Membeli Mobkas di Internet, Ini Cara Mudahnya

Membeli mobil bekas merupakan alternatif yang tepat yang bisa kita lakukan saat kita membutuhkan sebuah mobil tetapi uang yang kita belum cukup membeli mobil baru, selain itu dengan membeli mobil bekas kita maka kita lebih bisa menghemat uang kita dan mengalokasikan untuk kebutuhan lain.
Contoh: Suzuki Carry Pick Up baru harganya masih 120 Jutaan, tetapi jika kita membeli Carry Pick Up bekas harganya hanya 30 jutaan untuk keluaran Tahun 2000. Wah selisih banyak bukan?
Kondisi mobil bekas satu dengan lainnya pasti berbeda
Dalam membeli mobil bekas kita bisa mendapatkan harga yang jauh lebih murah dibandingkan beli mobil baru, akan tetapi kita juga dituntut harus bisa memilih mobil bekas yang tepat, karena mobkas satu dengan yang lainnya kondisinya pasti berbeda karena pemakaian yang tidak sama.
Ada mobil bekas yang masih bagus dan ada pula yang sudah tidak bagus meskipun tahun keluarannya sama atau lebih baru. Nantinya saat mengecek mobkas kita harus bersama dengan orang yang ahli tentang mobil untuk mengecek mesin, suspensi, cat, power steering, interior, transmisi, dll.
Bagus tidaknya mobkas tergantung dari cara memakai mobil bekas tersebut dan cara merawatnya, misalnya ada mobil yang sudah berumur tetapi kondisinya masih baik, tapi ada pula mobil usianya masih 5 tahun namun sudah banyak spare part yang aus karena tidak pernah dirawat.
Nah sebagai pembeli kita harus jeli nantinya untuk memilih mobil bekas yang akan kita beli.

Nah berikut ini adalah 5 langkah membeli mobil bekas menurut mobilku.org
1.  Lihat kebutuhan kita dan Spek mobil yang diperlukan
Yang pertama sebelum membeli mobil, tentukan dulu untuk apa mobil nanti dipakai? Misalnya untuk mengangkut barang atau untuk mengangkut penumpang? Medannya seperti apa? Di jalan perkotaan atau pedesaan, jalan aspal atau jalan tanah? Spesifikasi mesin kekuatan atau keiritan bahan bakar, seberapa jarak tempuh yang akan dilalui dan lain sebagainya.
Tentukan kebutuhan anda
Ada orang yang membeli mobil bekas untuk istrinya berangkat kerja di kota, maka membutuhkan mobil yang irit dan nyaman dikendarai maka mobil City Car seperti Brio atau Karimun atau Agya matic lebih recommended.
Lain halnya dengan petani yang membutuhkan mobil pick up untuk mengangkut pupuk ke lahan pertanian dan mengangkut hasil panen ke kota, membutuhkan mobil dengan kemampuan menanjak yang mumpuni maka mobil-mobil pick up bermesin diesel seperti L300 dan Isuzu Traga menjadi pilihan yang tepat.
Berbeda pula dengan angkutan barang di perkotaan yang membutuhkan mobil pickup yang irit BBM, harga murah, sparepart melimpah, perawatan mudah maka mobil niaga untuk perkotaan seperti Suzuki Carry Pick up atau Mitsubishi T120 SS jadi pilihan yang cukup bijak.
Untuk keperluan transportasi seluruh keluarga biasanya orang akan memilih mobil jenis MPV seperti Avanza, Ertiga, Mobilio, Xpander, Innova, Xenia, Calya yang memiliki kemampuan membawa banyak penumpang dengan kenyamanan yang sudah terbilang baik.
Atau keperluannya hanya untuk Grab/ taksi online tentunya mencari mobil yang cukup muda (dibawah 5 tahun) agar memenuhi persyaratan yang diperlukan. Intinya tentukan dulu dengan matang kebutuhan mobil nantinya beserta spesifikasi yang diminta mulai mesin, kapasitas penumpang, cara perawatan, budget, dll. Setelah menemukan jenis mobil yang cocok baru ke langkah selanjutnya
2. Melihat mobil yang dijual di situs jual beli online beserta harga pasarnya
Mencari mobil mobil bekas bisa dilakukan dengan cara pergi ke pedagang mobil bekas/ showroom serta langsung bertanya harganya, atau pecinta mobilku.org bisa mencarinya di internet karena sekarang banyak orang yang menjual mobil tidak melalui showroom tetapi langsung menjualnya lewat internet melalui situs/ website jual beli mobil.
Pembaca mobilku.org bisa langsung melihat jenis dan merk mobil yang diinginkan, tahun keluaran, jarak tempuh kendaraan, transmisi, warna, harga, lokasi mobil, dll. Setelah memperoleh beberapa list mobil yang diinginkan, maka langkah selanjutnya adalah mencari dan menyimpan informasi penjual seperti: alamat penjual dan nomor hp/ wa penjual.
3.  Menghubungi penjual dan berkomunikasi
Terlebih dahulu sebelum melakukan memeriksa unitnya secara langsung, sangat disarankan untuk menghubungi penjual lewat nomor telepon yang disediakan, bisa menanyakan langsung tentang:
• Mobilnya sudah terjual atau belum?
• Riwayat mobilnya/ pemakaiannya bagaimana?
• Kondisi mesinnya (keluar asap atau tidak, ada keluhan apa, dll)
• Kondisi interiornya/ eksteriornya ada yang baret atau tidak
• Surat-suratnya/ pajaknya bagaimana
• Dll
Nah ada dua cara sebenarnya dalam menghubungi penjual dan berkomunikasi, yang pertama lewat Telepon atau WA dan yang kedua dengan cara bertemu langsung. Melalui telepon kita bisa tanya informasi yang umum saja seperti poin-poin diatas, sedangkan jika bertemu langsung (orang mengistilahkan COD) pecinta mobilku.org selain bisa bertanya langsung bertatap muka juga bisa sekalian melihat langsung kondisi mobil dan menanyakan jika ada baret/ sobek/ keluhan lain.
Sangat disarankan memakai 2 cara diatas yakni melalui telepon dulu, kemudian janjian ketemu kapan di lokasi yang ditentukan (lebih baik di rumah penjual), kemudian mengecek secara langsung kondisi mobil.
4. Lihat langsung kondisi mobil dan test drive
Meskipun jual beli ini infonya melalui internet tapi calon pembeli harus tahu mobilnya secara langsung, memeriksa kelengkapan surat-suratnya, memeriksa mesinnya, memeriksa catatan servicenya, memeriksa body ada yang penyok bekas tabrakan atau tidak, kaki-kaki pincang atau tidak, suspensi masih bagus atau tidak, sistem kemudi masih baik atau tidak, dll sampai test drive.
5. Tawar lebih dahulu
Setelah mengecek semua kondisi mobil maka lakukan langkah tawar menawar harga, misalnya ternyata kondisi mobilnya ada kerusakan komponen tertentu, misalnya power steeringnya sudah aus/ bocor atau pada ACnya rusak, ini bisa bisa menurunkan harga mobil untuk biaya perbaikan ketika mobil jadi kita beli.
Tips Lainnya
* Dalam membeli mobil bekas lewat situs jual beli mobil, carilah penjual yang cukup kaya sehingga dia tidak kekurangan uang untuk merawat mobilnya (service rutin), nah bagaimana caranya? Lihat lokasi rumahnya (alamatnya) di kawasan elit atau tidak, terus lihat foto mobilnya dirumah yang bagus atau tidak.
* Cara paling mudah melihat kondisi mesin adalah dengan menyalakan dan mendengarkan suaranya halus atau kasar, lalu melihat ke bagian kolong mobil apakah ada rembesan oli atau tidak, lalu melihat apakah ada asap dari knalpot atau tidak
* Cara cek suspensi: lihat dari kejauhan apakah mobil miring ke satu sisi, lalu coba lewati polisi tidur apakah masih enak
* Cek power steering: lihat apakah ada rembesan oli di power steeringnya, lalu coba bawa mobil bermanuver apakah ada suara-suara gemeretak pada saat mobil dibelokkan
* Cara cek cat mobil: lihat apakah cat kusam (menguning), apakah cat buram, cat yang bagus berwarna cerah, hindari mobil yang sudah di cat ulang (biasanya platnya sudah berkarat karena dikerok)
* Mengecek kaki-kaki: jalankan mobil dan rasakan apakah mobil miring ke salah satu sisi
* Jangan bertemu di tempat yang terlalu sepi atau tidak ada orang sama sekali, bertemu di rumah akan lebih baik

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini