Mobil Bunyi Kletek Kletek saat Melewati Jalan Rusak, Ini Penyebabnya

Memiliki mobil kesayangan memang menyenangkan karena kita bisa berjalan-jalan ke tempat-tempat yang kita sukai dengan nyaman, tetapi jika ada bunyi-bunyian dari mobil yang terdengar aneh tentunya membuat perjalanan kita kurang menyenangkan lagi.
Pernahkan pembaca mobilku.org mengalami mobil bunyi kletek-kletek saat melewati jalanan yang berlubang atau kurang rata? dan anehnya saat kita cek shockbreakernya dengan menggoyang-goyangkannya bunyi tersebut tidak kita dengar atau alias dalam keadaan baik-baik saja.
Awalnya admin mobilku.org curiga pada shockbreakernya atau per daunnya, tetapi setelah admin cekkan ke bengkel dekat rumah tidak ada masalah... Tetapi lama kelamaan bunyi kletek-kletek saat menghantam jalan rusak ini makin keras disertai hentakan-hentakan saat mengerem yang tentunya membuat kita khawatir jika terjadi rem blong dan kecelakaan.
Bunyi kletek-kletek saat melewati jalan buruk ini sebenarnya karena aus pada sistem rem (pen dan kaliper) tempat kampas rem, ausnya pen dan kaliper ini membuat kaliper bergoyang saat roda menghantam jalan tidak mulus, kaliper yang bergoyang ini menyebabkan kampas rem membentur bagian piringan cakram dan timbul bunyi kletek-kletek. Gejala rem cakram bunyi kletek-kletek ini banyak terjadi pada mobil-mobil yang sudah cukup berumur (diatas 15 tahun).
Awalnya bunyi ini tidak berbahaya, tetapi lama kelamaan menjadi berbahaya jika tidak dibenahi/ dirapatkan karena Aus pada kaliper ini menyebabkan kampas rem tidak rapat dan saat mengerem dia juga bergoyang-goyang yang menimbulkan hentakan karena tidak stabil seperti saat normal. hentakannya berbunyu dak dak dak dak disertai mobil njedul njendul saat di rem (ini sangat berbahaya sekali)
Perbaikan
Hal semacam ini lumrah terjadi pada mobil-mobil yang sudah tua/ jadul karena bagaimanapun semua part ada umur pakainya termasuk piston rem atau kaliper rem mobil, wajar jika seiring pemakaian sistem rem menjadi aus.
Nah bagaimana cara memperbaikinya? mudah saja yakni dengan cara membawanya ke bengkel, nanti rem akan dibongkar lalu yang goyang-goyang (aus) akan diganjal dengan plat alumunium dan diberi stemped.
Perbaikan dengan cara di akal ini biasanya bisa bertahan cukup lama sekitar 2 tahun, biasanya plat alumunium pengganjal ini akan aus juga dalam waktu 2 tahun atau 1 kali ganti kampas rem... Hal ini tidak masalah, karena akan diganjal lagi saat mengganti kampas rem.
Biaya perbaikan dengan cara diakal ini terbilang murah karena admin mobilku.org kemarin memperbaiki kerusakan seperti ini dengan biaya 50 ribu rupiah saja di bengkel.
Jika ingin memperbaiki secara permanen, bisa dilakukan dengan cara mengganti kaliper rem/ piston rem yang harganya bisa mahal....
Bahaya bunyi kletek-kletek
Bunyi kletek-kletek saat mobil berjalan termasuk berbahaya jika dibiarkan karena akan memperparah bagian yang Aus, lama kelamaan mobil akan bermasalah saat di rem akan bertambah dengan gejala lain seperti mobil terhentak saat di rem membuat kita kehilangan kendali atas mobil dan rem mobil jadi tidak berfungsi.
Saran
Jika mengalami hal seperti yang sudah digambarkan admin mobilku.org diatas maka secepatnya perbaiki/ bawa ke bengkel karena hampir semua bengkel bisa memperbaikinya... Hal ini masalah yang mudah sekali diperbaiki tetapi tidak bisa disepelekan karena jika tidak diperbaiki akibatnya akan fatal.
Jika dalam perjalanan timbul masalah seperti ini, tidak perlu takut untuk perbaikan ke bengkel, karena biayanya tidak mahal kok hanya 50 ribu rupiah saja

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini