Motor Vs Mobil, Pilih Mana?

Melakukan perjalanan dengan motor atau mobil kedua-duanya memiliki kelebihan dan kekurangan, untuk perjalanan jarak dekat kita lebih suka naik motor karena hemat bahan bakar dan risiko minim, sedangkan perjalanan jauh yang menguras tenaga dan mental kita lebih nyaman memakai mobil, meskipun lebih boros tetapi mobil lebih aman dari kecelakaan ataupun perampokan.
kelebihan dan kekurangan motor dibanding mobil
Memakai motor di musim hujan menjadi hambatan tersendiri karena sering berbasah-basahan dengan hujan sedangkan mobil hampir tidak terkena risiko hujan. Mobil dan motor memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing yang bisa kita bandingkan lebih baik mana, berikut adalah ulasan kelebihan dan kekurangan motor vs mobil
Kelebihan Motor dibandingkan Mobil
1. Motor lebih praktis atau mudah dikendarai dibandingkan mobil, banyak orang yang lebih bisa menggunakannya sampai wanita juga banyak yang bisa naik motor. Belajar motor juga lebih mudah daripada belajar mobil terutama di jalan raya
2. Motor lebih hemat, ya ini alasan utama orang lebih memilih motor ketimbang mobil adalah alasan efisiensi. Biasanya konsumsi BBM mobil adalah 5 kalinya motor, misalnya jika memakai motor ke pantai habis BBM 20 ribu rupiah maka perkiraan jika memakai mobil habis 100 ribu rupiah. Nah jauh hemat kan? terlebih untuk jarak pendek misalnya sekitar kampung atau desa, mobil juga butuh dipanaskan sebelum dipakai meskipun jarak dekat, nah bensin untuk memanaskan mobil itu mungkin sudah cukup untuk BBM motor sampai ke tempat tujuan (misalnya membeli sayur ke warung).
3. Harga beli motor lebih murah, ini juga penyebab atau alasan orang memilih motor daripada mobil. Harga motor sekarang sekitar 20 jutaan sedangkan harga mobil sekitar 200 jutaan, ini artinya harga mobil berkisar sepuluh kali motor :-) nah lebih murah membeli motor kan?
Nah untuk anak-anak muda/ keluarga kecil yang belum memiliki banyak uang untuk membeli mobil tetapi butuh alat transportasi murah, membeli motor adalah solusinya.

4. Motor lebih leluasa kemana-mana, misalnya ke pedesaan yang jalannya sempit yang hanya setapak, bahkan bisa lewat pematang sawah, di perkotaan yang banyak jalan-jalan kecil bahkan masuk gang-gang kecil dengan motor bisa.
5. Lebih leluasa saat macet.
Bahkan jika terkena macet motor lebih bisa menerobos kemacetan dibandingkan dengan mobil, motor masih bisa mencari jalan di sela-sela kemacetan saat diburu waktu tetapi memakai mobil kita tidak bisa menerobos kemacetan
6. Perawatan motor lebih mudah dan murah, merawat sepeda motor sangat murah biayanya jika dibandingkan dengan mobil, misalnya untuk mengganti ban mobil harganya 1 jutaan dan jika mengganti 4 ban maka butuh uang sekitar 4 Jutaan. Bandingkan dengan motor harga bannya 100 ribuan, ganti 2 ban cuma 200 ribu rupiah! jauh lebih hemat kan? belum lagi kampas rem, oli, turun mesin, dll. Biasanya sih admin mobilku.org kalau service mobil habisnya 1 jutaan, kalau motor paling banter 200 ribu (sekitar 150 ribu), itu sudah ganti oli dan ganti spare part yang aus seperti busi, platina, dll

7. Lebih irit tempat
Kelebihan motor dibanding mobil adalah menghemat tempat/ garasi, bagi orang yang rumahnya sempit atau garasinya sempit memiliki motor bisa sangat menguntungkan karena bisa dimasukkan rumah atau disisipkan/ dicampur di garasi mobil. Beda dengan mobil yang kita harus punya tempat yang cukup luas untuk garasi, terlebih sekarang ada aturan mobil tidak boleh diparkir di jalan (harus dimasukkan garasi)
Kelebihan mobil vs motor
1. Keselamatan memakai mobil lebih baik daripada memakai motor
Perjalanan memakai mobil tak bisa dipungkiri lebih aman daripada motor, mobil lebih sulit terpeleset daripada motor selain itu juga tidak bisa jatuh, sering admin mobilku.org saat melakukan perjalanan jauh memilih memakai mobil karena pertimbangan keselamatan di jalan. Memakai motor berbahaya saat hujan terlebih di jalan raya yang bisa berlubang, saat menghantam lubang yang dalam bisa jatuh, pada jalan yang licin memakai motor bisa terpeleset dan jatuh.
Keamanan memakai mobil inilah yang harganya mahal, daripada memakai motor nanti jatuh karena jalan hujan licin (biaya perawatannya mahal), lebih baik berkorban sedikit uang untuk membeli BBM mobil. Ini pertimbangan orang lebih memilih mobil daripada motor
2. Lebih bisa membawa banyak penumpang
Meskipun lebih boros tetapi memakai mobil kita bisa membawa penumpang lebih banyak, misalnya 1 keluarga besar yang berisi 7 orang bisa dibawa dengan mobil MPV 7 seater seperti Avanza/ mobilio/ ertiga/ xenia/ xpander atau mobil lain sementara naik motor kita hanya bisa bawa 2 orang saja. Terlebih jika kita memakai minibus seperti Suzuki Carry bisa memuat 9 orang penumpang, mobil-mobil MPV besar seperti Innova juga bisa memuat hingga 8-9 orang penumpang.
Nah jika keluarga ada 7 gimana? gak bisa kan pakai motor?
3. Mobil lebih nyaman dibanding motor, ini juga tak bisa dipungkiri karena duduk di jok mobil lebih empuk dan risiko tubuh kecapekan sangat minim. Kita bahkan bisa sambil tiduran saat naik mobil, kalau naik motor tidur bisa terjatuh penumpangnya, terlebih dengan memakai AC suhu dalam mobil bisa diatur lebih segar dan dingin.
Memakai mobil kita juga menjaga tubuh dari polusi dan debu di jalan raya, tubuh masih bersih dan segar setelah menempuh perjalanan jauh, beda dengan memakai motor yang pastinya lelah, berkeringat dan kotor.
4. Lebih tidak capek
Memakai motor otak kita sebenarnya diperas saat perjalanan tetapi tak kita sadari, misalnya motor harus lebih hati-hati jika tertabrak kendaraan lain, lebih hati-hati saat menghantam lubang, lebih hati-hati saat berjalan kecepatan tinggi dan otak memproses itu semua dengan cepat. Berbeda dengan mobil yang tingkat kesulitannya tidak setinggi motor, bahkan getaran mobil juga sangat minim sehingga tidak membuat stres pengemudi.
5. Hujan dan banjir tak masalah
Mobil rata-rata tidak masalah saat melewati banjir setinggi setengah meter bahkan penumpangnya tak basah sekalipun melewati banjir, berbeda dengan motor selain kesulitan melewati banjir juga biasanya basah saat melewati banjir entah terciprat kendaraan lain ataupun harus berhenti saat macet dan banjir.
Apalagi hujan, ini adalah salah satu kelebihan mobil yang memang tak bisa diperoleh saat memakai motor, dengan memakai mobil hujan menjadi tak masalah tinggal tutup kaca mobil dan nyalakan AC maka kita bisa melewati hujan dengan baik seperti layaknya kondisi tak hujan.

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini