Melihat Sirkuit MotoGP Mandalika Lombok NTB Indonesia

Indonesia bakal menjadi tuan rumah MotoGP 2021 oleh karena itu pemerintah melalui PT. Pengembangan Pariwisata Indonesia bekerjasama dengan Asian Infrastructure Investment Bank (AIIB), Vinci Construction Grands Projects dan Dona Sport untuk membangun sirkuit motoGP di kawasan Mandalika Lombok NTB yang bakal jadi pergelaran motoGP 2021. Ini artinya Indonesia bakal punya sirkuit balap motor berkelas dunia.
Lokasinya sendiri sengaja dipilih di Pulau Lombok pada lahan seluas 105,4 Hektar di kawasan ekonomi khusus yang menyajikan pariwisata nan super indah bahkan situs resmi motoGP pun menyatakan jika gelaran balapan motor paling bergengsi tersebut akan dilaksanakan di pulau nan indah.
Pihak Dona Sports sebagai pemilik motoGP sudah melakukan penandatanganan kontrak dengan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) atau PT. Pengembangan Pariwisata Indonesia, hal ini diungkapkan oleh Abdulbar M. Mansoer selaku Direktur ITDC. Menurut Abdulbar jika pemilihan Indonesia sebagai tempat gelaran motoGP 2021 ini mengalahkan berbagai negara seperti brazil dan lain sebagainya, sementara pemilihan lokasi di Mandalika Lombok sendiri mengalahkan sirkuit sentul serta sirkuit jakabaring.

Untuk pendanaan Abdulbar mengatakan pihaknya memperoleh dana dari Asian Infrastructure Investment Bank (AIIB), sementara perusahaan konstruksi yang akan membangun berasal dari perancis yakni Vinci Construction Grands Projects. Perkiraan dana yang dihabiskan untuk membangun sirkuit dan fasilitas penunjang adalah 3,6 Triliun sampai tahun 2021, sementara pembangunan akan dilanjutkan sampai 7 tahun dan menelan biaya total adalah 4,5 Triliun. Nah penasaran bagaimana rencana sirkuit motoGP Mandalika? silahkan lihat pada gambar-gambar yang telah admin mobilku.org sajikan.
Pihak motogp sendiri sudah memamerkan melalui akun instagramnya terkait lokasinya dan rencana sirkuitnya yang bisa kita lihat pada beberapa foto di artikel ini, pihak investor tak hanya membangun sirkuit tetapi juga membangun sarana dan prasarana penunjang termasuk jalan akses ke bandara, hotel, masjid, pantai, hotel, rumah sakit khusus, convention center, dll.
Sementara pemerintah juga sangat mendukung pelaksanaan motoGP lombok yang diperkirakan bisa meningkatkan pariwisata di lombok, diperkirakan saat pergelaran motoGP Lombok akan kedatangan tambahan wisatawan sebanyak 100 ribu hingga 150 ribu orang per hari, sementara sirkuit motoGP mandalika sendiri dikatakan bisa menampung sampai 150 ribu orang penonton. wah cukup banyak ya sobat, maklum saja luar sirkuit ini 105 hektar dengan panjang lintasan 4,3 Km dengan 18 tikungan.
Sirkuit motoGP di mandalika Lombok Indonesia ini rencananya mulai dibangun Bulan September 2019 dan akan selesai pada tahun 2021, artinya ada waktu 2 Tahun untuk menyelesaikannya, sementara itu antusias warganet begitu tinggi ketika pihak MotoGP menyatakan bahwa gelaran motoGP 2021 bakal digelar di tempat yang indah, tak sedikit warganet yang mendoakan agar pembangunan sirkuit berlangsung cepat sesuai dengan yang direncanakan.

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini