Sering Memakai Helm, Lakukan Ini untuk Menjaga Rambut Sehat

Memakai motor untuk aktifitas sehari-hari pastinya kita harus juga memakai helm karena helm adalah perangkat wajib bagi pemotor, dan helm yang wajib digunakan adalah helm standar yang menutup seluruh rambut kita (tidak boleh hanya helm cibuk).
Nah ternyata sering memakai helm menjadikan masalah tersendiri pada rambut yakni rambut menjadi tidak sehat, seperti kulit kepala gatal-gatal, kulit kepala berminyak, rambut berketombe, kulit kepala menjadi panas, rambut rontok dan banyak lagi. Nah untuk menghindari hal-hal tersebut, menurut pakar kesehatan rambut dari Unilever, Vivi Tri Andari mengatakan bahwa hal tersebut dipengaruhi oleh 2 hal yakni:
1. Kebersihan Helm
2. Kondisi dan perawatan rambut
Kebersihan helm
Menurut www.mobilku.org, kebersihan helm ini terkait erat dengan perawatan helm yakni bagaimana kita mencuci helm secara rutin atau jika terasa sudah kotor (banyak kotoran terlihat), kemudian bagaimana kita merawat helm sehabis dipakai perjalanan jauh, bagaimana kita kita membersihkan dan mengeringkan helm jika basah terkena hujan.
Nah masalah kebersihan dan perawatan helm kami pisah dan bisa dibaca pada artikel: Cara menaruh helm setelah dipakai perjalanan jauh
Perawatan rambut
Menurut Vivi Tri Andari, jika sering menggunakan helm maka perawatan yang dilakukan untuk rambut adalah:
1. Jika rambut lembab, segera cuci atau keramas
Pada beberapa orang jika memakai helm terlalu lama akan menyebabkan rambut lembab dan berminyak, biasanya kita bisa tahu dengan memegang rambut kita jika kotor akan terasa lembab/ berminyak, gatal-gatal dan jika dibiarkan tidak segera keramas bisa menjadi ketombe
2. Tidak apa-apa keramas tiap hari
Keramas tiap hari sebenarnya tidak menimbulkan masalah, terutama bagi orang yang aktifitasnya sangat sibuk di lapangan seperti sales motoris, gojek dan lain-lain yang memang aktifitasnya menyebabkan keringat pada rambut. Bahkan jika tidak segera keramas akan menimbulkan masalah pada kulit kepala.
Tiap orang sebenarnya berbeda, untuk orang-orang yang lebih banyak aktifitas di dalam ruangan yang sejuk dengan AC, rambut bisa lebih lama dalam keadaan bersih karena tidak berkeringat dan tidak tertutup helm. Jika orang-orang seperti ini yang memakai helm hanya untuk sekedar berangkat atau pulang kerja saja, keramasnya bisa 2 atau 3 hari sekali.
3. Memilih shampo yang tepat
Untuk kaum adam yang biasanya memiliki masalah pada kulit kepala, pilihlah shampo yang lebih ke perawatan kulit kepala. Berbeda untuk kaum hawa yang lebih sering ke eksperimen rambut, gunakan shampo yang lebih khusus ke perawatan rambut
4. Cuci rambut 2 kali setiap sekali keramas
Untuk rambut yang kotor/ sangat kotor, lebih baik pembaca mobilku.org mencuci rambut 2 kali setiap keramas. Cuci rambut yang pertama bertujuan untuk mengangkat kotoran (minyak), cuci rambut yang kedua bertujuan untuk memperoleh hasil yang optimal. Oh iya saat keramas alangkah baiknya shampo terlebih dahulu dituang di telapak tangan untuk menakar kebutuhan shampo, jangan langsung dituangkan pada rambut untuk menghindari pemakaian shampo yang berlebihan.

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini