Apakah Mengecas HP di Mobil Buat Aki Tekor dan Berbahaya?

Seringkali kita berpergian cukup lama dari rumah menggunakan mobil atau motor, sedangkan kita juga kadang-kadang kehabisan baterai smartphone atau HP kita sedangkan kita juga tidak bawa power bank dan berpikir ada fasilitas charge di mobil kita atau motor kita.
Tapi beberapa ada beberapa pertanyaan terkait hal ini:
1. Apakah aman kita mengecas ponsel kita di mobil
2. Apakah HP kita tidak rusak di cas di mobil
3. Apakah aki mobil tidak tekor/ rusak jika kita mengecas di mobil
Aman atau tidak mengecas di mobil?
Sebenarnya aman atau tidaknya seperti kita mencharge HP di tempat lain misalnya rumah atau tempat lain, ada aturan-aturan yang tidak diperbolehkan misalnya mencharger HP sambil di tinggal di tempat yang mudah terbakar/ Internet dalam keadaan hidup, dll.
Mengecas HP di mobil aman asalkan:
1. Kita tidak meninggalkannya, jadi seandainya ada apa-apa kita bisa langsung mengatasinya misalnya HP meledak/ terbakar
2. Tidak menaruh HP di tempat yang mudah terbakar saat mengecas misalnya jok mobil. Taruhlah diatas dashboard dekat kaca mobil
3. Sebaiknya hindari mengecas HP sambil menghidupkan internet, GPS atau menelpon, karena beresiko HP panas
4. Lebih baik matikan HP saat mengecas, dan saat baterai sudah penuh (kira-kira 4 jam) bisa dilepas chargernya.
Kasus berbahaya seperti HP meledak dan HP terbakar bisa terjadi karena kondisi baterai yang sudah kurang baik (soak/ menggelembung).
Apakah mengecas HP di mobil bisa merusak HP?
Mengecas smartphone di mobil sebenarnya tidak membuat HP rusak, tetapi jangan terus-terusan mengecharge HP di mobil karena arus listrik pada mobil kualitasnya berbeda dengan listrik dirumah yang arusnya lebih stabil.
Terlebih pada mobil lawas yang masih memakai lubang pemantik api (untuk menyalakan rokok) yang arusnya juga tidak dirancang untuk charger HP, meskipun bisa dipakai mengecas tapi jangan terus-terusan.
oh iya sebaiknya juga gunakan charger mobil yang berkualitas, aksesoris HP dari merk terkenal (wellcom, dll)
Apakah Aki bisa tekor?
Nah ini sebenarnya bahasan kita, menurut kepala bengkel auto2000 di bekasi bahwa mengecas HP/ smartphone di mobil sebenarnya tidak masalah pada aki mobil selama sistem kelistrikan mobil dalam keadaan baik, seperti pengisian kembali listrik dari alternator ke aki berjalan dengan normal.
Jika sistem kelistrikannya bermasalah ya bisa tekor, seperti menyalakan lampu kabin 3 hari aki mobil juga bisa tekor, atau ada kebocoran listrik mobil.
Menurut kepala bengkel tersebut aki tekor bukan karena mengecas HP, melainkan karena aki dan sistem kelistrikan mobil kurang dirawat.
Artikel terkait: Tips merawat aki mobil

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini