Cara Menyimpan HP di Jok Motor

Menaruh HP di jok motor matic sebenarnya berbahaya, karena bisa menimbulkan kebakaran pada motor, hal ini disebabkan oleh suhu bagasi yang tinggi, dan keadaan HP atau ponsel sendiri saat dimasukkan dalam bagasi/ jok motor.
Beberapa penyebab HP meledak dan terbakar saat ditaruh di jok motor antara lain:
* Internet dalam keadaan masih aktif
* Hp sedang tersambung dengan power bank
* Suhu bagasi yang panas akibat panas mesin
* Getaran/ benturan yang terus menerus menyebabkan konsleting/ kerusakan hardware ponsel
* Kondisi HP yang sudah tidak bagus
Meskipun berbahaya menaruh HP di jok motor matic saat perjalanan, tetapi jika terpaksa dan ingin aman, kita masih bisa melakukannya dengan cara-cara sebagai berikut:
1. Sebelum meletakkan HP di jok/ bagasi motor matic lebih baik matikan dulu HP
2. Jika memang ada perlu dan tidak ingin mematikan HP, paling tidak matikan sambungan datanya atau internetnya
3. Jangan menaruh HP di jok motor saat terhubung dengan power bank (mengisi daya)
4. Jika baterai dalam keadaan sudah melembung/ mudah konslet/ mudah meledak lebih baik baterai dilepas dan disimpan di tempat lain, karena suhu dalam bagasi skutik bisa meningkat karena terkena panas dari mesin
5. Barang elektronik tidak tahan terhadap getaran dan benturan terus menerus, cobalah bungkus HP dengan barang yang empuk yang bisa menyerap benturan seperti: spon atau kain, biasanya admin mobilku.org membungkus HP dengan kaos, kaos atau kain sarung cukup efektif menyerap benturan.
6. Jika melakukan perjalanan jauh, cobalah memeriksa HP tiap 1 atau 2 jam sekali apakah suhunya tinggi atau tidak, jika suhunya tinggi lebih baik matikan HP
Kebiasaan menyimpan HP di jok motor selama perjalanan juga memiliki dampak buruk pada HP, seperti yang admin mobilku.org rasakan yakni umur pakai HP menjadi jauh lebih pendek.
Hal ini karena panas yang ada di bagasi yang tidak bisa keluar yang memanaskan komponen-komponen HP sehingga umur hidupnya menjadi lebih pendek dan HP mudah rusak.
Nah jika ingin HP anda awet lebih baik saat perjalanan jauh/ lama simpan HP anda di tas, bagasi motor memang tempat menaruh barang akan tetapi tidak semua barang cocok disimpan dalam bagasi motor matic misalnya barang elektronik, barang yang mudah terbakar, barang yang rentan meledak, dll.
Kebanyakan barang-barang elektronik seperti HP atau kamera digital atau GPS atau barang elektronik lain bekerja pada suhu ruangan yakni sekitar 24-26 derajat celcius dan maksimum 34 derajat celcius, sementara suhu dalam bagasi motor bisa mencapai 50 derajat celcius jika melakukan perjalanan berjam-jam. Efeknya pada barang elektronik umur pakainya menjadi lebih pendek, bisa juga rusak seketika jika tidak tahan panas misalnya LCDnya rusak atau komponen lainnya.
Barang-barang mudah meledak dan terbakar seperti korek api gas, bahan-bahan kimia, cat semprot, bahkan kosmetik juga dilarang disimpan di jok motor. Alasannya sederhana panas yang tinggi akan merusak kosmetik tersebut, nah dari sini pembaca mobilku.org sudah tahu bukan bahayanya menyimpan HP di jok motor? bahkan barang-barang elektronik lain juga dilarang karena banyaknya kasus barang elektronik langsung mati dan tidak bisa dipakai lagi setelah ditaruh di jok motor.

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini