,4 juta rupiah
* Daihatsu Ayla X MT (Manual) : 97,4 juta
* Daihatsu Ayla X AT (transmisi matic) : 106,4 juta
Untuk Ayla termurah (tipe D) tidak dilengkapi dengan AC, akan tetapi untuk D+ sudah menggunakan AC dan sistem audio (bisa dengerin musik nih, gak panas pula). Yang tidak disangka Daihatsu Ayla juga mengeluarkan versi Ayla matic (menggunakan transmisi otomatis).
Bagi penggemar mobil murah, jangan senang dulu. mari kita lihat bahwa ternyata mobil murah harus menggunakan bahan bakar tertentu. lihat di post berikut ini