Spesifikasi Taft: Kebo, GT, Independent, Rocky

Daihatsu Taft adalah mobil JIP atau SUV tangguh bermesin diesel yang keluar dari tahun 1974 sampai 2008, mobil yang dibekali sistem penggerak 4x4 ini sampai sekarang masih sangat banyak peminatnya. Selain karena ketangguhan mesinnya, Taft juga memiliki konsumsi BBM yang sangat irit dan enaknya lagi berkat mesinnya yang masih memakai Diesel konvensional maka dia bisa meminum solar berkualitas paling jelek sekalipun, yang harganya murah ☺
Pemilik mobil taft ini biasanya memang penghobi mobil, suka aktifitas adventure dan offroader. Dan keperluanya memang lebih banyak dibawa ke medan-medan yang cukup berat yang mobil lain jarang bisa melaluinya.
Taft Generasi 1 Taft Kancil
Di Indonesia Daihatsu Taft pertama kali muncul tahun 1974 dengan sebutan Taft Kancil atau F20, pada generasi pertama Daihatsu Taft ini masih memakai mesin bensin berkode 12R, berkapasitas 1600 cc (1587 cc) Taft Kancil memiliki tenaga 66,5 Ps atau sekitar 65 Hp dengan torsi 111 Nm. Taft Kancil belum setenar Taft Kebo yang mulai melambungkan nama Taft sebagai mobil tangguh nan irit, taft kancil hanya bertahan 3 tahun dan populasi mobil ini sangat terbatas hingga kemudian diganti dengan generasi 2 mobil taft.
Taft Generasi 2, Taft Kebo

Generasi ke 2 Taft muncul pada tahun 1977 yakni Taft F50 atau populer disebut Taft Kebo yang menggantikan Taft Kancil, pada generasi ke 2 Taft di Indonesia ini, masyarakat mulai mengenalnya dan pada generasi ini Taft ini juga disebut Taft Hunter.
Taft Generasi ke 2 ini juga memakai penggerak 4x4 pada semua variannya.
Taft Kebo/ Taft Hunter ini mulai memakai mesin DG, Diesel Konvensional 4 segaris 8 katup Indirect Injection 2,5 Liter (2530 cc), mesin F50 ini mampu mengeluarkan tenaga hingga 74 Hp di putaran mesin 3600 Rpm (biasa aja tenaganya). Tapi yang luar biasa adalah torsinya yang jauh lebih besar daripada Taft kancil yakni mencapai 172 Nm pada putaran mesin 2200 Rpm.
Model (desain eksterior) Taft kebo ini sama dengan Taft Kancil, hanya mesinnya yang berbeda yang sudah memakai mesin diesel dan lebih besar tenaga serta torsinya.
Taft Generasi ke 3, F70 atau populer dengan sebutan Taft GT
Taft GT ini mulai muncul pada tahun 1985 menggantikan generasi sebelumnya, pada Taft GT ini taft tampil lebih baru dengan desain Interior dan Eksterior yang enak dilihat dan lebih berjiwa muda. Tak hanya eksterior dan interiornya yang tampil lebih baru, tetapi mesinnya juga memakai mesin Diesel baru berkapasitas 2,8 L atau 2765 cc dengan sistem transmisi manual 4 percepatan.
Pada Taft GT ini yang sampai sekarang masih banyak orang yang menyukainya, karena desainnya yang tidak kuno-kuno amat dan masih terlihat enak dilihat sampai sekarang, istilahnya desain bodi yang tak lekang oleh zaman.
Pada Taft generasi ke 3 ini yang populasinya paling banyak hingga sekarang, masih banyak dipakai anak muda untuk aktivitas adventure dan offroad atau kegiatan out door lain saat liburan.
Taft GT ini memakai mesin Diesel 2800 cc Indirect Injection yang berkode DL41, mesin Taft GT ini mampu mengeluarkan tenaga hingga 72 HP pada 3600 Rpm dan Torsi 170 Nm pada 2200 Rpm.
Taft GT keluaran tahun 1985 hampir sama ya tenaganya dan tosinya dengan Taft kebo, tetapi pada mesin DL41 ini menggunakan Timing Gear untuk penggerak katup.
Semua varian Taft GT ini juga memakai penggerak 4 Roda untuk mendukung aktivitas di medan-medan sulit, mungkin ini ya salah satu alasan Taft banyak dicari karena dia memakai penggerak 4 roda atau 4x4.
Taft GT mengalami perubahan pada Tahun 1988, nah pecinta otomotif harus jeli nih karena sama-sama Taft GT akan tetapi pada keluaran tahun 1988 mesinnya diganti dengan mesin baru yakni DL42 berkapasitas 2765 cc, mesin ini sudah menggunakan timing belt sebagai penggerak katupnya. Sistem pasokan bahan bakarnya juga menggunakan pompa injeksi rotari.
Pada Taft keluaran 1991 sistem transmisinya juga dirubah, yang pada tahun sebelumnya memakai transmisi manual 4 percepatan, diganti dengan transmisi manual 5 percepatan
Pada generasi ke tiga Daihatsu Taft ini banyak variannya seperti:
- Taft GT : yang memakai penggerak 4 roda (4x4)
- Taft Hiline : berpenggerak roda belakang saja, ada varian GTX (jarak sumbu rodanya medium), GTL (taft panjang), GTS (penggerak 4 roda)
- Taft Rocky : dengan atap removable yang terbuat dari risin yang bisa dilepas.
Taft Generasi ke 4, F73 (Independen) dan F78 (Rocky)
Generasi terakhir daihatsu Taft ini adalah F73, banyak disebut taft Independen karena pada generasi ke 4 Taft ini Daihatsu merubah Suspensi depannya menjadi independen, suspensi belakang memakai gardan solid dengan per keong. Selain itu juga dilakukan perubahan pada Grill dan pada bagian depannya saja (selebihnya sama dengan Taft GT keluaran tahun sebelumnya).  Sedangkan Taft F78 sering disebut juga Taft Rocky
Untuk mesin, transmisi, interior dan eksterior Taft keluaran tahun 1996 sampai 2008 ini sama dengan Taft keluaran tahun 1991 (hanya grill dan eksterior di bagian depan yang dibuat lebih lembut).
Daihatsu Taft berhenti diproduksi tahun 2008 dan tetap memakai mesin DL42, memakai penggerak dan sistem transmisi yang sama dengan Taft GT.
Spare part Taft GT
Sampai saat ini spare part Daihatsu Taft juga terbilang masih mudah didapatkan terutama untuk bagian mesin, kaki-kaki dan transmisi, sementara untuk bagian body parts dan interior parts sudah mulai jarang (maklum mobil tua).
Harga Daihatsu Taft
Sebagai mobil Hobi harga mobil ini bervariasi dan terbilang cukup mahal, Taft GT keluaran pertama saja rata-rata dijual paling murah 60 juta rupiah, Taft GT yang dijual diatas 100 Juta juga banyak. Untuk Taft kebo yang harganya masih murah akan tetapi juga masih diatas 40 Juta rupiah (bisa sampe 90 juta lho).
Tidak ada patokan pasti harga pasar sebenarnya karena ini mobil lawas dan mobil hobi juga, tergantung yang jual dan juga tergantung kondisi mobil.

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini