Penyebab Harga Mobil di Jakarta Lebih Murah Daripada di Kota lain

Pembaca mobilku.org tentunya mengetahui bahwa harga On The Toad mobil baru yang dijual di DKI Jakarta lebih murah daripada di kota-kota lain seperti Surabaya, Malang, Blitar atau di luar pulau seperti Denpasar, Mataram dan lain sebagainya.
Ambil contoh di Kota Malang yang beberapa hari lalu admin mobilku.org mencoba menanyakan ke Dealer Resmi Honda, berapa harga Honda Brio Satya tipe S MT? ternyata harganya Rp. 140 Juta Rupiah, padahal jika kita melihat harga On The Road Honda Brio Satya S MT adalah Rp. 132.500.000, nah ini artinya ada perbedaan cukup signifikan yakni sekitar 7 juta rupiah.
Ini baru di Kota Malang, di kota-kota yang lokasinya lebih jauh dari Jakarta seperti Mataram, Medan, Makasar dan lain-lain harganya bisa berbeda lebih besar lagi. Dari hal tersebut admin mobilku.org mencoba mencari informasi kenapa mobil di daerah harganya lebih mahal daripada di DKI Jakarta?
Menurut informasi Tantriani selaku CSD dan Marcom Departement Head dari Auto2000 (dealer resmi Toyota) menyatakan bahwa selisih harga mobil di jakarta dan di daerah memang dialami semua brand otomotif baik Honda, Toyota, Daihatsu, dll.
Perbedaan harga ini sebenarnya disebabkan oleh adanya biaya kirim ke kota-kota di daerah, karena pabrik perakitan mobil biasanya di sekitar JABODETABEK. begitu pula dengan gudang untuk menampung mobil kebanyakan juga di JABODETABEK meskipun ada beberapa gudang yang dibangun di di daerah-daerah.
Nah untuk mengirim ke dealer-dealer yang ada di kota-kota lain (daerah) tentunya memerlukan biaya tambahan baik itu dikirim melalui jalur darat dengan truck ataupun ke luar pulau dengan truck dan kapal laut...tentunya hal ini membutuhkan biaya lagi, belum lagi kita pasti mengasuransikan mobil saat diangkut dengan kapal untuk berjaga-jaga jika terjadi apa-apa (misal ada resiko tenggelam).
Sedangkan untuk biaya kelangkapan mobil seperti pembuatan STNK dan BPKB atau pajak, hal ini tergantung dari daerah masing-masing... biasanya pajak dan besaran pembuatan STNK dan BPKB juga berbeda dengan di Jakarta, biasanya kota-kota di daerah lebih murah pajaknya dan biaya-biaya pembuatan kelengkapan kendaraan. Nah ini tergantung kebijakan Dealer di masing-masing kota berapa dia menetapkan harga OTR dengan menghitung harga off the road kendaraan dari pabrikan +transportasi + pengurusan kelengkapan kendaraan di kota tersebut. Yang jelas Dealer juga tidak bisa seenaknya karena meskipun ada perbedaan juga harus berkonsultasi dengan APM di Jakarta.

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini