Daftar Mobil yang Bisa Dipakai untuk Grab

Grab adalah salah satu perusahaan penyedia transportasi online yang ada di Indonesia, produk grab sendiri bermacam-macam seperti: Grab Taxi, Grab Car, Grab Bike, Grab Express, Grab Food, GrabShare, sampai Rent (penyewaan mobil). Nah tetapi kali ini mobilku.org akan mengulas mengenai mobil apa yang bisa dipakai untuk ngegrab atau syarat bergabung dengan grab terutama Grab Car, yang mana saat ini banyak pemilik mobil yang mencoba memanfaatkan mobilnya untuk menjadi driver grab dengan bergabung bersama GrabCar.
Ternyata tidak semua mobil bisa dipakai sebagai angkutan grab ini, ada syarat-syaratnya misalnya jenis mobil yang dipakai, merk mobil, usia maksimal mobil, dan lain sebagainya. Berikut ini adalah syarat mobil yang bisa dipakai untuk grab car:
Usia mobil dibawah 5 Tahun, 6 Tahun dan 7 Tahun tergantung lokasi
Pihak Grab mewajibkan untuk armada yang akan bergabung usianya tidak terlalu tua atau dan masih layak pakai, usia mobil maksimum yang dibolehkan untuk mendaftar grab adalah 5 Tahun untuk wilayah DKI Jakarta.
Namun untuk beberapa wilayah diluar Jakarta (kota-kota besar diluar Jakarta) usia mobil boleh mencapai 6 tahun, artinya jika usia mobil sudah 5 tahun tetapi masih belum 6 tahun masih bisa didaftarkan grab tetapi di kota-kota besar selain Jakarta, nah berikut ini adalah daftar kota-kota tersebut:
- Bandung
- Surabaya
- Medan
- Makassar
- Jogjakarta
- Semarang
- Palembang
Sementara untuk kota-kota lain yang tergolong kota madya atau belum menjadi kota besar seperti Malang, Bogor, dll menggunakan patokan 7 tahun, artinya untuk kota-kota lain yang sudah dimasuki grab selain Jakarta sampai Palembang diatas mobil yang bisa didaftarkan untuk grab maksimum usianya 7 Tahun.
Jenis Mobil dan Mobil apa?
Nah meskipun usia mobil relatif baru misalnya 2 tahun atau bahkan mobil baru, ternyata tidak semua mobil juga bisa didaftarkan untuk grabcar (ngegrab). Selain tergantung dari jenis mobilnya, misalnya mobil microbus tidak bisa dipakai untuk ngegrab, nah berikut ini adalah beberapa jenis mobil yang bisa dipakai untuk ngegrab:
- Mobil MPV
Pihak grab menentukan salah satu jenis mobil yang dipakai untuk grab adalah MPV, namun tidak semua MPV juga bisa didaftarkan oleh menjadi angkutan grabcar, beberapa mobil MPV yang boleh dipakai antara lain: Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga, Toyota Kijang Innova, Isuzu Panther, Suzuki APV, Honda Freed, Nissan Grand Livina, Nissan Evalia, Daihatsu Luxio, Toyota Sienta, Chevrolet Spin.
- Mobil SUV ringan dan Crossover
Ternyata mobil SUV atau Crossover juga bisa dipakai untuk grab, berikut ini adalah mobil-mobil jenis Crossover/ SUV yang bisa dipakai: Ford Ecosport, Honda BRV, Honda CRV, Daihatsu Terios, Toyota Rush
- Mobil Hatchback atau City Car
Mobil Hatchback atau City Car juga bisa dimanfaatkan untuk mendaftar Grab untuk GrabCar, beberapa mobil City Car tersebut antara lain: Honda Jazz, Toyota Yaris, Honda Brio, Mazda2, Ford Fiesta, Suzuki Swift.
- Mobil Sedan
Meskipun mobil sedan jarang dipakai untuk angkutan transportasi online karena memang mobil sedan harganya relatif mahal dan daya muatnya lebih sedikit yang mana konsumen biasanya memesan grab ini urunan beberapa orang. Tentunya peminat grabcar dengan sedan ini tak sebesar mobil-mobil MPV/ SUV, akan tetapi ada saja orang yang menginginkan mobil sedan karena kenyamanannya. Nah beberapa mobil sedan yang bisa dipakai grab antara lain: Honda Civic, Toyota Vios.
Kapasitas mesin mobil (ruang bakar)
Menurut aturan yang berlaku yakni Peraturan Menteri Perhubungan, No. 32 Tahun 2016, Tentang angkutan orang dengan kendaraan bermotor umum tidak dalam trayek, pasal 18 ayat 2 huruf g disebutkan bahwa mobil yang bisa dipakai untuk angkutan orang harus memiliki mesin dengan kubikasi minimum 1300 cc (centimeter cubic).
Nah aturan ini membuat beberapa kendaraan yang sebelumnya bisa dipakai untuk ngegrab menjadi tidak bisa dipakai lagi dan tidak bisa didaftarkan untuk grab misalnya: Toyota Calya, Daihatsu Sigra, Honda Brio Satya, Suzuki Ignis, Suzuki Splash, dll.
Intinya jika kita memiliki mobil dengan kapasitas mesin dibawah 1300 cc maka mobil itu tidak bisa dipakai untuk daftar grab, cari yang 1300 cc atau diatasnya

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini