Skip to main content

Pastinya diantara Anda pernah atau bahkan sudah tahu perihal mobil berbahan bakar gas dan listrik yang saat ini sedang menjadi sorotan. Karena dianggap memiliki keunggulan masing-masing, namun sebenarnya mana diantara kedua jenis kendaraan tersebut yang lebih baik?

Silahkan simak ulasan mengenai keunggulan dan kekurangannya di bawah ini :

Keunggulan dan kekurangan dari mobil listrik

  1. Diklaim sebagai mobil yang ramah lingkungan. Disebabkan karena memiliki mekanisme laju yang diproses dengan memanfaatkan daya listrik yang mana hal tersebut membuat mobil tidak mengeluarkan emisi berupa CO₂ dan CO.
  2. Kabin mobil menjadi lebih tenang, tentunya banyak orang yang menyukai hal ini. Sebab akan memberikan kenyamanan ketika sedang berkendara.
  3. Mobil ini diklaim jauh lebih hemat dalam hal perawatan. Karena Anda tidak perlu mengganti oli, air radiator, biso dan segala hal yang biasa dilakukan pada mobil pada umumnya.
  4. Mobil listrisk bisa menempuh jarak yang cukup panjang bila di cas full. Bahkan dapat mencapai ratusan kilo dalam sekali pengecasan.
  5. Sayangnya selain keunggulan-keunggulan yang telah disebutkan diatas, tentunya akan ada kekurangannya. Seperti jarak tempuh dari mobil ini hanya 120 kilometer dan itu merupakan jarak terjauh.
  6. Mobil listrik ini juga tidak bisa dikendarai untuk waktu yang lama, disebabkan oleh kapasitas baterai terbatas dan harus diisi kembali sebelum kehabisan daya. Dimana tidak semua tempat menyediakan fasilitas untuk mengecas mobil listrik.
  7. Meskipun torsi dari mobil listrik memang melimpah, sangat disayangkan untuk masalah kecepatan masih terbatas. Disebabkan oleh mesin mobil yang tidak dapat dioprek. Karena bila sampai salah oprek, bisa-bisa mesin mobil Anda konslet.

Keunggulan dan kekurangan yang dimiliki oleh mobil listrik

  1. Keunggulan pertama dari mobil dengan BBG mempunyai hasil dari pembakaran yang terbilang lebih bersih bila dibandingkan dengan penggunaan bensin. Mengapa? Karena rantai karbon pada BBG jauh lebih pendek apabila dibandingkan dengan BBM. 
  2. Bila dilihat dari segi ekonomis, harga jual dari BBG per satu liter setara dengan harga premium yang nominalnya dibawah BBM. Kondisi sendiri bahkan berada dilevel terendah pada satu abad terakhir. Bahan bakar yang dipilih adalah gas methana dan tentunya sangat ramah lingkungan.
  3. Untuk masyarakat pada umumnya, masih belum terlalu memahami tentang BBG yang ditampung dan dikompresi pada tabung yang bertekanan tinggi dapat menjadi bahan bakar alternatif yang aman dan baik bagi kendaraan dan juga penggunanya.
  4. Diantara sekian banyak keuntungan, tentunya tetap ada kekurangan dari BBG ini yaitu kalori yang muncul tidak setinggi BBM atau fosil. Sehingga akibatnya, tenaga pada mesin mobil berbahan bakar gas ini masih berada dibawah mobil  dengan BBM.
  5. Jarak tempuh dari mobil ini juga bisa selama mobil biasa, karena hanya bisa mencapai 330 km. Tentunya cukup merepotkan ketika Anda kehabisan bahan bakar ditengah jalan.

Demikianlah tadi, mengenai keunggulan dan kekurangan dari mobil listrik dan mobil BBG. Dari kedua jenis mobil tersebut produksinya masih terbatas di Indonesia. Selain itu bagi Anda yang memang tertarik dengan salah satu mobil tersebut, Anda harus menyiapkan dana yang cukup besar.

Karena mobil dengan bahan bakar gas juga listrik, harganya masih cukup tinggi bila dibandingkan dengan mobil konvensional yang sering digunakan masyarakat pada umumnya. Selain itu, kedua mobil ini juga membutuhkan perawatan yang tentunya berbeda dengan mobil biasa.

Leave a Reply