Menggunakan Jas Hujan Ponco sering Kecelakaan

Memasuki musim penghujan seperti sekarang ini membuat pengendara sepeda motor harus sering memakai jas hujan agar tetap bisa beraktivitas di tengah cuaca hujan lebat, nah banyak pengendara motor yang masih menggunakan jas hujan model ponco atau model batman sementara mereka tidak mengetahui bahaya yang ditimbulkan oleh jas hujan ponco. Jas hujan ponco juga berbahaya bagi pengguna jalan lain (driver mobil dan pengemudi motor lain).
Jas hujan ponco berbahaya
Jas hujan ponco bisa menghalangi visibilitas
Jas hujan ponco sering berkibar-kibar, akibatnya selain membahayakan pengendara lain yang terhalang pandangannya oleh jas hujan ponco ini (menghalangi visibilitas pengendara lain), selain itu jas hujan ponco juga dikatakan sering menutup lampu belakang motor sehingga saat mengerem lampu belakang tidak terlihat, yang lebih parah saat menyalakan lampu sinyal belok juga tidak terlihat karena tertutup jas hujan.
Jas hujan ponco bisa masuk ke rantai dan jeruji/ roda
Banyak kasus dimana jas hujan ponco masuk ke rantai atau roda karena dia teruntai kebawah dan biasanya saat terkena angin jas hujan berkibar tak tentu arah sehingga ujung jas hujan menyentuh git belakang/ rantai atau masuk ke jeruji roda.
Jika jas hujan model ponco sudah masuk ke rantai atau masuk ke jari-jari roda maka dipastikan pengendara motor akan tertarik ke bawah oleh jas hujan ponco yang terbelit pada rantai atau jeruji roda, hal ini membuat pengendara motor seketika jatuh karena kuatnya tarikan jas hujan tersebut.
Beruntung jika jatuh saja, biasanya setelah jatuh juga tertimpa motor karena masih ada belitan jas hujan.
Jas hujan model ponco tidak efektif menahan air
Meskipun banyak dipakai karena jas hujan ponco sebenarnya multi fungsi, selain bisa untuk perjalanan dengan sepeda motor juga bisa dipakai untuk berjalan kaki atau bahkan banyak dipakai untuk berkemah atau kegiatan outdoor lain.
Tetapi sebenarnya jas hujan ponco ini tidak efektif dipakai oleh pengendara motor, karena biasanya pemotor yang memakai jas hujan ponco ini masih bisa basah oleh air hujan, jas hujan ponco yang berkibar-kibar tertiup angin menyebabkan beberapa bagian tubuh pemotor sering tidak tertutup jas hujan secara sempurna dan air hujan membasahi baju.
Tak jarang pula kibaran jas hujan juga menyebabkan air hujan yang terkumpul pada jas hujan justru membasahi pengendara motor.
jas hujan yang aman dan jas hujan ponco
Solusi
1. Jangan gunakan jas hujan ponco
2. Jika terpaksa sekali tidak ada jas hujan lain, maka saat menggunakan jas hujan ponco pasanglah dengan hati-hati dan hindari kemungkinan jas hujan berkibar, bagian belakang jas hujan lebih baik diduduki karena ini yang sering menyebabkan masuk ke rantai dan menutupi lampu belakang, bagian punggung jas hujan ini pula yang sering membasahi baju pengendara motor
3. Gunakan jas hujan model two piece

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini