Spesifikasi Gesits, Kelebihan dan Kekurangan Motor Listrik

Gesits adalah motor listrik buatan anak bangsa yang sudah beberapa tahun diuji coba untuk masuk pasar kendaraan roda dua di Indonesia, produsen Gesits ini adalah kolaborasi dari Institus Teknologi Sepuluh November (ITS) dan PT. Gesits Technologies Indo (PT. GTI).
Spesifikasi Gesits Motor Listrik nasional
Rencananya skuter listrik akan mulai diproduksi masal Bulan Desember 2018, peluncuran motor listrik nasional karya anak bangsa ini bakal dilakukan di Istana negara yang akan disaksikan oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.
Spesifikasi Gesits
Gesits masuk dalam jenis skuter, tetapi bukan skuter kebanyakan yang memakai BBM sebagai sumber energinya tetapi Gesits memakai baterai untuk menyalurkan listrik ke dinamo yang akan menggerakkan roda, artinya gesits ini memakai tenaga listrik untuk sumber energinya.
Motor bertenaga listrik ini bisa diisi dengan cara dicharge dirumah atau di SPLU yang sudah disediakan pemerintah di tempat-tempat umum, jika di charge dirumah dia membutuhkan waktu 4 jam untuk mengisi penuh baterainya.
Baterai motor listrik gesits
Untuk tenaga yang bisa dihasilkan dari motor listrik gesits ini adalah 5 Kw pada 3000 Rpm sedangkan torsinya 15 Nm, sementara baterai yang digunakan adalah lithium ion 3000 Wh. Untuk satu kali pengisian baterai hingga penuh, motor bisa digunakan untuk menempuh jarak 85 Km sedangkan kecepatan maksimum gesits ini mencapai 110 km/jam.
Jadi sebenarnya dia cukup bisa bersaing dengan motor-motor berbahan bakar minyak seperti Honda Beat, Vario, dll. Sedangkan pengisian selama 4 jam terbilang cepat untuk ukuran motor listrik, beberapa motor listrik bahkan membutuhkan waktu antara 7 sampai 8 jam untuk mengisi baterainya hingga penuh.
Menurut informasi baterai gesits ini masih diimpor dari jepang, hal ini wajar karena untuk membuat baterai itu sangat sulit, bisa dikatakan komponen paling sulit pada motor listrik adalah baterai, setelah itu baru dinamo.
Kekurangan motor listrik
1. Baterai
Kelemahan motor listrik sampai saat ini adalah masalah pada baterainya, yang mana baterai yang digunakan masih memakai material li-ion  sama seperti baterai laptop atau bateri HP yang karakternya tentu saja sama dengan baterai laptop.
Pemilik motor harus bisa merawat baterai motor agar tidak cepat ngedrop seperti: cara pengechasan harus sampai full dan tidak boleh lupa mencabut charger jika baterai sudah penuh, karena jika baterai sudah penuh tetapi masih di charge akan menyebabkan baterai rusak/ ngedrop/ soak.
Jika baterai soak/ ngedrop maka harus mengganti dengan baterai baru, yang mana harga baterai motor listrik ini tidaklah murah, sebagai perbandingan harga baterai laptop aja sekitar 700 ribuan padahal baterai laptop jauh lebih kecil, maka harga baterai motor ini bisa mencapai jutaan dan hampir menyentuh harga motornya. Misalnya motornya dijual 15 Juta maka harga baterainya bisa diatas 8 Juta. Ini artinya pecinta otomotif harus memberikan perhatian yang ekstra pada baterai.
2. Daya Jelajah
Kelemahan motor listrik dibanding motor bensin tentunya adalah daya jelajah yang tak seluas motor bensin untuk saat ini, motor listrik memiliki daya jelajah 80 km selanjutnya harus dicharge selama 4 jam untuk menempuh 80 km lagi. Bandingkan dengan Honda Beat yang jika diisi penuh dia bisa mencapai jarak tempuh 200 km, jika sudah menempuh 200 Km motor bisa diisi bahan bakar di SPBU hanya dengan waktu beberapa manit sana (5 menit), bandingkan pada motor listrik untuk menempuh jarak 200 km harus diisi selama 10 jam.
3. Pengisian energi lebih murah mana?
Untuk motor listrik diperlukan Rp. 7500 (rata-rata skutik listrik) dan bisa dipakai untuk menempuh jarak 80 km, sedangkan untuk honda beat (sebagai contoh kasus) jika diisi premium 20 ribu (full) bisa untuk menempuh jarak 200 km. Artinya untuk biaya pengisian tenaga bisa dikatakan sama untuk saat ini.
Ternyata daya jelajah dan waktu pengisian masih unggul motor bensin ya :-) yaaa itu saat ini,
sedangkan jika dikonversi dengan biaya pengisian energi keduanya bisa bersaing.
4. Motor listrik memiliki usia pakai baterai
Nah ini menurut admin mobilku.org adalah kelemahan utama motor listrik, yakni baterai motor listrik hanya bertahan sampai 700 kali isi ulang saja, setelah 700 kali charge maka baterai akan ngedrop dan harus dibelikan baterai baru. Berbeda dengan motor bensin yang meskipun diisi bensin sampai beribu-ribu kali juga tidak masalah (tidak perlu ganti tangki bahan bakar).
Artinya jika pecinta otomotif memakai setiap hari, maka dalam 2 tahun atau 730 kali pengechasan maka baterai harus diganti, atau baterai motor listrik harus diganti setiap 2 tahun...itu jika perawatan baik, tetapi jika perawatan baterai kurang baik maka usia baterai bisa lebih pendek lagi.
Sudah diutarakan diatas bahwa harga baterai motor listrik tidaklah murah dan bisa mencapai separuh dari harga motor, atau tiap 2 tahun pecinta otomotif harus menyiapkan dana 7,5 jutaan untuk anggaran beli baterai baru.
Keuntungan motor listrik
1. Murah
Karena mesinnya sederhana hanya dinamo dan baterai sebagai penyimpan listrik, maka harga motor listrik lebih murah daripada motor bermesin bensin yang relatif sangat rumit pembuatannya (komponen-komponen mesinnya).
Jika kita melihat harga motor listrik yang sudah ada saat ini yakni Viar Q1 yang dijual dengan harga 16 jutaan tentunya lebih murah daripada motor-motor bensin, apalagi jika permintaan pasar tambah tinggi maka motor listrik bisa lebih murah lagi cost produksinya karena fix costnya bisa ditekan untuk menghasilkan motor per unitnya.
2. Tarikan lebih responsif
Salah satu kelebihan dinamo adalah putaran yang seketika, dan ini menghasilkan tarikan motor yang seketika pula...akselerasi motor listrik ini jauh lebih cepat dibandingkan motor bensin
3. Biaya perawatan yang rendah
Karena mesinnya sederhana (hanya dinamo) maka perawatan motor listrik ini juga mudah dan biayanya rendah, tidak perlu oli, komponen-komponen yang rumit dalam mesin bensin. Jika rusak paling-paling kumparan dinamonya saja yang rusak/ terbakar.
Meskipun begitu bagaimanapun komponen pasti memiliki umur pakai yang akan kehilangan fungsinya jika umur pakainya habis, mobilku.org masih belum menemukan berapa umur pakai dinamo motor listrik bisa dipakai.
4. Senyap dan tanpa polusi
Motor listrik ini tidak memiliki polusi asap seperti motor bensin, dia juga tidak bersuara sehingga saat berjalan motor ini tidak memiliki suara alias senyap.
Motor listrik Viar Q1
Pabrikan besar juga siap-siap meluncurkan motor listrik
Pabrikan otomotif yang sudah menjual motor listrik adalah Viar yakni Viar Q1 yang dijual 16 jutaan, selain itu Honda juga sudah bersiap-siap mengeluarkan motor listrik dimana pengujian motor listrik dari Honda sudah dilakukan beberapa tahun lalu, praktis honda tinggal menunggu waktu yang tepat saja.
Motor listrik dari Honda
Tak hanya Honda tetapi Suzuki dan yamaha juga sudah bersiap mengeluarkan motor listrik jika aturan pemerintah sudah jelas dan juga infrastruktur listrik sudah mencukupi maka pabrikan besar sudah bersiap-siap menjual motor listriknya.

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini