Penyebab Kebakaran pada Mobil dan Solusinya

Kejadian mobil tiba-tiba terbakar kembali marak, dalam seminggu ini selain Suzuki Swift dan Toyota Avanza yang terbakar, bahkan bus juga terbakar di di ruas tol Cikampek menuju Bandung pada Minggu 13 Januari 2019.
Nah penyebab kebakaran pada mobil paling sering disebabkan oleh korsleting pada bagian kelistrikannya, korsleting ini adalah bertemunya kabel dengan kabel, dan biasanya mobil-mobil tidak dirawat dan berusia diatas 8 tahun yang sering terbakar.
Penjelasannya bahwa semakin lama usia mobil maka kabel-kabel juga mulai mengeras dan getas, hal ini tentunya juga menurunkan kualitasnya dan kekuatan menahan gesekan juga berkurang. Saat melaju mobil akan bergoyang-goyang dan kabel yang telah getas lebih mudah sobek jika terkena gesekan dengan logam atau kabel lain. Nah gesekan ini akan menyebabkan kabel terkelupas dan bisa menyebabkan korsleting jika bertemu dengan kabel lain yang juga terkelupas.
Tetapi mobil tua pun sebenarnya tidak selalu mudah terbakar, karena jika pemiliknya rajin mengecek kondisi kabel terutama pada bagian yang berpotensi korsleting dan memperbaikinya jika sudah terlihat kabel mulai terkikis maka mobil tua juga bisa aman dari kebakaran.
Nah selain umur dan gesekan kabel, penyebab mobil kebakaran yang lain adalah sembarangan mengganti kabel dan juga sembarangan mengganti komponen kelistrikan. Mengganti kabel standar dengan kabel yang tidak sesuai standar bisa menyebabkan kabel terbakar karena tidak mampu menahan panas arus listrik, oleh karena itu konsultasilah dengan ahlinya (bengkel) jika ingin mengganti kabel, jangan asal sembarang kabel (kabel buat rumah dipasang) bisa bahaya bro...
Selain itu adalah memasang komponen kelistrikan yang tidak sesuai standarnya, misalnya memasang bola lampu depan dengan watt yang berbeda ini juga menyebabkan terbakarnya rumah lampu, atau memasang sound system dengan watt yang besar, ini akan merubah kabel dan sekring.
Jika mengganti bohlam sesuaikan dayanya dengan daya standar lampu originalnya, jika ingin merubah pancaran lampu menjadi lebih besar atau lebih kecil tentunya lebih baik berkonsultasi dengan bengkelnya karena yang dirubah tak hanya bohlampnya tetapi juga mingkin kabel dan sekringnya.
Selain hal-hal diatas (usia, perawatan, kabel, komponen kelistrikan) ada penyebab kebakaran lain, yakni kabel positif aki menyentuh body mobil.
Kabel positif aki ini sangat berbahaya jika sampai menyentuh body mobil misalnya (kap mesin) karena dalam sekejap bisa membakar semua kabel-kabel mobil dan sangat berpotensi membakar mobil, oleh karenanya kabel positif aki ini harus diikat sangat kuat kemudian diberi penutup karet yang baik dan aki juga tidak boleh goyang dan diberi penyekat dengan bagian kap mesin.
Nah untuk mengatasi kebakaran akibat kabel positif aki ini, www.mobilku.org telah mengulasnya pada artikel khusus: Penyebab kebakaran mobil akibat kabel aki menyentuh body mobil

Penyebab kebakaran mobil lainnya adalah penggunaan sekring yang tidak sesuai dengan standarnya, misalnya sekring standarnya 15 Ampere yang putus, diganti dengan sekring 25 Ampere, ini berbahaya meskipun sekring menjadi tidak gampang putus... bahayanya jika terjadi lonjakan listrik maka sekring tidak putus, lama-lama komponen mobil bisa rusak dan kabel juga bisa terbakar
Penyebab kebakaran mobil yang lain adalah:
* bocornya slang BBM: jika bau bensin lebih baik jangan hidupkan mobil, cari asal bau bensin dan perbaiki
* campuran bbm dan udara yang kurang baik di ruang bakar: ini bisa menyebabkan knalpot mengeluarkan api dan membakar mobil dari bagian belakang, solusinya perbaiki ecu atau karburator
* oli bocor: oli mesin yang bocor bisa menyebabkan kebakaran jika mesin bekerja ekstra keras dan sangat panas, meskipun hal ini sangat jarang terjadi, solusinya segera perbaiki jika ada kebocoran oli

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini