Angkat Wiper saat Parkir, Ini Manfaatnya

Mengangkat wiper mobil saat parkir memang masih menjadi kontroversi apakah perlu dan apa manfaatnya? sebagian orang mengatakan tidak ada manfaatnya mengangkat wiper saat mobil diparkir di tempat terbuka, tetapi banyak orang ternyata justru melakukan itu. Lantas bagaimana pendapat mobilku.org tentang mengangkat wiper saat parkir di tempat terbuka? berikut ini penjelasan admin mobilku.org
manfaat mengangkat wiper saat parkir di tempat terbuka yang panas terik dan berdebu
Saat parkir di tempat terbuka yang cenderung berdebu dan panas, memang sebaiknya kita mengangkat wiper mobil, hal ini memberikan 2 manfaat antara lain:
1. Mencegah akumulasi debu di karet wiper
Jika kita memarkir mobil ditempat terbuka maka otomatis hanya angin dan debu yang menerpa mobil kita, jika posisi wiper tidak diangkat maka debu yang menerpa kaca mobil bagian depan akan luruh kebawah lalu menumpuk di atas karet wiper.
Nah banyaknya debu pada karet wiper ini beresiko membaret kaca mobil saat pemilik mobil lupa membersihkan debu dan tergesa-gesa menyapukan wiper untuk membersihkan kaca mobil, untuk mencegah kemungkinan kaca baret akibat debu ini sebaiknya pembaca mobilku.org mengangkat wiper saat parkir di tempat terbuka yang banyak debu, toh mengangkat wiper mobil saat mobil diparkir ini tidak berbahaya, lain halnya jika mengangkat wiper saat mobil berjalan pasti menghalangi visibilitas pengemudi dan bisa beresiko mengagetkan pengemudi saat tiba-tiba wiper jatuh.
2. Mencegah karet wiper gampang getas
Banyak praktisi otomotif sepakat bahwa memarkir mobil di tempat terbuka yang terkena panas matahari secara langsung akan membuat karet wiper cepat getas/ aus/ pecah-pecah/ kehilangan elastisitasnya. Jika karet wiper sudah kehilangan elastisitasnya dan menjadi keras maka sapuan air pada kaca mobil pun tidak sempurna dan meninggalkan jejak sapuan yang mengganggu visibilitas pengemudi saat berkendara pada cuaca hujan.
Akan tetapi mengangkat wiper juga ada sedikit kerugian yakni jika karet wiper terlalu sering diangkat/ terlalu lama, saat diturunkan membutuhkan waktu beberapa saat agar karet wiper menyesuaikan bentuk dengan kaca mobil dan menempel sempurna, sehingga sapuan wiperpun dapat sempurna menyeka air/ kotoran pada kaca mobil.
Nah sekarang pembaca mobilku.org sudah tahu kan bahwa mengangkat wiper saat parkir di tempat terbuka memiliki keuntungan, meskipun dari pabrikan otomotif hanya mengatakan boleh mengangkat wiper saat parkir...artinya tidak dilarang
kaca mobil baret mengganggu visibilitas pengemudi dan menyebabkan mata cepat lelah
Ganti karet wiper tiap berapa bulan?
Idealnya mengganti karet wiper adalah tiap setahun sekali ketika memasuki musim penghujan, terutama untuk mobil-mobil jaman sekarang yang mayoritas memiliki kaca depan yang lebar dan saat hujan membutuhkan performa wiper yang baik.
Tetapi beda mobil beda perlakuan, contohnya mobil jadul admin mobilku.org Suzuki Katana yang memiliki kaca depan relatif tidak lebar dan cenderung tegak, sudah 3 tahun karet wiper tidak saya ganti tetapi sapuan air saat hujan masih baik-baik saja (sempurna). Karena karakter mobil Katana yang saat kaca depan terkena air maka dia bisa segera turun ke bawah, jadi performa wiper sebenarnya tidak begitu diperlukan karena desain kaca yang tegak juga memudahkan air cepat mengalir ke bawah
Hal ini berbeda dengan mobil-mobil baru seperti Honda Jazz atau Mitsubishi Xpander atau Mobilio yang memiliki kaca lebar dan kurang tegak, maka saat hujan performa wiper sangat menentukan visibilitas pengemudi.

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini