Skip to main content

Anda pasti pernah bermasalah dengan ban motor yang tiba-tiba saja kempes dan pastinya para pemilik motor lainnya juga pernah mengalaminya. Keadaan ini tentu saja bisa jadi sangat menganggu saat sedang berkendara, belum lagi bila dalam kondisi terburu-buru karena ada urusan.

Penyebab ban menjadi mudah kempes

Sebenarnya untuk ban motor yang kempes dapat diminimalisir bila anda dapat mengetahui apa yang menjadi penyebabnya. Berikut di bawah ini adalah beberapa yang biasanya menjadi penyebab kempesnya ban motor anda :

Ban tipis

Cek ban motor anda, apakah masih layak digunakan atau sudah hampir gundul (tipis). Bila sudah dalam kondisi seperti itu sebaiknya memang tidak lagi digunakan, karena selain membuat ban mudah bocor tentunya akan membahayakan pengendaranya.

Ban dalam keadaan kurang angin tidak cepat dipompa

Hal yang satu ini sering kali diabaikan oleh para pemilik motor, karena mereka menganggap selama motornya masih bisa melaju berarti masih aman. Padahal bila ban dalam keadaan kurang angin dan tidak segera diisi, maka akan semakin habis. Bahkan bisa saja menjadi robek karena terlalu lama bergesekan dengan velg.

Terdapat sesuatu yang mengganjal di bagian frame velg dan ban

Ketika Anda sering melewati jalanan berlumpur akan membuat motor sering terkena butiran pasir serta kerikil kecil yang masuk melewati sela-sela di antara ban dan velg. Kedua material itulah yang terkadang menumpuk atau mengendap di bagian velg dan mengakibatkan angin pada ban keluar perlahan.

Pentil kendor dan tidak adanya penutup

Siapa sangka tidak adanya penutup pentil juga memberikan pengaruh pada ban motor, karena memang penutup tersebut bisa menahan keluarnya angin dari dalam ban. Jadi, pastikan bila pentil motor dalam keadaan baik serta memiliki penutup, bila tidak ada Anda sebaiknya membeli di bengkel.

Tips agar ban tidak mudah mengalami kebocoran

Untuk meminimalisir dan mengatasi terjadinya kebocoran pada ban motor Anda, berikut adalah beberapa tips supaya ban motor Anda tidak gampang bocor atau kempes :

Rutinlah memeriksa tekanan angin pada ban

Setiap kali akan pergi keluar menggunakan motor, sebaiknya selalu rutin untuk mengecek tekanan ban motor Anda. Bila merasa tekanan bannya kurang, segera pompa hingga mencapai tekanan yang seharusnya.

Karena bila ban motor dalam keadaan kempes dan Anda memaksa untuk mengendarainya, akibatnya ban motor bisa terlipat dan menimbulkan garis yang semakin lama akan membuat ban menjadi bocor.

Sesuaikan ukuran ban dalam dan luar

Pada umumnya motor yang dibeli dari dealer resminya akan memiliki ukuran yang standar dan seharusnya tidak boleh Anda rubah karena susah seharusnya seperti itu. Namun, ketika ban dalamnya rusak artinya Anda harus menggantinya dengan ukuran yang sama dengan aslinya.

Jangan pernah memasang ban dalam atau luar dengan ukuran yang tidak cocok, karena hal tersebut bisa membuat ban dalam mudah bocor serta berbahaya bagi Anda ketika mengendarainya.

Segera ganti ban dalam, bila sudah sering ditambal

Apabila ban sudah sering ditambal, sebaiknya Anda menggantinya karena tentu saja hal tersebut membuat laju motor jadi tidak nyaman khususnya ketika dikendarai dalam waktu lama dan jaraknya jauh.

Ganti segera ban luar yang gundul

Tentunya ban motor akan menjadi gundul seiring berjalannya waktu, apalagi bila motor tersebut adalah kendaraan satu-satunya yang selalu menemani kemanapun Anda pergi. Hal ini tentunya akan membuat ban menjadi cepat gundul. Ketika Anda menemukan ban mulai gundul, sebaiknya Anda segera menggantinya karena bila tidak dilakukan akan berakibat fatal.

Demikianlah informasi tentang alasan atau penyebab ban motor menjadi mudah kempes atau bocor, beserta tips untuk mencegah masalah tersebut terjadi.  

Leave a Reply