Awas Taruh HP di Jok/ Bagasi Motor bisa Meledak, Ini Alasannya

Baru-baru ini terjadi lagi kasus motor terbakar akibat HP, yakni motor Honda Vario yang terbakar gara-gara pengendara motor meletakkan HP/ ponselnya dibawah jok motor, kejadian ini terjadi di Makassar Sulawesi Selatan tepatnya di Jalan Gunung Bawakaraeng.
Pada gambar terlihat dua orang yang berusaha memadamkan api yang membakar motor yang terguling di tengah jalan.
Beberapa hal yang perlu diketahui
Suhu normal HP adalah suhu ruangan
HP/ ponsel/ Smartphone akan normal bekerja pada suhu 33 derajat celcius, jika suhu meningkat diatasnya maka kemungkinan kerusakan hardware sangat besar (bisa meledak bisa juga langsung mati).
Biasanya yang meledak dan terbakar adalah baterainya dulu, terutama jika baterai sudah dalam keadaan melembung dan akan meledak, sementara untuk komponen lain biasanya langsung rusak dan tidak bisa dipakai seperti LCD, IC, dll.
Panas di Bagasi/ Jok motor matic
Menaruh HP dalam ruangan tertutup seperti bagasi motor menyebabkan panas dari ponsel tidak bisa keluar, bahkan meskipun tidak ada ponsel di bagasi kondisi bagasi juga bisa panas karena panas dari mesin akan merambat masuk ke bagasi/ jok motor matic. Hal ini karena posisi mesin dan bagasi motor matic sangat berdekatan sehingga panas mesin bisa merambat ke bagasi motor matic.
Bagasi tidak untuk membawa barang mudah terbakar dan meledak
Memang bagasi motor fungsinya untuk membawa barang tetapi tidak semua barang bisa ditaruh di jok motor terutama untuk barang yang mudah meledak dan mudah terbakar.
Ponsel yang meledak menyebabkan terbakarnya barang-barang lain ada di bagasi seperti jaket, kertas, plastik, dll dan bisa membakar motor.
Penyebab meledaknya HP di bagasi/ Jok motor
1. HP/ ponsel dalam kondisi sambungan data (internet aktif).
Jika internet dalam keadaan aktif maka HP kita akan sangat panas, panas yang semakin bertambah jika dimasukkan dalam bagasi karena panas tidak bisa keluar dari bagasi, akan makin berbahaya jika bagasi juga menerima panas dari mesin
2. Baterai dalam keadaan kurang bagus (melembung)
Penyebab meledaknya smartphone selain panas dari sambungan internet dan panas mesin motor, juga disebabkan oleh baterai yang sudah tidak layak pakai (sudah melembung). Baterai yang melembung ini kena panas sedikit sudah meledak, karena di dalamnya sudah terjadi kerusakan-kerusakan komponen baterai.
3. Ponsel terhubung dengan power bank
Saat HP terhubung dengan power bank (mengisi baterai) juga kerap menimbulkan panas, jangan letakkan HP yang sedang di charge memakai power bank ke dalam bagasi/ bawah jok motor ya broo
4. Benturan penyebab korsleting
Meletakkan HP pada jok motor yang sedang kosong juga menimbulkan bahaya karena saat motor berjalan, HP akan terbentur dengan sisi bagasi/ jok motor secara terus menerus. Benturan terus menerus ini bisa menyebabkan konsleting pada komponen HP dan bisa menyebabkan HP mati/ rusak/ terbakar
Cara aman meletakkan HP di Jok/ bagasi motor matic
Beberapa tips jika kalian sedang terpaksa meletakkan hp di jok motor agar aman:
1. Matikan ponsel sebelum meletakkan di bagasi motor matic
2. Jika tidak ingin mematikan telepon, paling tidak matikan sambungan datanya
3. Jangan letakkan ponsel di jok saat masih dalam keadaan terhubung dengan power bank (sedang mengisi daya)
3. Pastikan baterai dalam keadaan masih baik, tidak melembung
4. Pastikan HP posisi HP tidak terbentur secara berulang-ulang, pakailah bantalan/ dudukan/ pelindung seperti spon/ bahan empuk lain
5. Jika sedang dalam perjalanan jauh (lama) cobalah tiap 1 jam mengecek kondisi HP dalam jok motor apakah suhunya terlalu tinggi atau masih normal, jika suhunya terlalu tinggi lebih baik matikan ponsel.
sumber: www.mobilku.org

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini