5 Jenis Aki Mobil: Aki Basah, Aki Kering, Aki Kalsium, Aki Hybrid dan Aki Gel

Mobil membutuhkan listrik untuk mengaktifkannya dan menjalankan komponen-komponen elektriknya seperti lampu utama, lampu sein, starter mobil, wiper, washer, power window, electric spion, lampu hazard, sistem entertainment, charger HP dan lain sebagainya.
Tanpa listrik tentunya mobil kita tidak akan bisa jalan, nah sumber listrik pada mobil adalah aki, maka pecinta mobilku.org harus memastikan aki dalam kondisi baik (normal) saat memakai mobil jika tidak mau mogok di tengah perjalanan karena aki tiba-tiba habis.
Sahabat mobilku.org perlu mengetahui bagaimana cara merawat aki mobil, dan kasus ketika salah satu teman admin mobilku.org kehabisan aki di tengah hutan yang sangat jauh dari pemukiman sehingga sulit memperbaiki aki kecuali dengan membeli aki di toko dan membawanya ke pedalaman lalu memasang ke mobilnya.
Aki mobil sebenarnya memiliki banyak jenis, yang biasa dipakai di Indonesia adalah jenis aki basah yang memakai cairan elektrolit, aki ini sudah dikenal luas dan harganya pun terbilang murah. Banyak pemilik mobil termasuk admin mobilku.org sendiri memakai aki jenis ini karena banyak tersedia di toko-toko spare part mobil dan harganya murah, sekitar 500 ribuan. Tetapi tahukah sahabat mobilku.org jika ternyata aki mobil ada 5 jenis? berikut adalah jenis-jenis aki mobil:
Aki Basah
Aki basah ini merupakan jenis aki yang paling populer/ paling banyak dipakai masyarakat indonesia. Aki basah juga menjadi standar kendaraan di Indonesia, artinya saat membeli mobil baru atau motor baru maka dari pabrikan dibekali dengan aki basah, aki basah ini ditandai dengan adanya cairan di dalam aki (cairan elektrolit atau cairan air aki atau cairan asam sulfat atau H2SO4).
Kelebihan aki basah:
- Harganya paling murah dibanding jenis aki lain
- Banyak tersedia di pasaran (banyak di toko-toko)
- Jika dirawat dengan baik dia bisa bertahan sampai diatas 4 tahun, milik admin mobilku.org sudah 6 tahun juga belum ganti
- Banyak bengkel bisa memperbaikinya jika rusak dan masih bisa diperbaiki (melakukan perbaikan aki basah ini)
Tips: Cara jumper aki mobil
Kelemahan aki basah:
- Cairan aki seringkali menguap, oleh karena itu pemilik mobil sebaiknya memeriksa volume air aki ini setiap sebulan sekali atau 2 bulan sekali, jika volume air aki di dalam mobil berkurang bisa menambahnya dengan air mineral juga bisa
- Sahabat mobilku.org juga perlu memperhatikan dengan detail saat menutup penutup cairan aki, harus ditutup rapat karena jika tidak maka air aki bisa tumpah dan berbahaya pada logam/ cat mobil (selain itu juga beresiko menguap jika tutup tidak rapat).
- Pembaca sekalian juga harus lebih hati-hati dengan mengikat rapat aki pada dudukannya agar tidak bergoyang-goyang yang menyebabkan tumpahnya air aki
Harga aki basah mobil ini mulai 500 ribuan sampai 1,5 juta
Aki Hybrid
Aki hybrid adalah perpaduan antara aki basah dengan aki kalsium, yang membedakan adalah pada kutub-kutubnya sudah memakai kalsium, aki ini memiliki performa yang lebih baik dibanding aki basah.
Penguapannya juga lebih kecil dibanding aki basah sehingga penambahan airnya bisa lebih lama 4x dari aki basah, misalnya aki basah berkurang airnya tiap 1 bulan maka aki hybrid bisa 4 bulan sekali.
