Memperbaiki Bumper Penyok dengan Air Panas, Begini Caranya

Bumper mobil merupakan bagian dari mobil yang terletak paling luar dari mobil, bumper mobil termasuk bagian yang paling sering mengalami kerusakan akibat benturan ringan (menabrak atau ditabrak kendaraan lain) atau menabrak sesuatu saat kita sedang parkir.
Bumper penyok siram dengan air panas
Kerusakan bumper yang paling sering adalah penyok, karena kebanyakan bumper mobil sekarang terbuat dari plastik dimana akan penyok saat menabrak sesuatu, paling sering ketika mundur menabrak benda yang tidak terlihat seperti tempat sampah atau tiang...
Nah bagaimana cara memperbaiki sendiri bumper yang penyok akibat tabrakan ringan dan tidak perlu membawanya ke bengkel?
Cara paling mudah adalah memperbaiki bumper penyok dengan air panas, prinsipnya adalah melembekkan bumper yang penyok tersebut dengan cara memanaskannya (disiram air panas) lalu menekannya dari sisi dalam sampai penyok hilang (kembali ke bentuk semula sebelum menabrak sesuatu). Berikut ini adalah caranya:
1. Bersihkan bumper yang penyok sambil siapkan teko atau ceret yang akan digunakan untuk merebus air.
2. Isi teko dengan air sampai penuh lalu rebus air (dalam teko) hingga mendidih di kompor
3. Setelah mendidih, angkat teko dan tunggu sebentar (2 menit) agar air tidak terlalu panas untuk disiramkan pelan-pelan pada permukaan bumper yang penyok, jangan terlalu panas (saat mendidih) karena jika air terlalu panas akan merusak cat bumper
4. Guyur/ siramkan/ tuangkan pelan-pelan air di dalam teko ke bumper yang penyok secara merata (bumper yang akan diperbaiki saja)... Cara menyiramkannya persis seperti menuangkan air ke dalam gelas. kenapa memakai ceret atau teko karena lebih mudah menyiramkan air secara merata dan sesuai kebutuhan.
5. Setelah menyiram periksalah apakah plastik sudah cukup lembek atau masih keras? jika masih keras siramlah lagi sampai lembek, jika sudah lembek tekanlah bumper yang penyok tadi dari sisi dalam untuk mengembalikan bentuknya seperti semula. Cara menekannya bisa menggunakan jari yang dibungkus kain lap, tekan pelan-pelan.
Nah sekarang bumper yang penyok tersebut sudah kembali ke bentuk semula, tetapi biasanya saat bumper mobil menabrak benda, selain penyok juga ada goresan...nah untuk menyamarkan goresan tersebut tinggal di cat saja sewarna, atau jika sudah cukup puas dengan bentuknya tanpa mengecat juga tidak masalah.
Memperbaiki body mobil yang penyok dengan air panas
Manurut artikel life hack dari luar negeri, metode perbaikan dengan air panas ini juga bisa dipakai untuk memperbaiki body mobil yang penyok, caranya mirip dengan poin 1-5 di atas, karena logam yang panas akan memuai dan lebih mudah dibengkokan atau diluruskan. Siram body mobil yang penyok ringan dengan air panas lalu tekan dari dalam agar kembali ke bentuk semula (sebelum penyok)
Memperbaiki mobil penyok dengan air panas
Perlu dicoba nih :-)
Memperbaiki bumper penyok dengan hair dryer
Prinsipnya sama dengan air panas, akan tetapi yang dipakai adalah hair dryer (pengering rambut) yang mengeluarkan hawa panas untuk melembekkan plastik.. Panaskan bumper plastik dengan hair dryer sampai lembek lalu dorong dari sisi bagian dalam.
Nah mudah dan sederhana bukan? silahkan dipraktekkan yaaa, lumayan tidak usah ke bengkel bukan?

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini