Persneling Gigi Transmisi Menyetir L300

Mitsubishi Colt L300 adalah mobil niaga atau pickup berukuran sedang yang menggunakan mesin diesel berkapasitas 2500 cc, mobil pickup ini memang menjadi primadona bagi dunia usaha karena ketangguhan mesinnya dan daya muat kargonya yang cukup banyak.
Banyak toko bangunan, pengusaha sayur, petani, peternak, petani ikan, pedagang buah sampai pemilik rental muatan barang memakai mobil L300 untuk angkutan/ operasionalnya sehari-hari. Pernah saat jaman dulu admin mobilku.org pergi ke bromo dengan jalan masih rusak dan tanjakan hebat, melihat mobil L300 memuat pupuk memenuhi bak pickup dan melewati jalanan tanjakan ekstrim dengan sangat mudah, wah padahal mobil biasa tentu sudah mundur saat melewati tanjakan bromo saat masih rusak dulu. Tapi ketangguhan L300 benar-benar tak diragukan.
baca: perbandingan kekuatan mobil pickup di Indonesia
Belajar Menyetir L300
Menyetir atau mengemudi L300 tidaklah mudah seperti kendaraan lain, mobil ini termasuk unik karena persneling L300 tidak berada di antara kursi pengemudi dan kursi penumpang depan tetapi ada di setir mobil, wahh bingung kan?
Itulah mengapa banyak orang sehingga yang belum pernah mengemudi mobil ini tentunya takut tidak bisa memakainya! padahal sebenarnya tidak sulit-sulit amat karena prinsipnya memindahkan gigi L300 ini sama dengan mobil lain, hanya perlu memahami beberapa hal yakni:
* Posisi Persneling atau tuas transmisi L300
* Gigi yang dipakai L300
* Pedal gas, rem dan kopling mobil L300
* Handrem/ rem parkir L300
Selebihnya caranya sama dengan mobil-mobil lain, misalnya setelah masuk gigi 1 maka lepaskan handrem dan injak pedal gas pelan-pelan sambil melepas injakan pada pedal kopling
Posisi Gigi dan Tuas Transmisi L300
seperti yang sudah diketahui bahwa posisi tuas transmisi berada dibawah lingkar kemudi, sedangkan untuk mengoperasionalkannya pecinta otomotif tinggal menginjak pedal kopling dan memindahkan tuas transmisi ke gigi yang ditentukan lalu jika tuas transmisi sudah berpindah dan kita ingin menjalankan mobil maka lepas pelan-pelan pedal kopling sambil menginjak pedal gas pelan pelan.
Jika pecinta otomotif masih bingung dimana posisi gigi, untuk lebih jelasnya bisa melihat pada gambar ke 2 dan gambar ke 3 artikel ini.
Gigi 1 tuas transmisi ditempatkan di paling atas depan
Gigi 2 tuas transmisi berada pada paling atas belakang
Gigi Netral (N) tuas transmisi ada di tengah-tengah persis
Gigi 3 tuas transmisi ada di tengah depan
Gigi 4 Tuas transmisi ada di tengah belakang
Gigi 5 tuas transmisi ada pada paling bawah depan
Gigi R mundur tuas transmisi ditempatkan di paling bawah belakang
Nah cara memindah tuas transmisi/ persneling L300 jangan lupa injak dulu pedal kopling dengan kaki kiri sampai mentok lalu pindahkan gigi L300
Jika masih bingung bisa melihat pada gambar 3 tentang posisi tuas transmisi dan gigi L300
Untuk handrem atau rem tangan L300 juga berbeda dengan mobil-mobil jaman sekarang, prinsipnya sama-sama ditarik untuk mengaktifkan hand rem tetapi posisi hand rem L300 ada di depan yakni dibawah tuas transmisi atau jika memakai patokan mobil umum adalah didepan hand rem mobil pada umumnya, hand rem/ rem tangan/ rem parkir L300 ini menempel pada sekitaran dashboard dan untuk menandainya gampang karena tuasnya seperti berbentuk huruf T tetapi pendek sebelah.
Untuk lebih jelasnya bisa melihat pada gambar 2 yang dilingkari kuning dengan keterangan rem tangan, jadi jangan bingung mencari rem tangan ya bro, untuk mengaktifkannya tarik aja rem tangan tersebut.
Jika menyimak gambar mudah bukan?
baca: Cara merawat mobil bermesin Diesel
Mungkin pecinta mobilku.org masih bingung tentang bagian bawah mobil ini yakni pedal gas, pedal rem dan pedal kopling, gambar ke 4 atau paling bawah adalah gambar pedal gas, rem dan kopling Mitsubishi Colt L300
Spesifikasi L300
Mobil Mitsubishi Colt L300 ini mulai dikeluarkan tahun 1984 dengan mesin diesel berkapasitas 2300 cc, lalu pada tahun 1988 mesin tersebut diperbesar menjadi 2500 cc dan bertahan sampai sekarang, sekarang Tahun 2019 mesin yang dipakai masih sama seperti Tahun 1988 tetapi peminat mobil ini tak pernah surut karena masih memiliki keunggulan, meskipun secara kenyamanan mobil ini mungkin tidak senyaman mobil pickup baru yang kelasnya diatasnya (harganya).
Colt L300 memakai mesin diesel 4 silinder, memakai bahan bakar solar, mobil ini mampu menghasilkan tenaga sampai 74 daya kuda/ 4200 Rpm dan menghasilkan torsi 13,6 Kgm pada putaran mesin 2500 Rpm.
baca: Perbandingan/ komparasi tenaga 3 mobil pickup yang ada di Indonesia
Spek Mitsubishi L300 Pickup Diesel:
Tipe Mesin: Diesel
Bahan Bakar: Solar
Kapasitas: 2477 cc
Jumlah silinder: 4 (segaris)
Tenaga: 74 Hp @ 4200 Rpm
Torsi: 13,6 Kgm @ 2500 Rpm
Sistem Pasokan bahan bakar: multi point injection
Sistem Transmisi: manual 5 percepatan
Panjang mobil: 4170 mm
Lebar mobil: 1700 mm
Tinggi mobil: 1845 mm
Ukuran kargo: 3880 meter persegi
Ground clearance: 200 mm
Wheelbase: 2200 mm
Berat kosong: 1165 Kg
Berat maksimum mobil + muatan: 2540 Kg
Daya muat maksimum: 1375 Kg
Kapasitas penumpang: 3 orang
Radius putar: 4,4 meter
Nah bagaimana bro setelah mengetahui bagian dalaman L300 dan bagian-bagiannya terutama berkenaan dengan cara mengemudinya, (stir, gas, rem, kopling, rem tangan, persneling/ transmisi, gigi, dll), sekarang pecinta otomotif tinggal mencoba bagaimana mengemudi/ menyetir mobil L300

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini