7 Keunggulan Motor Bebek dibanding Matic

Memiliki motor bebek sekarang seperti ketinggalan jaman, karena terlihat jadul sedangkan yang ngetren saat ini motor matic. Motor matic ini dianggap lebih nyaman, mudah digunakan, mudah membawa barang bawaan, tetapi tahukah pembaca mobilku.org jika kiba bandingkan dengan teliti ternyata banyak sekali kekurangan motor matic dibandingkan dengan motor bebek yang membuat kita berpikir ulang sebelum memutuskan memilih motor matic atau bebek?
Berikut ini keunggulan motor bebek dibandingkan motor matic/ bebek vs matic:
1. Motor bebek lebih irit dibanding motor matic
Nah ini sudah bukan rahasia umum lagi jika keiritan bahan bakar motor bebek unggul jauh dibanding motor matic, bahkan jika admin mobilku.org merasakan konsumsi BBM motor matic 2x nya motor bebek untuk jalan kombinasi (naik, turun, belok-belok, aspal, tanah).
Nah beruntung ya sebenarnya yang memiliki motor bebek ini :-) sayang motor bebek admin mobilku.org diminta adik, sehingga sekarang hanya punya motor matic
2. Oli motor bebek lebih tahan lama daripada motor matic
Jika pada motor matic kita sudah harus mengganti oli pada 3000 km, berbeda dengan motor bebek bahkan sampai 5000 km admin mobilku.org baru mengganti oli. Mengapa oli motor matic lebih boros? karena mesin motor matic lebih panas saat dijalankan dan oli menguap jika suhu mesin panas, oli bisa menguap melalui tutup oli. Pernah admin mobilku.org sedikit telat ganti oli motor matic, kaget ternyata oli yang tersisa tinggal 1 cangkir saja! wah kedepan harus hati-hati jangan sampai kehabisan oli, bisa-bisa turun mesin nih
baca juga: Keburukan melakukan perjalanan jauh dengan motor
3. Motor bebek lebih tangguh di jalan yang ekstrim
Nah ini kelebihan kedua motor bebek yakni tangguh di jalanan yang rusak seperti jalan berlubang, jalan bukan aspal, jalan berbatu-batu, jalan setapak sempit setapak di hutan, jalan tidak rata dan jalan berge;ombang.
Motor matic rentan jika melewati jalan bergelombang karena guncangannya sangat terasa oleh rider, hal ini disebabkan oleh diameter roda motor matic yang kecil sehingga jika ada lubang maka ban motor matic lebih dalam masuk ke lobang.
4. Motor bebek lebih bisa melewati jalanan berbatu dan polisi tidur
Nah ini terkait dengan ground clearance motor bebek yang lebih tinggi dibanding motor matic sehingga lebih mampu melewati hadangan polisi tidur yang tinggi dan jalan offroad berbatu2, lebih-lebih roda motor matic yang kecil lebih mudah terjerembab
5. Motor bebek lebih kuat membawa beban dibanding matic
Sebenarnya motor bebek ini cukup tangguh, dia terbilang kuat dan bisa membawa beban berat dibanding motor matic karena jumlah shockbreaker belakang ada 2 (samping kanan kiri), berbeda dengan motor matic yang shockbreakernya hanya satu itupun di sebelah kiri tidak ditengah.
Inilah sebabnya motor bebek lebih tangguh untuk membawa beban misalnya hasil panen atau rumput untuk makan sapi atau untuk berboncengan 3 tidak masalah, berbeda dengan motor matic yang tidak boleh dipakai membawa beban terlalu banyak.
6. Pemeliharaan motor bebek lebih mudah
Pemeliharaan motor bebek semisal perawatan dan perbaikan lebih mudah (banyak bengkel yang menguasai), suku cadangnya juga lebih murah. Paling-paling motor bebek cuma ganti oli udah siap dipakai, pada motor matic terlalu banyak komponen yang perlu dirawat sehingga biaya perawatannya relatif lebih mahal
artikel baru: Ciri atau tanda-tanda motor harus segera diservis
7. Motor bebek lebih tangguh di tanjakan, lebih aman di turunan
Saat menanjak motor bebek tinggal oper gigi ke 1, sudah bisa menanjak pelan-pelan. Berbeda dengan motor matic yang membutuhkan sedikit trik misalnya mencari momentum terlebih dahulu dengan kecepatan tertentu, dll.
baca: Tips melakukan perjalanan malam hari dengan motor
Selain itu motor bebek juga lebih aman di turunan, misalnya saat melewati jalan menurun di perbukitan motor bebek cukup masukkan transmisi ke gigi 1 kita sudah bisa menuruni perbukitan dengan aman karena rem mesin akan bekerja dengan sangat baik pada kecepatan rendah. Kita hanya menggunakan rem tangan & kaki pada keadaan tertentu saja saat benar-benar dibutuhkan, ini bisa menghindari kecelakaan/ rem blong
Berbeda dengan motor matic yang saat di turunan dan kecepatan dibawah 20 km/jam maka sistem transmisi akan otomatis menetralkan gigi, nah ini berbahaya bagi rider karena rem mesin tidak berfungsi dan bergantung pada rem tangan saja. Kita harus banyak-banyak istirahat untuk mendinginkan rem karena jika tidak maka rem bisa mengalami penurunan performa, sulit mengerem dan akhirnya blong.
8. Daya jelajah motor bebek lebih luas daripada motor matic
Karena motor bebek lebih bisa dipacu pada berbagai tipe jalan daripada motor matic maka daya jelajahnya juga lebih jauh/ lebih luas daripada motor matic. Pernah admin mobilku.org memancing di laut terpencil, teman admin mobilku.org juga memperingatkan jangan memakai motor matic karena nanti medannya sempit, motor akan melewati jalan setapak di sisi tebing-tebing, akan banyak bebatuan dan sesekali menyebrangi sungai. Pakai motor bebek saja, jangan motor matic, ungkapnya.
Penggunaan motor matic memang terbatas di perkotaan saja, memaksa jika kita tinggal di pedesaan yang jalannya sangat tidak enak tetapi memakai motor matic, rasanya menyulitkan dan tidak enak dipakai
Artikel selanjutnya: Tips perjalanan jauh memakai motor matic

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini