Cara Membersihkan Filter Udara Mobil dan Motor

Filter udara memiliki fungsi yang cukup penting yakni menyaring debu yang akan masuk ke karburator atau sistem injeksi mobil, sebaiknya pecinta otomotif membeli filter udara yang original karena ini berpengaruh pada kebutuhan sedikit banyaknya nya udara yang masuk ke ruang bakar.
Filter udara yang original memiliki ukuran pori-pori tertentu yang telah disesuaikan dengan tingkat kelancaran udara melewati filter udara dan juga kebutuhan mesin, jika memakai merek yang tidak original kemungkinan spesifikasi udara (jumlah dan tingkat kebersihan) yang diperlukan oleh mesin tidak bisa seakurat originalnya.
Jika lubang terlalu banyak maka udara yang masuk akan terlalu banyak dan tidak seimbang dengan pasokan bahan bakar, sedangkan jika pori-pori (lubang) terlalu sedikit dan kecil maka filter udara akan menghambat udara yang akan masuk ruang bakar sehingga pasokan udara terlalu kecil dan tidak seimbang dengan jumlah bahan bakar yang masuk ke ruang bakar.
Ketidakseimbangan antara jumlah udara dengan jumlah BBM yang masuk pada ruang bakar menyebabkan pembakaran tidak optimal dan mobil jadi lebih boros, belum lagi risiko jika lubang tidak bisa menyaring debu akibatnya mobil bisa brebet. Harga filter udara ini tidak mahal kok, admin mobilku.org pernah membeli yang original untuk Suzuki Katana hanya 50 ribu rupiah saja
Nah lalu berapa lama filter udara bisa bertahan? sebenarnya filter udara bisa bertahan cukup lama bisa sampai 20 ribu km jika dirawat dengan benar...Apabila filter udara sudah kotor bagaimana, apakah bisa dibersihkan? menurut mekanik mobil sebaiknya filter udara dibersihkan tiap kali service rutin sekalian ganti oli yakni sekitar 4000 km, tetapi jika pemilik mobil ingin membersihkan lebih cepat misalnya tiap 2000 km itu lebih bagus.
Cara membersihkan filter udara bermacam-macam, bisa menggunakan air bertekanan rendah, udara bertekanan tinggi, air hangat, air dengan campuran sabun, dll. Nah berikut ini adalah cara membersihkan filter udara yang paling umum dan mudah dilakukan
Membersihkan filter udara dengan tekanan udara
Jika di bengkel-bengkel mobil, kebanyakan mekanik akan melepas elemen filter udara dari rumah filter udara dan membersihkan elemen tersebut, pembersihan kotoran yang menempel pada filter udara dilakukan dengan kompresor atau udara bertekanan tinggi.
Tetapi yang perlu diingat adalah jangan terlalu dekat antara ujung kompresor dengan filter udara, karena jika terlalu dekat bisa merusak struktur elemen filter udara, usahakan jarak semprot diatas 20 cm atau idealnya sekitar 30 cm
Membersihkan filter udara dengan air + Shampo
Cara lain yang bisa dilakukan adalah merendamnya di air yang telah dicampur shampo selama 3-5 menit, lalu filter udara digoyang-goyangkan dalam air agar kotoran rontok, setelah kotoran rontok maka pecinta otomotif bisa menjemur filter udara. Usahakan jangan terkena sinar matahari langsung saat menjemur, tetapi lebih ke diangin-anginkan agar air kering.
Oh iya saat merendam filter udara jangan terlalu lama terutama filter udara yang terbuat dari kapas, pecinta otomotif juga bisa menggunakan kuas halus atau sikat gigi lembut untuk membantu membersihkan kotoran
Membersihkan filter udara dengan air bertekanan rendah
Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan air bertekanan rendah (dari kran yang tidak terlalu besar debit airnya), cukup disemprot dengan ringan sampai kotoran yang menempel rontok...hampir sama seperti memakai kompresor tetapi dilakukan lebih hati-hati. Setelah dirasa bersih bisa dikeringkan terlebih dahulu.
Membersihkan rumah filter udara
Selain membersihkan filter udara, sebaiknya pecinta otomotif juga membersihkan rumah filter udara karena biasanya jika filter udaranya kotor maka rumah filter udara juga akan kotor, bersihkan dengan lap microfiber yang telah dibasahi dengan air untuk mengangkat debu dan kotoran lain (jelaga)

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini