Cara Mencari Titik Dongkrak Mobil, awas jangan Asal Mendongkrak

Pemilik mobil sebenarnya wajib membawa dongkrak mobil saat berkendara menggunakan mobil, dongkrak fungsinya dipakai dalam keadaan tak terduga/ darurat misalnya misalnya saat mengalami ban bocor dan mengganti menggantinya dengan ban cadangan, mengecek kondisi kaki-kaki mobil, sistem pengereman mobil, dll.
Salah satu hal yang perlu diperhitungkan adalah titik tumpu untuk mendongkrak, karena sebagian pemula tidak mengetahuinya, jika memaksa untuk mengangkat mobil tanpa posisi dongkrak yang tepat maka akibatnya bisa merusak mobil: sasis atau bagian yang lain.
Nah artikel ini membantu pemilik pemula untuk mengetahui titik tumpu saat mendongkrak mobil.
Bentuk titik tumpu (titik mendongkrak)
Mobil jaman sekarang sudah didesain dimana titik-titik (tempat) untuk mendongkrak/ mengangkat mobil, biasanya titik-titik mendongkrak mobil memiliki bentuk yang sesuai dengan dongkrak bawaan mobil.
Dongkrak bawaan mobil bisa dongkrak jenis botol dan juga jenis dongkrak ketupat, tetapi sekarang pabrikan banyak memakai dongkrak ketupat karena lebih ringan dan ringkas.
Jika dongkrak bawaan mobil berjenis ketupat maka desain titik tumpuan mobil berbentuk seperti segi 4, jika dongkrak bawaan adalah jenis botol maka titik tumpuan untuk mendongkrak berbentuk lingkaran (sesuai dengan kepala dongkrak).
Mudah menemukan titik mendongkrak mobil
Sebenarnya sangat mudah menemukan posisi titik tumpuan mendongkrak mobil, karena pabrikan sudah membuatnya seragam, yakni prinsipnya:
1. Biasanya titik tumpu dongkrak pada mobil memiliki desain tertentu seperti ujung kepala dongkrak (persegi atau lingkaran).
2. Titik tumpu memiliki ketebalan yang sangat tebal (lebih tebal 1-2 cm) yang berbeda dengan bagian lain.
3. Titik tumpuan untuk mendongkrak mobil biasanya tidak dicat untuk mempermudah mencarinya
4. Lokasi titik tumpu dongkrak ada di depan ban belakang, dan di belakang ban depan. Jadi jika kita mencari titik tumpuan maka letaknya ada di sekitar ban, misalnya: jika ingin mendongkrak ban depan kanan maka maka titik tumpu ada di belakang ban yang akan didongkrak tersebut, jika ingin mendongkrak ban belakang sebelah kiri maka titik tumpuannya ada di depan ban kiri belakang.
5. Jika masih bingung carilah di bawah pintu mobil, lokasi titik tumpu (lifting points) mobil penumpang umumnya berada di bawah pintu, artinya ada di bawah samping kanan kiri (ada 4). Untuk mobil truck/ pickup berbeda
6. Jika masih bingung, amatilah pada gambar-gambar tentang posisi tumpuan dongkrak di artikel ini
Tips mendongkrak mobil yang benar
Setelah menemukan titik tumpu di atas tetapi bagi pemula yang baru memiliki mobil tentunya akan mengalami kebingungan terutama untuk cara yang aman dan tepat untuk mendongkrak mobil.
Tips ini untuk pemula, tahapan dalam mendongkrak mobil:
1. Tempatkan mobil di tempat yang datar, permukaan cukup keras (tidak ambles saat dongkrak dioperasikan) dan cukup bebas dari gangguan kendaraan lain (minimum 2 meter dari aspal)
2. Ganjal ban yang tidak di dongkrak (depan belakang); agar mobil tidak bergerak
3. Tempatkan papan kayu sebagai alas dongkrak; agar tidak ambles
4. Posisikan pengungkit dongkrak menghadap keluar, sehingga kita bisa mendongkrak mobil dari luar luar (tidak perlu masuk ke kolong mobil)
5. Pastikan yang didongkrak hanya 1 roda saja, jangan berusaha mendongkrak untuk mengangkat 2 roda sekaligus (mendongkrak di tengah), ini berbahaya dan berpotensi merusak mobil.
Jenis dongkrak mobil
Dongkrak mobil sampai saat ini memiliki 3 jenis yakni: dongkrak botol, dongkrak ketupat dan dongkrak buaya. Dongkrak botol dan ketupat banyak sebagai dongkrak bawaan mobil (karena kecil dan ringan), sedangkan dongkrak buaya biasanya dipakai oleh bengkel-bengkel karena kekuatannya dan kemudahannya mengoperasionalkan.

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini