tips membeli mobil

www.mobilku.org - Jika kita akan membeli mobil baik itu mobil baru maupun yang sudah second/ bekas tentunya banyak hal kita pertimbangkan, dibawah ini adalah beberapa tips membeli mobil agar kita tidak salah dalam membeli mobil.
* Hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan tujuan untuk apakita membeli mobil, misalnya untuk bekerja, angkut barang, untuk usaha travel, citra diri, dll. Setelah menentukan tujuan yang tepat, cari informasi sedetail-detailnya tentang mobil
yang diinginkan lewat internet maupun orang yang berpengalaman sebelum membeli, lihat spesifikasi kebutuhan mobil dan pabrikan yang menyediakan, cari data keluhan dan kepuasan orang-orang mengenai mobil jenis tertentu
* Sempatkan secara langsung ke dealer untuk melihat dan bertanya tentang spesifikasi, harga, cara pembayaran, dan mencoba mengendarai (test drive). untuk test drive biasanya dealer menyediakan mobil khusus yang menjadi fasilitas dealer tersebut.
* Tentukan produk yang memenuhi kriteria anda, pilih produk yang memiliki banyak kelebihan, misalnya irit bahan bakar, model lebih baru, harga lebih murah, mesin lebih tangguh, suku cadang yang mudah di dapat dan murah, garansi yang cukup, dan lain sebagainya.
* total biaya, misalkan anda membeli mobil bekas atau baru. selain harga yang murah pertimbangkan juga biaya-biaya lain misalnya biaya sertifikat, pajak tahunan, servis (terutama bila mobil bekas), ongkos kirim (jika diluar pulau), dan lain sebagainya. hitung dengan rinci dan temukan biaya yang sebenarnya.
* pikirkan harga jual kembali yang tinggi, pertimbangkan mobil dengan harga jual kembali tinggi. harga jual kembali yang tinggi biasanya ditentukan oleh merk dan kondisi mobil. pilihlah mobil yang populer, karena itu masih memiliki harga jual kembali yang tinggi. biasanya mobil seperti kijang-avanza-jazz buatan jepang kecuali daihatsu masih memiliki harga second yang tinggi dibandingkan produk eropa seperti mercedes, peugeot dan bmw.
6. lakukan test drive sekali lagi untuk memastikan tidak ada kesalahan dalam memilih, terutama mobil second.
7. tanyakan adanya discount/ promosi/ garansi/fasilitas/asuransi dll
8. lakukan penawaran, disini berlaku prinsip pembeli adalah raja. jadi anda bebas menawar, tawarlah dengan ramah dan jangan sombong, situasi ini akan membuat penjual lebih segan dan menghormati/menghargai kita.
9. bandingkan dengan penjual lain atau dealer lain jika mobil baru, biasanya dealer mengambil keuntungan 20 % dari harga mobil, usahkanlah agar mobil turun harga minimal 10 % agar kita bisa menghemat untuk kebutuhan mobil selanjutnya, seperti perawatan dan pembelian asesoris. biasanya dealer mau menurunkan harga sampai 10 %.
hal di atas adalah sedikit tips membeli mobil yang saya terapkan selama ini, semoga bermanfaat...amiiin
Berikut ini beberapa Harga Pasaran Mobil Bekas :
* Harga Bekas Suzuki Carry (lihat disini)
* Harga Daihatsu Espass Bekas
* Harga Mobil Kijang Bekas
* Harga Suzuki Escudo Bekas
* Harga Panther Bekas
* Harga Avanza Baru
* Harga Suzuki Ertiga Baru

Lain-lain silahkan cari di www.mobilku.org

Tips Otomotif

1 comment:

  1. muantap jaya pokoknya gann,,,sippp jng ketipu makelar ya gan kita2 hehehe :)

    ReplyDelete

Artikel boleh di copy siapapun dengan menyebutkan sumber artikel dari www.mobilku.org