Harga Aki Hybrid ini sekitar 800 ribuan ke atas sampai 2 juta
Awas pasang kabel aki kurang rapat, mobil bisa terbakar
Aki kering
Aki kering ini bukan berarti di dalamnya tidak ada cairan elektrolit/ air aki, tetap ada air aki tetapi mengandung timah kalsium. Timah kalsium ini lebih hemat terhadap penguapan air aki, aki kering ini juga tidak membutuhkan untuk diisi ulang air aki, banyak orang mengatakan aki kering adalah aki Aki MF (maintenance Free) atau bebas perawatan karena tidak membutuhkan memeriksa volume air aki secara rutin dan tidak perlu mengisi ulang air aki.
Pada aki kering, air aki disegel dengan sangat rapat sehingga sangat sulit menguap dan tentunya tidak bisa tumpah kecuali aki pecah.
Jenis aki kering ini masih sedikit dipakai oleh pemilik mobil karena harganya yang relatif lebih mahal dibandingkan aki yang biasa dipakai (aki basah), yang menjual aki kering ini sebenarnya sudah banyak tersedia di toko-toko khusus aki tetapi di bengkel-bengkel atau penjual spare part umum masih sedikit.
Kelebihan aki kering:
- Praktis dan cocok bagi sahabat mobilku.org yang tidak ingin ribet merawat aki
Kekurangan aki kering:
- Harganya lebih mahal
- Jika performa aki sudah menurun (misalnya ada yang menguap air dalam aki kering) biasanya harus dilakukan penggantian, berbeda dengan aki basah yang masih bisa ditambahkan airnya dan jika rusak masih banyak yang bisa memperbaikinya
Harga aki kering ini berkisar 1 juta keatas sampai 3 jutaan
Baca artikel: Aki basah Vs Aki kering, Pilih mana ?
Aki Kalsium
Aki kalsium adalah aki dengan tingkat penguapan yang rendah seperti aki kering, kutub-kutub aki kalsium terbuat dari material kalsium.
Kelebihan aki kalsium adalah:
1. Memiliki performance yang lebih baik daripada jenis aki basah dan aki hybrid
2. Daya tahan cukup lama
3. Tingkat discharge/ kebocoran listrik aki paling kecil daripada aki lain, sekitar 0,1 % sampai 0,2% setiap hari
Aki kalsium ini juga dikatakan unggul dalam hal menyimpan listrik sehingga cocok dipakai untuk mobil-mobil modern sekarang ini yang banyak menggunakan piranti elektronik seperti power window, spin elektrik, dan lain sebagainya.
Beberapa waktu lalu GS Astra sudah memperkenalkan aki ini untuk konsumen mobil modern, harganya sekitar 1,5 juta rupiah ke atas sampai 3 jutaan
Aki kalsium ini sebenarnya juga masuk dalam kategori aki MF atau Maintenance Free seperti aki kering
Awas salah pasang kabel kutub aki, mobil bisa terbakar
Aki Gel
Aki gel merupakan aki yang menggunakan teknologi terbaru menggunakan bahan kalsium yang disekat oleh gel, dia tidak menggunakan cairan elektrolit tetapi menggunakan gel sebagai pengganti air akinya dan ditutup rapat sehingga tidak perlu khawatir mengenai masalah penguapan air.
Aki jenis gel ini termasuk dalam aki MF atau bebas perawatan yang mana usianya pakainya bisa 2 kali aki basah, harganyapun juga paling mahal dibandingkan aki jenis yang lain termasuk aki kering, aki gel mobil paling murah sekitar 2 jutaan sampai 4 jutaan.
Keunggulan aki gel dibandingkan aki kering adalah aki gel ini bisa dipasang miring, sedangkan usia pakainya juga lebih panjang.
Artikel terbaru: Tanda-tanda aki mobil sudah mulai lemah

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini