Cara Belajar Motor Matic dengan Mudah

Belajar mengendarai motor matic sebenarnya sangat mudah, bahkan jauh lebih mudah dibanding kita mengendarai motor manual, karena tidak perlu belajar merubah gigi dalam kondisi apapun karena matic tidak memiliki gigi.
Kita hanya akan belajar gas-rem saja bahkan wanita suka dengan motor matic karena kepraktisannya/ mudah dalam mengendarai, jadi pecinta mobilku.org tidak perlu khawatir kesulitan dalam belajar motor matic.
Kekurangan motor matic
Meskipun motor matic terkesan mudah mengendarainya tetapi ada kekurangan motor matic dibanding motor manual yang harus diketahui terlebih dahulu, beberapa kekurangan motor matic:
1. Lebih boros bensin BBM
2. lebih berbahaya di jalanan menurun yang curam
3. saat menanjak tidak setangguh motor jenis lain misalnya bebek atau motor pria atau motor sport
4. saat di jalan rusak/ berbatu/ berlubang/ tanah tidak enak dikendarai
5. biaya perawatan dan harga spare part lebih mahal
6. boros oli
7. dll, kekurangan motor matic bisa dibaca pada artikel sebelumnya
Intinya motor matic memang lebih enak dikendarai di jalan perkotaan yang halus dan kurang enak di jalan yang bukan aspal di pedesaan
Belajar motor matic dengan cepat
Nah setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan motor matic, pecinta otomotif yang ingin belajar mengendarai motor matic bisa mempelajari caranya dibawah ini:
Dalam belajar motor matic lebih baik mencari tempat yang sepi, apa lagi jika belum pernah belajar motor apapun. Meskipun kita hanya belajar gas rem tetapi jika salah mengegas bisa-bisa kita jatuh masuk ke selokan, tidak bisa mengerem juga bisa menabrak dan masuk selokan kayak adik admin mobilku.org yang belajar motor ☺
Setelah menentukan tempat yang tepat, jika bisa lebih baik dengan pendamping, jika tidak ada tidak masalah tanpa pendamping dengan mencermati tahap-tahap belajar dibawah ini
1. Pastikan motor dalam keadaan baik
Yang pertama penting adalah belajar memakai motor yang dalam kondisi yang baik, ada kan motor matic yang remnya gak pakem, mesinnya tidak stabil dan lain-lain. Cek dulu rem depan dan belakang, rem depan ada di sebelah kanan stir dan rem belakang sebelah kiri.
2. Pastikan tubuh dalam keadaan sehat, tidak sakit/ tanpa pengaruh minuman keras/ obat obatan
3. Pakai perlengkapan standar: helm, jaket, celana, dll
4. Pilih lokasi yang sepi dan jalan yang lebar (lapangan)
5. Naiki motor anda dan jangan ada ragu
6. Masukkan belakang kunci kontak untuk membuka penutup lubang kunci
7. Setelah lubang kunci terlihat lalu balikkan kunci kontak dan masukkan mulai ujungnya sampai masuk semua, jika sudah masuk semua putar searah jarum jam sampai kunci stir motor terbuka, lalu terus putar kunci kontak sampai indikator oli berwarna hijau.
Jika lampu indikator berlogo oli yang berwarna hijau sudah menyala itu artinya oli motor sudah mulai didistribusikan ke seluruh bagian mesin. Tunggu sampai lampu tersebut mati sambil mengangkat jagrak samping
mengapa jagrak (standar) samping perlu diangkat? karena jika tidak diangkat maka motor matic tidak bisa dihidupkan (distarter)
8. Setelah standar samping terangkat dan lampu indikator mati, pecinta mobilku.org bisa menarik salah satu rem (rem belakang boleh, rem depan juga boleh), dengan catatan jangan menarik gas waktu menghidupkan motor matic. Menarik gas bisa membuat motor tersentak, awal-awal jangan sentuh gas
9. Setelah menekan rem dan melonggarkan gas, baru pecinta otomotif bisa menstarter motor matic dan melepaskan rem tetapi jangan di gas dulu
10. Biarkan sejenak (1 menit) agar mesin motor matic stabil dan cukup hangat serta siap digunakan
11. Setelah mesin stabil pecinta mobilku.org sudah boleh menarik gas pelan-pelan, tidak berjalan tidak masalah yang penting pelan-pelan. Jika tidak berjalan tambah tarikan gas dengan halus sampai motor mulai berjalan
12. Jika masih tahap belajar, pakai kecepatan 10 - 20 Km/ jam saja berputar-putar lapangan, sambil berbelok-belok, berhenti dan mengerem lalu jalan lagi dengan mengegas.
Pecinta otomotif tak perlu takut asalkan pelan di kecepatan 10 - 20 km/jam dan tarikan gas dengan lembut maka motor gak akan berbahaya, mengerem yang baik adalah berbarengan antara depan dan belakang, tetapi jika belum bisa berbarengan ya pelan-pelan belajar mengerem agar terbiasa.
13. Setelah 2 jam belajar berkendara di lapangan maka waktunya berhenti. Hentikan motor dengan mengerem lalu putar kunci kontak ke posisi off (berlawanan dengan jarum jam), setelah itu aktifkan standar (jagrak) bisa standar tengah maupun standar samping.
Lama belajar
Belajar selama 2 jam sehari adalah paling efektif, belajar selama 1 minggu biasanya sudah mulai bisa/ terbiasa mengemudikan motor matic, tetapi jika sebelumnya sudah bisa motor manual maka 1 hari juga sudah lancar naik motor matic.
Jika sehari belum bisa maka lanjutkan esok hari masih di lapangan, paling tidak minimal 3 hari di lapangan, setelah itu baru boleh di jalanan dalam perumahan yang sepi.
Belajar tidak perlu dipaksakan berapa lama, lama tidak apa-apa nanti jika sudah yakin bisa mulai ke jalan aspal, tetapi tidak disarankan ke jalan raya.
Bahkan sampai saat ini pun admin mobilku.org takut jika mengendarai motor di jalan raya (jalan utama), karena perilaku pengemudi mobil sekarang yang ngawur-ngawur, admin mobilku.org lebih memilih jalan desa yang kurang dari 4 meter lebarnya karena sepi.
Nah jika kalian sudah 2 minggu atau 3 minggu dan sudah merasa yakin bisa turun ke jalan aspal (sudah menguasai gas dan rem) maka kalian bisa mulai belajar motor matic di jalan aspal yang sepi, jangan langsung ke jalan raya
Biasanya butuh waktu sampai 2 bulan di jalanan pedesaan baru berani turun ke jalan raya yang penuh dengan mobil kecepatan tinggi, bus, truck, angkot, pickup, dll.
Nah sambil belajar di jalan sepi selama 2 bulan, pecinta otomotif belajar rambu-rambu lalu lintas di sini
Selamat mencoba ya kawan, belajar yang penting niat dan berhati-hati dengan tambahan do'a

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini